Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Cara Menjadi Tengkulak Sayuran Untuk Pemula

Daftar Isi [Tampil]

Aldanpost.com - Masuk pada materi cara menjadi tengkulak sayuran. Kalau dalam bahasa umumnya sering disebut dengan istilah pengepul atau juragan sayuran. Dalam hal ini prioritasnya adalah menjual kepada pedagang sayuran selain melayani juga jika ada pembeli sayuran langsung seperti dari masyarakat.

Sayuran adalah salah satu jenis makanan sehari-hari. Jadi bisnis jual sayuran akan selalu memiliki prospek yang bagus. Asalkan tahu bagaimana cara memulai, merawat sayuran itu sendiri serta cara mempromosikannya. Untuk Anda yang masih pemula tentu saja harus banyak belajar mengenai sayuran itu sendiri, mulai dari cara mengetahui sayuran yang bagus, harga jual dan cara mendapatkan banyak pelanggan sayur tentunya. Pada kesempatan kali ini akan saya bahas tahapan-tahapannya apabila Anda ingin menjadi seorang tengkulak sayuran

Cara Menjadi Tengkulak Sayuran


cara-menjadi-tengkulak-sayuran

1. Mempersiapkan modal yang cukup

Langkah awal yang harus diperhatikan untuk menjadi seorang tengkulak sayuran adalah dari segi modal. Usahakan untuk menyediakan modal yang cukup besar. Karena Anda disini akan berhadapan langsung dengan para petani atau para distibutor sayuran langsung dari daerah atau kebun sayur. Kalau Anda tidak berani sistem borong biasanya akan mudah dikalahkan oleh tengkulak yang modalnya lebih besar.

Kalau memang belum ada modal yang besar, ya jualan sayur biasa saja terlebih dahulu. Sambil terus belajar jualan sayuran sambil mengumpulkan modal untuk menjadi tengkulak. 

2. Jalin kerjasama dengan petani sayuran

Sumber darimana Anda mendapatkan sayuran menjadi sangat penting pada bisnis yang satu ini. Makanya penting bagi Anda untuk menjalin hubungan atau relasi kerjasama yang baik dengan para petani sayuran itu sendiri.

Buatlah kesepakatan khusus dengan mereka untuk menjadikan Anda langganan yang akan menjadi tengkulak sayur untuk mereka.

Dalam mencari petani sayur ini sendiri usahakan untuk mendapatkan petani yang menjualnya dengan harga yang menguntungkan tentunya. Jadi selain Anda bisa mendapatkan sayuran segar dari mereka dalam jumlah banyak, juga akan lebih mudah menjual karena harganya bisa bersaing.

3. Mencari calon pedagang sayur atau langganan sebanyak mungkin

Tahapan selanjutnya tentu saja mencari pembeli sayuran sebanyak mungkin, atau memperbanyak pelanggan. Mulai dari pembeli sayuran secara langsung dan Anda juga bisa menjalin kerjasama dengan para penjual sayuran secara langsung. 

Kalau Anda ingin menjual sayuran kepada pedagang sayuran, usahakan untuk menjual dengan harga khusus tentunya.

Agar para pedagang sayuran tersebut diuntungkan jika mengambil sayur dari Anda dan tentu saja untuk menjadikan mereka pelanggan tetap bagi Anda.

4. Pahami kebutuhan pasar dan persaingan harga sayuran

Langkah selanjutnya jangan lupa untuk sering memantau kondisi di pasaran. Pertimbangkan jenis sayuran apa saja yang mudah untuk dijual. Dengan begitu Anda bisa lebih efisien dalam melakukan tengkulak sayuran itu sendiri.

Selain itu juga serng memantau kondisi pasar dari segi harga. Jangan sampai ketika ada banyak perubahan harga sayuran Anda tidak menyesuaikan.

Terutama jika kondisi sayuran di pasaran sedang banyak atau sedang langka. Saat itulah Anda harus bisa melakukan dan menentukan harga jual dengan baik agar bisa mendapatkan banyak pelanggan.

5. Membuka kios sayur di pasar besar

Salah satu cara yang cukup efektif jika Anda menjadi seorang tengkulak sayuran adalah membuka kios sendiri di pasar. Bukalah sebuah kios yang lumayan besar dan ramai. Karena dengan membuka kios yang cukup besar Anda bisa menarik lebih banyak pedagang untuk mengambil sayuran dari Anda.

Membuka kios di pasar sendiri tentu membutuhkan modal yang cukup besar. Jadi usahakan pula untuk mempersiapkan modal tersebut. Kalau memang belum mampu ya mending jualan sayuran seperti biasa aja dahulu dari rumah atau sambil keliling.

6. Melakukan distribusi dan penjualan sayuran

Setelah semua persiapan diatas sudah Anda lakukan dengan baik. Berarti Anda sudah siap untuk melakukan distribusi atau penjualan kepada para pelanggan itu sendiri. Sampai pada tahapan ini berarti Anda sudah berhasil menjadi seorang tengkulak sayuran.

Mungkin diawal-awal memulai Anda masih harus banyak belajar. Terutama dari jenis-jenis sayuran beserta dengan harganya. Namun selama Anda mau terus tekun menjalaninya, maka kesuksesan menjadi tengkulak sayuran pun bisa Anda raih di kemudian hari nanti.

Demikian sobat penjelasan dari saya mengenai cara menjadi tengkulak sayuran untuk seorang pemula. Mudah-mudahan apa yang saya sampaikan ini bisa bermanfaat, semoga berhasil dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Belajar Cara Menjadi Tengkulak Sayuran Untuk Pemula"

Berlangganan via Email