Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Panduan Lengkap Cara Menjadi Agen Frozen Food

Aldanpost.com - Sebelum belajar lebih jauh mengenai cara menjadi agen frozen food. Alangkah lebih baik mengetahui apa itu frozen food terlebih dahulu tentunya. Frozen food yakni sebuah makanan yang dibekukan, dibekukan agar makanan tersebut tahan lebih awet hingga waktunya dimakan. Nah kalau mau bisnis frozen harus paham benar teknik pembekuannya agar makanan tersebut bisa disajikan dengan baik.

Lalu apa saja yang termasuk kedalam jenis makanan frozen food? Ada banyak sekali, mulai dari aneka daging, mulai dari daging ayam, daging sapi, kemudian jenis naughat, sosis, lalu berbagai macam jenis makanan beku lainnya. Lalu ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan untuk berbisnis menjadi agen frozen food yang harus diperhatikan.

Cara Menjadi Agen Frozen Food


cara-menjadi-agen-frozen-food

1. Menentukan makanan frozen food yang akan dijual

Dari banyaknya jenis makanan yang bisa dibisniskan dalam bentuk frozen food. Alangkah lebih baik di awal memulai menjadi agen, tentukan dulu beberapa makanan yang tepat. Penentuan pemilihan jenis makanan ini bisa berdasarkan beberapa hal. Dimulai dari jenis makanan yang Anda kuasai, hingga pertimbangan kebutuhan pasar saat ini.

Pemilihan jenis makanan itu cukup penting. Agar Anda dalam memulai bisnis frozen food bisa lebih terfokus dan tepat sasaran. Selain itu jika Anda mengkhususkan makanan tertentu juga akan lebih hemat dari segi modal ketimbang mengacak menyediakan semua jenis makanan. 

2. Menentukan sistem jual dari produksi atau distribusi frozen food

Selanjutnya hal yang harus Anda fikirkan ketika menjadi seorang agen frozen food adalah sistem penjualan. Apakah Anda ingin menjual makanan dari hasil produksi sendiri, atau ingin menjual kembali produk dari supplier. 

Beberapa pertimbangan tentu harus Anda fikirkan pada tahapan ini. Menjual makanan frozen food dari hasil produksi sendiri tentu akan lebih maksimal dari segi hasil. Akan tetapi membutuhkan proses yang lebih panjang. 

Kemudian jika mengambil produk dari supplier maka keuntungana akan jauh lebih sedikit. Tapi tidak banyak proses yang harus dilakukan. Jika dirasa Anda mampu membuat makanan sendiri ya silahkan buat sendiri, jika tidak, ya silahkan memakai jasa supplier, semua itu berdasarkan pertimbangan Anda sendiri.

3. Mempersiapkan peralatan untuk frozen food

Jangan lupa juga untuk mempersiapkan perlatan apa saja yang diperlukan dalam bisnis frozen food. Peralatan yang paling utama adalah frezeer dan juga etalase. Alangkah lebih baik jika Anda menggunakan freezer yang bagus sekalian, biasanya yang harganya agak mahal. Karena freezer yang murah selain cepat rusak biasanya pembekuannya sering mengalami masalah.

Selain itu Anda juga butuh beberapa etalase guna melakukan display makanan frozen food. Kemudian peralatan lain adalah sarana prasarana yang dibutuhkan untuk pemasaran dan penjualan. Mulai dari box buat antar pesanan, internet dan pc untuk pemasaran online, dan beberapa peralatan pendukung bisnis frozen food lainnya.

4. Memilih supplier yang berkualitas

Jika Anda memutuskan untuk mengambil makanan dari supplier, pastikan memilih supplier yang berkualitas. Pilih supplier yang menyediakan produk yang bagus dan bisa memberikan harga yang cukup murah.

Dalam memilih supplier frozen food, usahakan pilih supplier profesional yang berpengalaman. Jangan cuma tergoda dari harga murah tapi perhatikan juga produk dan cara pelayanan mereka dalam mengadakan barang.

Memilih suplier merupakan hal yang penting, apalagi ini akan Anda gunakan sebagai bisnis jangka panjang.

5. Mulai mencari pedagang yang mau berjualan frozen food

Sebagai seorang agen, tentu saja Anda harus mulai mengumpulkan pedagang yang mau berjualan frozen food. Semakin banyak penjual yang begabung, maka semakin mudah pula Anda menjual banyak makanan.

Caranya bisa dilakukan dengan menghubungi banyak warung yang mau menampung frozen food dari Anda. Kemudian jalin hubungan baik dengan mereka sehingga mereka mau menjalin kerjasama.

Selain itu Anda juga harus sedikit banyak membantu mereka cara berjualan frozen food yang baik agar mereka bisa menjual secara cepat makanan frozen food dari Anda.

6. Melakukan pemasaran secara maksimal

Lakukanlah promosi secara maksimal. Promosi sendiri bisa Anda lakukan dari mana saja. Mulai dari manual kepada masyarakat, atau bisa juga melalui online.

Promosi melalui online sekarang ini juga bisa lebih efektif. Mulai dari media sosial, grup, forum, instagram, facebook dan pemosi online lainnya.

Agar Anda bisa terkesan profesional dalam menjalankan bisnis frozen food ini jangan lupa juga untuk membuat sebuah website atau landing page yang mempromosikan katalog harga frozen food dari Anda, dengan begitu juga akan lebih mudah Anda dalam membuat sebuah penawaran.

7. Terus mengembangkan bisnis frozen food

Jika usaha menjadi agen frozen food Anda sudah berjalan, tentu PR nya adalah membesarkan usaha tersebut. Jadi Anda bisa meningkatkan volume penjualan atau juga memperluas target pemasaran juga bisa. Selaim itu jangan lupa untuk terus melakukan update makanan-makanan yang dibutuhkan oleh kebanyakan orang sehingga Anda lebih mudah dalam menjual dalam jumlah yang cukup besar.

Biasanya kalau pebisnis yang berorientasi besar, dia akan memulai memikirkan bagaimana cara membuka cabang baru lagi. Dengan begitu usaha frozen food tersebut bisa mencakup wilayah yang lebih besar lagi.

Cara menjadi agen frozen food sudah saya jelaskan cukup lengkap pada kesempatan kali ini. Selebihnya tergantung pada bagaimana Anda melakukan kreatifitas dan variasi bisnis Anda sendiri. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Menjadi Agen Frozen Food"