Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mencari Ide Artikel Untuk Website, Simak!

Daftar Isi [Tampil]

aldanpost - Cara mencari ide artikel untuk website sangat penting diketahui oleh para pemilik website ataupun penulis konten web. Kehabisan ide untuk menulis artikel di website dapat menyebabkan turunnya konsistensi dan kontinuitas postingan. Banyak cara dapat dilakukan untuk bisa mendapatkan ide menulis artikel sesuai dengan niche dari website. 

Artikel website haruslah menarik dibaca terutama oleh manusia bukan mesin. Istilah human friendly sering digunakan untuk menggambarkan artikel yang nyaman dibaca dan mudah dipahami oleh pembacanya. Artikel yang kaku dan terkesan ditulis oleh robot atau mesin biasanya tidak akan banyak menarik minat pembaca. Para penulis sangat penting untuk mengetahui cara membuat artikel yang menarik untuk dibaca.

Cara Mencari Ide Artikel Untuk Website

Inilah Cara Mencari Ide Artikel Untuk Website

Para penulis artikel profesional atau yang sudah memiliki jam terbang tinggi biasanya akan cepat mendapatkan ide menulis. Hal ini berbeda dengan penulis pemula yang kadangkala kehabisan ide untuk menulis artikel. Berikut ini beberapa cara mencari ide artikel untuk website yang dapat dilakukan agar tidak mengalami writer’s block.

Membaca Artikel dari Website Lain yang Sejenis

Cara mendapatkan ide membuat konten salah satunya dapat dilakukan dengan membaca artikel dari website lain yang sejenis. Membaca artikel dari website lain bukan berarti kemudian menuliskannya secara sama untuk website yang dimiliki. Bacalah beberapa website lain kemudian gabungkan menjadi sebuah artikel baru yang berbeda dengan artikel sumber inspirasi.

Hindari menulis ulang secara sama persis dengan artikel sumber agar terhindar dari plagiasi. Menuliskan kembali dengan gaya bahasa berbeda dari beberapa sumber acuan dapat menjadikan artikel yang ditulis lebih berbobot dari website kompetitor. Hal ini lazim dilakukan sebagai salah satu cara mencari ide artikel untuk website.

Lakukan Riset Hashtag di Twitter

Twitter merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan untuk mencari ide menulis artikel website. Hal ini terjadi karena Twitter merupakan media yang mudah untuk mengaktualisasikan pikiran. Pengguna Twitter tidak perlu repot memikirkan foto atau gambar ketika menggunggah suatu pemikiran. Riset bisa mudah dilakukan di Twitter karena Twitter merupakan media sosial penghasil pesan tertulis.

Penggunaan hashtag atau tanda pagar pada postingan di Twitter juga sangat memudahkan ketika akan melakukan pencarian terhadap suatu topik. Hashtag biasanya juga digunakan ketika para pengguna Twitter sedang berdiskusi tentang topik tertentu. Kekuatan hashtag inilah yang dapat dimanfaatkan sebagai cara mencari ide artikel untuk website. 

Manfaatkan Google Trends

Cara membuat artikel dan contohnya kini semakin mudah ditemukan pada mesin mencari. Mencari ide menulis artikel dapat juga dilakukan dengan memanfaatkan Google Trends. Google Trends akan menampilkan topik-topik yang sedang tren pada kurun waktu tertentu dalam bentuk diagram statistik. Google Trends akan menampilkan tren berdasarkan wilayah dan bahasa tertentu yang berkaitan dengan topik.

Bergabung dengan Berbagai Forum Diskusi dan Grup di Facebook

Bergabung dalam forum diskusi baik secara online ataupun offline dapat menjadi cara untuk mendapatkan ide menulis artikel. Topik-topik yang sedang naik daun biasanya akan menjadi bahan diskusi menarik sehingga dapat diangkat menjadi sebuah tulisan atau artikel. Selain itu, manfaatkan pula grup di Facebook yang sesuai dengan tema yang akan dituliskan pada artikel. 

Rajin Membaca

Cara mencari ide menulis artikel yang tidak bisa diabaikan adalah dengan rajin membaca. Membaca akan membuka wawasan dan mendatangkan ide untuk menulis artikel. Rajin membaca dapat memperkaya kosakata dan memberikan gambaran tren menulis sehingga akan menghasilkan artikel yang menarik dan tidak membosankan. Selain itu, jangan lupa untuk riset keyword artikel agar artikel Anda sesuai standar SEO. 

Cara mencari ide artikel untuk website dapat dilakukan dengan  berdiskusi bersama orang lain. Diskusi tidak harus dalam forum resmi melainkan bisa dilakukan secara santai dengan teman-teman baik secara nyata ataupun maya. Interaksi dengan orang lain penting untuk dilakukan agar bisa menemukan ide menulis artikel. Berbagai media sosial yang ada juga merupakan tempat mencari ide menulis artikel. 

Inspirasi menulis artikel dapat datang dari mana saja selain dengan melakukan lima cara di atas. Oleh karena itu, siapkan catatan khusus untuk menuliskan ide-ide yang muncul secara spontan. Hal ini penting dilakukan agar ide yang muncul tidak hilang sebelum dituangkan dalam artikel. Demikianlah lima cara mencari ide artikel untuk website yang dapat dilakukan. Semoga bermanfaat. 

Posting Komentar untuk " 5 Cara Mencari Ide Artikel Untuk Website, Simak!"

Berlangganan via Email