Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Menggunakan Xampp Untuk Membuat Website Beserta Panduannya

Daftar Isi [Tampil]

Cara Menggunakan Xampp Untuk Membuat Website Beserta PanduannyaDalam dunia IT bahwa XAMPP itu sudah bukan menjadi hal yang baru lagi. Semua para web developer sepertinya sudah tahu karena memang kegunaan dan juga fungsi yang sangat berguna bagi seorang pemilik webiste untuk bisa berkembang. Maka dari itu XAMPP ini sangat bisa untuk anda yang sedang baru muali untuk mengenalnya.

Ada banyak web developer lain yang memang menyarankan bahwa gunakan saja ini. Hal itu memuat para pemula senang. Tidak ada yang namanya kegagalan dalam membuat website jika menggunakan XAMPP. Rata-rata mereka pasti bisa untuk mengoperasikannya. Namun, kita lihat saja dari sisi efesiensi. Apakah XAMPP ini membuat  hemat. Jadi hal pertama yang harus di ketahui adalah apa itu XAMPP?

cara menggunakan XAMPP untuk membuat website

Penjelasan Lengkap XAMPP

Sebelum mengulas dan mencari tahu cara menggunakan XAMPP untuk membuat website, anda harus mengetahui terlebih dahulu apa artinya itu. Jadi XAMPP itu merupakan kependekan dari cross(X) platform apache, mariadb, php, perl. 4 hal itu yang mampu di akses secara langsung oleh anda dengan menggunakan XAMPP ini. Lalu apa artinya cross platform yang di tandai huruf X. Jadi ternyata XAMPP ini tidak hanya bisa digunakan untuk keperluan windows saja, namun linux, mac, solaris, dan lainnya itu bisa untuk menggunakannya.

Pada dasarnya bahwa XAMPP itu merupakan alat yang mampu bekerja dengan luar biasa. Jadi memang pekerjaan anda pada satu website itu tentu sangat bisa id bantu oleh alat ini. Dari mulai pembuatan hingga perawatan nanti kedepannya. Hal ini di sebabkan masih banyak para developer yang kesulitan untuk bekerja agar websitenya optimal. Pada dasarnya memang semua pekerjaan dari XAMPP ini pasti akan membantu kehidupan anda dalam dunia website.

Kegunaan XAMPP

Mengetahui cara menggunakan xampp untuk membuat website itu tentu saja hal yang menguntungkan. Sebab tidak banyak orang tahu bahwa di dunia website itu ada alat yang bisa memungkinkan anda mendapatkan akses masuk ke dalam website tanpa menggunakan internet. Hal ini cukup luar biasa. Dengan begitu anda bisa melakukan berbagai macam percobaan tanpa harus di posting atau ter upload ke internet.

Secara sederhana bahwa xampp ini bisa digunakan secara offline. Jadi anda masih tetap bisa melakukan aktivitas dalam websitennya meskipun offline. Luar biasanya kegunaan alat ini tentu harus bisa dimanfaatkan dengan baik. Salah satunya adalah dengan mencoba posting atau edit apapun dalam website. Dengan begitu anda akan seperti melihat preview dalam bentuk yang sama terlebih dahulu sebelum websitenya di lihat oleh orang lain. Namun, bisa dilihat oleh anda terlebih dahulu sebagai pembuatnya.

Fitur XAMPP

Di dalam cara menggunakan XAMPP untuk membuat website itu anda harus mengetahui fitur apa saja yang ada di dalamnya. Berikut 3 fitur penting yang harus anda ketahu:

1.      Phpmyadmin: kemudahan mengelola mysql ternyata bisa anda dapatkan disini. Jadi memang XAMPP itu tidak memerlukan lagi alat lain atau software lain untuk bisa mengoperasikan data base phpmyadmin. Dengan begitu anda tentu akan di mudahkan selalu dalam prosesnya.

2.      Htdocs: jadi htdocs itu merupakan alat pendamping dari XAMPP. Ketika XAMPP sudah terinstall di dalam komputer maka htdocs pun wajib ada. Hal ini karena htdocs itu merupakan ruang penyimpanan folder atau file dari HTML dan juga PHP.

3.      Control: mengelola manajemen tools itu merupakan fungsi dari contro panel yang ada dalam XAMPP ini. Maka dari itu ada banyak pengaturan disini yang bisa anda utak atik. Termasuk untuk mengedit dan memodifikasi dari XAMPP nya itu sendiri.

Cara Menggunakan XAMPP

Cara menggunakan XAMPP untuk membuat website itu ternyata mudah saja. Jadi langkah awal tentu saja anda harus melakukan instalasi pada XAMPP ini. Hal pertama yang harus dilakukan itu adalah mengunduhnya terlebih dahulu. Setelah mengunduh itu anda langsung bisa installnya di komputer. Untuk tempat unduhannya itu tergantung anda bisa dimana saja. Asal websitenya terpercaya dan tidak banyak mengandung virus yang akan merusak laptop atau komputer anda nantinya.

Ketika proses instalasi memang yang paling cocok untuk menjadi pendampingnya adalah CMS wordpress sebab 2 aplikasi ini sangat mudah dan membantu sekali. Jadi kemudahan wordpress itu akan semakin di bantu oleh XAMPP yang banyak guna nya ini. Lalu untuk memilih bahasanya itu anda kangsung saja pilih perl, phpmyadmin, dan juga PHP. Itu sudah seperti paket yang tidak bisa anda pisahkan.

Proses dari cara menggunakan xampp untuk membuat website ini sudah sampai tahap instalasi. Jika sudah selesai maka langsung saja untuk mulai mengoperasikan XAMPP itu sendiri sebagai localhost dari wordpress. Jadi 2 komponen tersebut akan saling bekerja sama demi mendapatkan hasil yang maksimal ketika membuat website.

 

Posting Komentar untuk "Cara Menggunakan Xampp Untuk Membuat Website Beserta Panduannya"

Berlangganan via Email