Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

6 Cara Mencari Modal Usaha Tanpa Hutang

Daftar Isi [Tampil]

Aldanpost.com - Dengan mengetahui cara mencari modal usaha tanpa hutang maka sobat akan menjadi lebih mudah dalam merintis dan membangun sebuah usaha yang dijalankan. Hal itu dikarenakan hutang untuk modal justru akan memberatkan kita, dari segi resiko usaha yang belum tentu berhasil dan juga akan membani kita dari segi bunga yang harus dibayarkan.

Meminjam modal usaha dengan berhutang harus Anda cegah dari sekarang juga. Pilihlah sebuah usaha yang Anda mampu dari segi modal. Banyak orang yang keinginannya terlalu tinggi dari segi pemilihan jenis usaha mereka. Yang akhirnya memaksa diri untuk berhutang atau malah sebaliknya tidak jadi mendirikan usaha karena merasa modalnya kurang.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk memulai sebuah usaha dengan modal tanpa berhutang yang akan saya bahas kali ini. Semoga saja bisa menjadikan ispirasi bagi sobat yang hendak mendirikan sebuah usaha atau bisnis.

Cara Mencari Modal Usaha Tanpa Hutang

cara-mencari-modal-usaha-tanpa-hutang
Foto : Berbagai Sumber

1. Menabung Modal Sebelum Memulai Usaha

Langkah yang pertama jika Anda ingin memiliki modal usaha tanpa hutang adalah dengan menabung. Ini jelas sekali dan ini adalah sebuah langkah terbaik. Jadi sabar terlebih dahulu sampai modal benar-benar terkumpul.

Anda bisa bekerja atau berbisnis yang lain yang sekiranya sudah pasti menghasilkan. Dengan begitu Anda bisa rutin menabung modal untuk usaha sehingga waktunya mendirikan usaha atau waktunya menjalankan usaha tidak perlu berhutang kemanapun.

2. Berbagi Kepemilikan Usaha Dengan Orang Yang Mempunyai Modal

Yang kedua adalah berbagai kepemilikan usaha dengan orang yang mempunyai modal. Dengan begitu dia akan memberikan sejumlah biaya untuk usaha kita dan dari sini kita tidak perlu berhutang. Cara ini bisa kita lakukan dengan mencari seseorang yang mempunyai banyak dana lalu kita berikan saham kepemilikan dari usaha yang kita jalankan.

Cara ini memiliki kelebihan utama yakni tidak perlu hutang modal. Akan tetapi kekurangannya kita harus bersedia berbagi segala macam keuntungan yang ada dalam usaha kita. Sesuatu yang wajar karena orang tersebut juga sekaligus menjadi investor yang mendanai usaha kita, jadi ya harus kita bagikan hasil sebagaimana dalam perjanjian yang kita buat.

3. Mendirikan Usaha Bersama Dengan Orang Lain

Selanjutnya untuk mendapatkan modal usaha tanpa hutang adalah mendirikan usaha bersama dengan orang lain. Bedanya dengan point kedua tadi adalah dari segi pengelolaan usaha. Dengan kita mendirikan usaha bersama orang lain artinya kita mengurus usaha bersama-sama. Dan dari situ kita akan mendapatkan tambahan modal, misalkan saja dengan sistem "patungan" atau iuran modal. Dan dari sini kita bisa dapat modal tanpa hutang.

4. Menjalin Kerjasama Dengan Pemasok Barang 

Langkah selanjutnya bisa juga dengan menjalin kerja sama dengan pemasok barang. Artinya kita bisa melakukan pembayaran di akhir. Ini kita mendapatkan modal barang tanpa harus berhutang. 

Contoh : Ketika kita menjalankan usaha jualan toko kelontong, kita menghubungi para suppliyer untuk mengirimkan barangnya terlebih dahulu dan disetorkan uangnya ketika sudah laku. 

Dengan cara tersebut kita akan mendapatkan banyak barang yang bisa kita jual tanpa harus modal uang dan tentunya tanpa harus hutang. Cara ini coba Anda terapkan pada jenis usaha yang Anda jalankan, maka akan menghemat modal yang cukup besar.

5. Menjual Asset Untuk Dijadikan Modal

Kalau memang Anda mempunyai asset berharga, bisa juga dijual dan dijadikan modal usaha, dengan begitu Anda tidak perlu hutang. Mungkin Anda selama ini pernah menyimpan emas atau barang berharga lainnya. Atau mungkin ada sebagian pekarangan atau tanah yang tidak terpakai dan bisa dijual untuk dijadikan modal.

Hal ini juga banyak dilakukan orang diluaran sana ketika memulai usaha atau sedang butuh dana ketika menjalankan sebuah usaha. Akan tetapi harus benar-benar dengan pertimbangan yang matang dan tepat sasaran. Karena kalau tidak asset yang dijual bisa menjadi sia-sia tanpa hasil.

6. Cari Peluang Mendapatkan Modal Secara Gratis

Cara yang selanjutnya adalah coba untuk mencari peluang mendapatkan modal secara gratis. Kali ini pasti berhubungan dengan sebuah event atau perlombaan tertentu. Banyak cara untuk mendapatkan uang, misalkan saja mengikuti undian berhadiah, mengikuti giveaway, mengambil kupon promo barang murah atau barang gratis lalu dijual kembali. Dan semua ham tersebut bisa menambahkan modal kita tanpa harus berhutang kepada siapapun.

Lagi-lagi kreatifitas kita memang harus digunakan dengan baik dalam point ke enam ini. Banyak mencari event perlombaan tertentu untuk mendapatkan hadiah lalu bisa digunakan untuk modal usaha tanpa harus hutang. Apapun caranya selama Anda mau berfikir dan berusaha mencari jalan keluar pasti akan berhasil.

Demikian pembahasan kali ini mengenai cara mencari modal usaha tanpa hutang, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.


Posting Komentar untuk "6 Cara Mencari Modal Usaha Tanpa Hutang "

Berlangganan via Email