Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Cara Memilih Hosting Terbaik dan Tepat untuk Website Anda

aldanpost- Hosting dan domain merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dalam pembuatan sebuah website. Jika diibaratkan rumah, domain adalah alamat rumahnya dan hosting adalah rumah itu sendiri. Layaknya sebuah rumah, maka hosting akan berisi aneka barang yang berbentuk file. Bagi para pemula, sangat penting mengetahui cara memilih hosting yang tepat agar tidak salah membeli. 

Cara memilih hosting yang baik tidak hanya dilihat dari segi harga dan kapasitas hosting tersebut. Banyak hal yang harus diperhatikan agar bisa memperoleh hosting yang sesuai dengan kebutuhan. Sebelum menentukan untuk membeli hosting, ketahui terlebih dahulu apa yang menjadi kebutuhan ataupun prioritas dalam website yang akan dibangun. 

Cara Memilih Hosting Terbaik

Ini Cara Memilih Hosting Yang Tepat

Setelah mengetahui apa yang menjadi kebutuhan dan prioritas dalam website, maka akan lebih mudah untuk menentukan jenis hosting yang akan dibeli. Saat ini terdapat banyak sekali penyedia layanan hosting yang ada di Indonesia. Meski demikian sebaiknya pilih penyedia layanan yang terpercaya dan sudah terbukti berkualitas. Berikut adalah 9 cara memilih hosting yang tepat dan terbaik.

Pilih Hosting Dengan Harga Masuk Akal

Tips memilih hosting yang baik pertama-tama adalah dengan memperhatikan harga yang ditawarkan oleh penyedia layanan hosting. Carilah perbandingan harga dari beberapa penyedia layanan hosting sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan. Meski banyak penyedia jasa hosting yang menawarkan layanan hosting berbiaya murah, sebaiknya jangan langsung tergiur membelinya. 

Disk space / Storage dan Bandwidth Yang Unlimited

Cara memilih hosting yang tepat berikutnya adalah dengan memilih storage dan bandwidth unlimited. Meski disebutkan unlimited, namun tetap saja ada batasan yang diterapkan sehingga jika melampaui batasan, website akan terkena suspend. Tanyakan dengan jelas kepada penyedia hosting mengenai aturan dan batasan storage dan bandwidth unlimited tersebut. 

Kecepatan

Kecepatan waktu load menjadi salah satu hal yang akan dipertimbangkan oleh pengunjung untuk tetap tinggal di website tersebut. Pengunjung cenderung akan meninggalkan situs yang lamban untuk load data. Mengetahui kecepatan server dapat menjadi salah satu cara memilih hosting yang tepat. 

Keamanan

Keamanan adalah salah satu hal penting yang harus dipertimbangkan ketika akan membeli hosting. Pilihlah hosting yang memiliki layanan dan fitur keamanan secara baik. Pastikan hosting yang dipilih dilengkapi dengan antimalware, antivirus, dan juga adanya back up data secara berkala. Pelajari dan cari informasi bagaimana cara memilih hosting yang memiliki sistem keamanan memadai.

Terdapat Add On Domain

Add on domain merupakan fitur tambahan yang memungkinkan penambahan nama domain setelah domain utama. Hal ini menjadikan beberapa domain yang dimiliki cukup menggunakan satu hosting saja asal kapasitasnya mencukupi. 

Bebas Biaya Pemasangan Hosting

Penyedia layanan hosting yang baik tidak pernah membebankan biaya pemasangan atau set up hosting kepada para konsumennya. Jika penyedia layanan membebankan biaya pemasangan hosting kepada konsumen, sebaiknya tinggalkan penyedia layanan tersebut dan pilihlah penyedia layanan yang melakukan pemasangan secara gratis. 

Harga Dicantumkan Secara Transparan

Cara memilih hosting terbaik dapat juga dilakukan dengan melihat transparansi harga yang diberikan oleh penyedia layanan. Harga yang dimaksud tidak terbatas hanya pada harga pembelian, namun termasuk juga harga perpanjangan. Penyedia layanan yang baik akan mencantumkan dan menginformasikan tentang biaya-biaya ini sejak sebelum terjadi transaksi sehingga konsumen tidak merasa dibohongi. 

Garansi Pengembalian Uang

Jaminan kepuasan pelanggan yang akan diberikan oleh penyedia layanan hosting dapat dilihat dari adanya jaminan pengembalian uang. Ketika penyedia jasa berani memberikan garansi ini, bisa dipastikan bahwa mereka siap memberikan layanan terbaik bagi para konsumennya. 

Customer Service 24 Jam 

Pilihlah penyedia layanan hosting yang memiliki layanan pelanggan selama 24 jam. Hal ini akan sangat memudahkan ketika pelanggan menemukan masalah dengan hosting yang dibeli dan terjadi di luar jam kantor. Pastikan juga penyedia layanan hosting memiliki customer service yang handal dan bisa memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi. 

Review dari para pengguna sebelumnya juga sangat penting untuk diperhatikan. Penyedia layanan hosting yang baik tentu saja akan mendapatkan review yang baik pula dari para pelanggannya. Rekomendasi teman yang sudah menggunakan layanan hosting patut juga untuk dipertimbangkan sebagai cara memilih hosting yang tepat. 

Sudah siap untuk menemukan hosting terbaik untuk website yang akan dibangun? Semoga ulasan 9 cara memilih hosting yang tepat dan terpercaya ini dapat membantu untuk menemukan hosting yang sesuai dengan keinginan. Selamat mencoba. 

Posting Komentar untuk " 9 Cara Memilih Hosting Terbaik dan Tepat untuk Website Anda"

Berlangganan via Email