Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mendapatkan Investor Kerjasama Untuk Usaha Yang Anda Jalankan

Aldanpost.com - Mengetahui cara mendapatkan investor kerjasama untuk usaha yang Anda jalankan menjadi sangat penting di waktu-waktu tertentu. Disaat Anda membutuhkan dana atau modal untuk mengembangkan usaha atau bisa juga saat usaha Anda mengalami sebuah kesulitan. 

Mencari investor untuk kerjasama bukanlah hal yang mudah. Anda perlu menemukan orang yang tepat dan juga perlu menunjukkan bahwa usaha Anda memang menguntungkan, mempunyai prospek yang bagus. Sehingga pemodal berminat untuk bekerja sama dengan mengeluarkan sejumlah uang mereka untuk usaha Anda.

Ada beberapa tahapan yang harus Anda persiapkan serta beberapa proses yang harus Anda lalui sampai dengan dana investor masuk kedalam usaha Anda. 

Cara Mendapatkan Investor Kerjasama 


cara-mendapatkan-investor-kerjasama

1. Persiapkan Proposal Usaha Untuk Investor

Beberapa hal harus anda cantumkan dalam pembuatan proposal usaha untuk ditunjukkan kepada Investor Anda, dan ini adalah langkah pertama yang harus Anda lakukan.

Buatlah proposal usaha Anda tersusun dengan rapi. Mulai dari pendahuluan menjelaskan mengenai usaha Anda, seluk beluk yang ada di dalamnya Anda jelaskan dengan rinci. Kemudian jelaskan pula di dalam proposal tersebut kenapa anda mencari ivestor dan untuk apa dana investor tersebut akan digunakan.

Selanjutnya jelaskan pula program usaha Anda kedepan dalam proposal tersebut. Disini program yang menarik dan realistis akan mudah menarik minat investor untuk bekerja sama. Kemudian setelah itu baru Anda sebutkan nominal kebutuhan uang yang Anda ajukan kepada investor.

Buatlah proposal tersebut selengkap mungkin dan semenarik mungkin agar investor menilai bahwa usaha Anda memang layak untuk mereka. 

Kemudian jika investor yang dituju adalah investor perorangan, maka perlu bagi Anda mencantumkan besaran bagi hasil dan profit yang Anda tawarkan dalam kerjasama Anda nanti.

2. Menentukan Target Investor Yang Anda Tuju

Tentukan juga sebenarnya Anda mau cari investor kemana? Ada beberapa pilihan mengenai target investor untuk usaha Anda antara lain :

Cari Investor Pribadi Atau Investor Perorangan

Dana investasi bisa Anda dapatkan dari investor pribadi atau perorangan. Disini Anda perlu memiliki wawasan mengenai orang-orang yang memang profesinya sering melakukan investasi di dalam bisnis atau usaha orang lain.

Atau bisa juga Anda mencari orang yang kaya atau berduit yang bisa Anda tawarkan untuk menjalin sebuah kerjasama.

Kemudian mencari investor perorangan melalui online juga bisa pada situs-situs para investor.

Cari Investor Perusahaan Atau Badan Keuangan

Kemudian Anda juga bisa mendapatkan dana investasi dari sebuah badan atau perusahaan tertentu. Ada banyak perusahaan yang memang begerak di bidang yang satu ini. Akan tetapi mereka mengutamakan sebuah usaha yang minimal berbadan CV, jadi kalau Anda masih menjalankan usaha perorangan biasanya akan lebih sulit.

Solusi lain adalah mengajukan pinjaman usaha kepada badang keuangan tertentu atau bisa juga ke Bank. Untuk solusi yang satu ini Anda perlu mempunyai dan menyerahkan yang namanya jaminan.

3. Melakukan Pemaparan Atau Presentasi Kerjasama Yang Diajukan Kepada Pihak Investor

Jika sudah menemukan target yang tepat. Langkah selanjutnya tentu Anda harus beraksi alias ambil tindakan untuk melakukan pengajuan.

Di dalam proses pengajuan ini nanti Anda akan di interview atau dengan kata lain Anda harus melakukan pemaparan atau presentasi. Disilah titik dimana Anda harus mempunyai keahlian dalam meyakinkan investor Anda agar mau berinvestasi.

Dalam proses yang satu ini Anda akan dinilai oleh investor Anda. Mulai dari penguasaan atas usaha tersebut, kejujuran, program yang Anda jelaskan dan yang paling penting adalah bisa mengambil hati mereka untuk cocok bekerjasama dengan Anda.

4. Menandatangani Perjanjian Kerjasama Dengan Investor

Jika memang disetujui maka proses selanjutnya adalah melakukan penandatangan kerjasama dengan investor. Baik itu investor sebuah perusahaan atau investor perorangan pasti akan melakukan tahapan yang satu ini.

Sebelum menandatangi kerjasama, alangkah lebih baik saling memastikan terlebih dahulu. Pastikan bahwa tidak ada kekeliruan atau pasal yang memberatkan untuk kedua belah pihak. Sehingga jalannya proses kerjasama adalah dasar bisnis yang saling menguntungkan dan tidak ada yang dirugikan.

Dalam penandatangan ini pula biasanya akan saling menunjukkan identitas sebagai jaminan kalau itu adalah investor pribadi. Kalau itu investor perusahaan biasanya Anda akan diminta menyerahkan beberapa fotocopyan data yang dibutuhkan.

5. Menjalankan Program Kerjasama Dengan Investor

Setelah penandatanganan selelsai maka langkah selanjutnya adalah pencairan dana dan Anda bisa mulai menggunakan dana investasi tersebut.

Jalankan kerjasama sebaik mungkin, karena suatu saat akan menjadi portofolio yang baik bagi pelaku usaha dimata investor. Kalau Investor merasa puas dengan kerjasama dengan Anda, bisa jadi akan terus berlanjut dan tidak akan susah bagi Anda untuk mendapatkan investasi yang lebih besar.

Penting sekali menjaga kepercayaan Investor dalam kerjasama yang dijalankan. Kalau memang ada yang harus dibayar maka bayarlah tepat waktu dan tidak meleset atau melanggar dari aturan yang sudah ditetapkan.

Demikian sobat penjelasan dari saya mengenai serangkaian cara mendapatkan investor kerjasama untuk usaha yang Anda jalankan. Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Mendapatkan Investor Kerjasama Untuk Usaha Yang Anda Jalankan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel