Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Website Pribadi Menggunakan HTML

Daftar Isi [Tampil]

Cara Membuat Website Pribadi Menggunakan HTML - bisa dilakukan secara gratis baik memakai wordpress atau blogspot. Website pribadi biasanya berisi informasi-informasi pribadi secara umum atau spesifik, website pribadi bisa diakses banyak pihak karena memiliki alamat URL sendiri.

Jaman sekarang website tidak hanya sebatas menjadi tempat untuk mengunggah artikel. Banyak sekali manfaat dari website yang bisa kita rasakan. Salah satunya tempat untuk beriklan, maka tidak heran permintaan pasar akan website meningkat pesat, keunggulan beriklan di website adalah iklan sangat mudah terdeteksi oleh Google.

cara membuat website pribadi

Cara Membuat Website Pribadi Menggunakan HTML

Pengertian Website

Situs website yaitu suatu wadah berkumpulnya halaman dalam suatu area domain yang memiliki tujuan tertentu dalam proses pembuatannya.  Website satu dengan yang lain saling terhubung dan dapat diakses secara umum melalui home page atau landing page dengan bantuan sebuah alamat program yang disebut URL situs dan berguna dalam cara membuat website pribadi.

Sesuatu yang bernama website pertama kali dikenalkan oleh Tim Berners-Lee pada Desember tahun 1980, namun baru online secara resmi sebelas tahun kemudian tepatnya pada tahun 1991. Tujuan awal Tim Berners-Lee menciptakan website sebetulnya hanya untuk memudahkan rekan penelitiannya dalam hal bertukar informasi. Setelah memahami sedikit perihal website kita sudah bisa beranjak kepada metode pembuatan website.

Cara Membuat Website Sendiri

Bagaimana Cara Membuat Website Sendiri? Cara Membuat Website Pribadi bisa dilakukan melalui beberapa cara, banyak sekali situs-situs penyedia layanan pembuatan website. Membuat website sebetulnya sangat mudah, kita hanya perlu menyiapkan kurang lebih 6 hal berikut:

  • Tentukan jenis dan tema dari situs yang akan dibuat;
  • Menentukan dan mengatur ke mana hosting atau domain tertuju;
  • Bisa melalui wordpress, blogspot atau lain-lain penyedia website;
  • Mencari tema yang cocok;
  • Memasang modul atau plug-in yang dikehendaki;
  • Lakukan optimasi website baik melali SEO atau melalui iklan Google.

Membuat Website Dengan HTML

Ada berbagai cara dan metode dalam proses pembuatan website, namun pada artikel kali ini kita hanya akan membahas cara membuat website pribadi Dengan HTML. HTML mungkin kata-kata tersebut masih terasa asing di telinga kita, oleh sebab itu alangkah baiknya sebelum masuk kepada langkah-langkah pembuatan website kita pahami terlebih dahulu apa itu HTML.

Pengertian HTML

HTML merupakan kependekan dari HyperText Markup Language atau bisa dikatakan bahasa pemrograman dasar yang biasa dipakai untuk bahan dasar dalam pembuatan halaman website, sehingga dapat menampilkan berbagai informasi pada sebuah alat penjelajahan internet atau lebih mudahnya biasa disebut browser.

HTML juga bisa dipakai sebagai interface connect antara file-file pada suatu situs atau pada komputer kita sendiri dengan memakai fitur localhost, juga sekaligus menjadi penghubung antar beberapa situs link  dalam dunia internet. sebagai salah satu jalur penghubung antar laman pada dunia internet, tentu saja HTML menjadi salah satu hal paling penting dalam tata cara membuat website sendiri.

Fungsi HTML

Secara garis besarnya, HTML memiliki fungsi mengelola beberapa data atau informasi agar suatu dokumen bisa diakses dan ditampilkan di Internet melalui layanan web atau internet.

Fungsi HTML secara spesifik bisa dikatakan :

  1. Menciptakan atau membuat halaman website.
  2. Menampilkan bermacam-macam informasi pada suatu Browser Internet.
  3. Membuat link yang bisa dipakai untuk menuju halaman website lain dengan kode tertentu (hypertext).

Langkah-Langkah Membuat Website HTML

Tahap terakhir setelah kita mengetahui cara membuat website sendiri dan pengertian HTML, selanjutnya adalah proses pembuatan website. Membuat website memang terbilang susah-susah gampang, untuk yang sering merasa kesulitan membuat website bisa ikuti langkah-langkah berikut.

Cara Membuat Website Pribadi dengan HTML.

Teks Editor

Pertama kita harus siapkan teks editor, teks editor sendiri berguna untuk menuliskan dan membuat kode-kode berupa script dari HTML dan CSS yang dibutuhkan cara membuat website sendiri.

Salah satu aplikasi teks editor gratis di laptop atau komputer kita adalah Notepad. Notepad sendiri bisa menjadi aplikasi dengan penulisan standar untuk keperluan penulisan script. Jika ingin mendapatkan aplikasi yang premium, kita bisa memakai aplikasi bernama sublime text 3 atau notepad++.

Browser

Langkah selanjutnya setelah kita membuat teks editor, kita harus menuangkan script HTML yang sudah jadi ke dalam aplikasi yang bernama Browser. Browser yang sampai saat ini menjadi rekomendasi dan paling sering digunakan adalah chrome dan mozilla firefox, sebagai modal cara membuat website sendiri.

Buat Struktur navigasi

Struktur navigasi web adalah sebuah struktur atau bagian-bagian yang menggambarkan informasi dalam suatu halaman website yang berhubungan antara satu dengan lainnya. struktur navigasi menjadi salah satu unsur paling penting, sebab struktur navigasi berfungsi seperti peta dalam sebuah situs website.

Buat Layout Website

Layout atau tata letak yang berupa komponen-komponen yang berisi elemen di dalam website. Fungsi layout digunakan untuk memetakan setiap bagian dalam halaman website dan mengetahui bagaimana cara membuat website sendiri.

Langkah terakhir setelah semua siap tentu saja mengupload situs kita ke alam penjelajahan internet, dengan begitu orang-orang secara umum bisa berkunjung kepada situs yang kita buat memakai URL dengan beberapa cara membuat website sendiri.

 

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Website Pribadi Menggunakan HTML"

Berlangganan via Email