Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Memilih Theme Wordpress dan Install Tanpa Hambatan

aldanpost - Cara memilih theme wordpress dan install ini dapat Anda lakukan, setelah penginstalan website sudah berhasil. Adapun tujuan dari pemilihan tema, yaitu untuk memperindah website agar tampak lebih profesional dan menjual. Lantas, kenapa harus WordPress?

Sebab, WordPress sangat mudah untuk didapatkan serta diutak-atik, bahkan oleh pemula sekalipun. Jika ingin terlihat lebih eksklusif, Anda tinggal memadukannya dengan hosting, domain, serta tema yang premium atau berbayar.

Cara Memilih Theme Wordpress

Cara Memilih Theme Wordpress Dan Install

Tak dipungkiri, di luaran sana ada banyak sekali tema yang dapat dipilih. Dalam satu sisi ini tentu memudahkan dalam proses pemilihan sesuai kebutuhan. Namun, di sisi lain cukup menyulitkan, terutama bagi pemula. Oleh karena itu, panduan cara memilih theme wordpress dan install perlu Anda pelajari dan ikuti:

1. Penampilan Bagus

Dalam dunia online, efek visual jauh lebih cepat bekerja daripada tulisan yang panjang lebar. Oleh karena itu, tema yang dipilih harus dapat menarik perhatian pengunjung agar mau berlama-lama di website Anda. Penampilan tersebut meliputi font, kombinasi warna, widget, dan tampilan halaman yang serasi.

2. Ringan dan Loading Cepat

Tema ideal bagi seorang pemula adalah tema yang ringan untuk dibuka, sehingga tidak memerlukan banyak langkah. Selain itu, kecepatan load juga harus dipertimbangkan dalam cara memilih theme wordpress dan install. Sebab, website yang loading-nya lama dapat membuat pengunjung kesal.

3. Responsif

Di zaman modern seperti sekarang ini, orang dapat mengakses internet di mana saja. Oleh karena itu, pilihlah tema yang memiliki respon cepat terhadap segala tindakan. Fitur ini juga dapat membuat tampilan website semakin terlihat bagus, baik melalui komputer maupun smartphone.

4. Jangan Beli Bajakan

Hindari membeli barang-barang bajakan, termasuk tema website. Sebab, tema bajakan biasanya sudah disisipi dengan virus dan malware yang dapat menghambat cara memilih theme wordpress dan proses install. Oleh karena itu, lebih baik menggunakan tema murah atau gratisan asalkan asli, daripada tema bajakan. Tak perlu gengsi, karena modal gratisan pun kualitasnya cukup mumpuni.

5. Fitur Lengkap

Terakhir, pilihlah tema yang dibekali dengan fitur lengkap. Minimal Anda dapat mengatur tampilan halaman depan atau front page, tampilan konten, serta customize logo. Keberadaan tiga fitur ini dapat memudahkan cara memilih theme wordpress dan install yang Anda ikuti. 

Cara Install Theme WordPress

Sebelum dapat digunakan, tema harus diinstall dulu ke dalam website Anda. Cara memilih theme wordpress dan install sebenarnya cukup mudah dan proses cepat. Anda dapat menggunakan salah satu diantara cara berikut: 

1. Cara Otomatis

Cara ini dapat dilakukan oleh siapa saja, tanpa harus memiliki keahlian khusus. Sebab, tema yang akan digunakan yaitu tema yang sudah ada atau bawaan dari WordPress. Berikut langkah-langkahnya:

a. Buka WordPress Anda, lalu login menggunakan username dan password yang benar.

b. Klik Appearance pada dashboard, lalu klik Themes. 

c. Cari tema yang Anda inginkan pada kolom pencarian, lalu klik Install.

d. Pilih Active untuk langsung menggunakan tema, atau Live Preview untuk uji coba terlebih dahulu. Selesai.

2. Cara Manual

Cara memilih theme wordpress dan install yang kedua, yaitu dengan cara manual, artinya tidak menggunakan tema bawaan. Hal ini sangat boleh Anda lakukan, asal tema tersebut berasal dari website kredibel dan terpercaya. Namun, perlu diperhatikan tema yang berasal dari luar harus menggunakan format zip setelah diunduh. Berikut langkah-langkahnya:

a. Buka WordPress Anda, lalu login.

b. Klik Appearance pada dashboard, klik Themes, lalu pilih Add New.  

c. Pilih Upload Themes, klik Choose untuk memasukkan file zip yang Anda miliki.

d. Pilih Install. Tunggu beberapa saat sampai muncul pilihan Active. Klik dan selesai.

3. Cara cPanel

Pada dasarnya, cara ini sama saja dengan cara kedua. Perbedaan hanya terletak pada tempat upload file zip, bukan lagi menggunakan WordPress tetapi cPanel pada tool hosting. Berikut langkah-langkahnya:

a. Buka cPanel hosting Anda, lalu login.

b. Klik menu File Manager, pilih file tema yang ingin di-upload. 

c. Jika upload sudah berhasil, lakukan ekstrak pada file tersebut. Caranya, klik kanan pada file, lalu pilih ekstrak.

d. Buka dashboard WordPress, klik Themes, lalu aktifkan tema tadi.

Sangat mudah, bukan? Anda dapat melakukan cara memilih theme wordpress dan install ini sendiri, tanpa harus bersusah payah membayar IT. Semoga bermanfaat bagi para pemula yang sedang belajar untuk menjadi besar. 

Posting Komentar untuk " 5 Cara Memilih Theme Wordpress dan Install Tanpa Hambatan"

Berlangganan via Email