Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memulai Bisnis Digital Marketing Untuk Pemula

Daftar Isi [Tampil]

Aldanpost.com - Sebelumnya sudah saya bahas tentang pengertian digital marketing dan juga jenisnya. Lanjut kita akan bahas cara memulai digital marketing untuk pemula. Yang mana memulai bisnis dengan menggunakan digital marketing harus mengerti dasar-dasar yang benar terlebih dahulu. Meskipun tidak butuh modal besar seperti bisnis konvensional, akan tetapi digital marketing membutuhkan pemahaman yang mendalam. 

Digital marketing adalah sebuah langkah pemasaran yang tepat saat ini dan juga paling efektif. Karena dengan memanfaatkan media online kita bisa menjangkau massa yang besar dan luas. Untuk memperdalamnya, kali ini saya kan berikan beberapa urutan atau cara dalam melakukan digital marketing.

Cara Memulai Bisnis Digital Marketing


cara-memulai-bisnis-digital-marketing


1. Tingkatkan ketertarikan dengan dunia digital marketing

Langkah awal untuk memulai bisnis dunia digital marketing adalah soal pashion dan ketertarikan. Kalau Anda adalah seorang yang hobi dan tertarik menggunakan media online sebagai promosi, berarti cocok menekuni bisnis digital marketing. Terus tingkatkan ketertarikan Anda, karena dunia digital marketing membutuhkan rasa keingin tahuan yang tinggi demi menciptakan berbagai macam strategi. Selain itu dunia digital marketing membutuhkan kosistensi yang cukup tinggi, pastinya kalau tidak punya ketertarikan yang besar akan sulit untuk menekuninya.

2. Tentukan penargetan digital marketing dengan tepat

Langkah kedua untuk memulai bisnis dunia digital marketing adalah perihal penargetan. Anda harus benar-benar tahu penargetan pemasaran yang tepat. Coba sesuai antara produk atau jasa yang Anda jual tersebut, kemudian Anda lakukan pecarian calon pelanggan yang sesuai. Karena dalam dunia online itu luas sekali, dan beraneka ragam orang di dalamnya. Kalau tidak mengetahui cara penargetan yang tepat akan kesulitan dalam hal efektifitas dan efisiensi dalam melakukan bisnis digital marketing.

3. Belajar memperdalam dunia website

Tahapan selanjutnya adalah belajar mengenai dunia website. Mulai dari cara membuat website sendiri, tentu Anda harus mempelajarinya. Karena website bisa dibilang inti utama dalam melakukan pemasaran digital marketing. Membuat website sendiri untuk pemula bisa memilih hosting yang murah untuk belajar. Atau menggunakan blogspot gratis pun juga bisa. 

Di dalam belajar membuat website ini akan ada beberapa materi yang harus Anda pahami. Mulai dari memilih nama domain bisnis yang tepat, melakukan desain website, melakukan branding website, megisinya dengan konten dan juga mempromosikan website itu sendiri. Selama Anda bisa menguasai ilmu tentang website, berarti Anda sudah menguasai sebagian besar dari dunia digital marketing.

4. Belajar untuk melakukan Search Engine Optimization (SEO)

Selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah belajar SEO. Yakni strategi pemasaran digital dengan cara menampilkan website pada search engine. Ilmu SEO sendiri mahal harganya, karena jika berhasil dalam melakukan SEO akan mendapatkan banyak keuntungan. Misalkan saja bisa tampil di halaman pertama pencarian search engine google, maka akan mendapatkan traffic pengunjung tinggi. Dan traffic search engine tersebut rata-rata adalah pengunjung potensial yang sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan.

Selain itu jika Anda ahli dalam hal SEO, maka akan sangat mudah mendapatkan banyak penghasilan. Apalagi yang namanya jasa SEO semakin dibutuhkan dari waktu ke waktu. Dan tentu saja tarif dari jasa SEO sendiri cukup mahal harganya.

5. Memahami macam-macam metode periklanan online

Untuk memperdalam kemampuan Anda dalam melakukan digital marketing,  maka Anda harus tahu banyak metode periklanan online. Untuk beriklan di online sendiri ada banyak cara, dan selama Anda bisa memaksimalkannya, maka akan lebih cepat dalam menjalankan bisnis digital marketing. Mulai dari metode gratis seperti menggunakan sosial media, forum dan juga beriklan di situs-situs yang bisa memasang iklan secara gratis. Kemudian lanjut pada metode iklan berbayar, mulai dari menggunakan sosial media ads, google adwords, beriklan di situs atau media lain dan juga menggunakan jasa periklanan PPC. Ketahui semua hal yang menyangkut periklanan online tersebut agar Anda bisa maksimal dalam melakukan bisnis digital marketing.

6. Konsisten dan terus update

Yang terakhir jika Anda berniat bisnis digital marketing adalah harus konsisten dan terus melakukan update. Karena dunia digital atau online akan terus berkembang dari waktu ke waktu. Apalagi terus menerus banyak yang melakukan optimasi baru untuk memenangkan pasar. Kalau Anda tidak mau terus update pastinya akan ketinggalan.

Nah demikian Sobat penjelasan dari saya mengenai bagaimana cara memulai bisnis digital marketing untuk seorang pemula agar bisa lebih cepat sukses. Demikain yang dapat saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Memulai Bisnis Digital Marketing Untuk Pemula"

Berlangganan via Email