Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mudah dan Cepat, Beginilah Cara Screenshot di Laptop dan HP

aldanpost.com - Bagi Anda yang banyak beraktivitas secara online, maka sangat penting untuk mengetahui cara screenshot di laptop dan HP. Sebab, kadang kala Anda membutuhkannya ketika sedang ingin mengambil sebuah informasi dalam bentuk gambar. Bahkan, screenshot bisa Anda gunakan sebagai bukti otentik mengenai suatu pernyataan atau informasi tertentu.

Merujuk pada kegunaannya tersebut, maka Anda seharusnya memang perlu memahami cara melakukannya. Untuk hal ini, Anda tidak perlu bingung karena langkah-langkahnya sangat mudah bahkan Anda bisa melakukannya dalam waktu yang sangat cepat. Nah, bagi Anda yang mulai bertanya-tanya mengenai cara screenshot di laptop dan HP, berikut kami sajikan ulasannya!

cara secreenshot di laptop dan hp


Inilah Cara Screenshot di Laptop dan HP

Adapun cara screenshot di laptop adalah:

Menggunakan tombol Print Screen

Adapun cara screenshot di laptop yang paling umum digunakan adalah dengan menekan tombol Print Screen di keyboard laptop. Anda bisa mencarinya di laptop Anda karena biasanya antara satu jenis laptop dan laptop lainnya letak tombol tersebut berbeda. Namun, tidak perlu khawatir karena Anda bisa dengan mudah mencarinya dengan cara menemukan simbol tulisan PrtSc SysRq atau PrtSc.

Apabila layar laptop Anda sudah menunjukkan halaman yang akan di-screenshot, maka Anda hanya tinggal menekan tombol tersebut. Kemudian, Anda harus masuk ke program Office seperti Word dan Power Point atau program grafis seperti Paint untuk mem-paste. Menariknya, selain sangat mudah dilakukan, cara ini juga berlaku untuk semua versi Windows, lho.

Menggunakan Snipping Tools

Sama dengan cara yang pertama, cara screenshot di laptop yang kedua ini juga bisa Anda aplikasikan pada semua versi Windows. Namun, kali ini Anda tidak lagi memakai tombol Print Screen melainkan menggunakan aplikasi bawaan Microsoft, yaitu Snipping Tool. Aplikasi tersebut bisa dengan mudah Anda temukan dengan cara mengetiknya di bagian Search Windows.

Hal menguntungkan jika menggunakan cara ini adalah Anda bisa memilih area layar yang akan di-screenshot. Selain itu, Anda bisa mengatur bentuk screenshot-nya karena ada opsi yang tersedia, yaitu Free Form, Rectangular, Window, hingga Full Screen. Jadi, sebelum hasil screenshot tersimpan, Anda bisa bebas mengeditnya terlebih dahulu.

Menggunakan tombol Windows + Print Screen

Berbeda dengan cara yang pertama, untuk kali ini selain menggunakan tombol Print Screen, maka Anda juga harus menggunakan tombol Windows. Menariknya dari cara yang ketiga ini, Anda tidak perlu repot mem-paste karena hasil screenshot akan otomatis tersimpan di folder Picture. Namun, yang perlu Anda ingat bahwa cara ini hanya bisa digunakan pada Windows versi 8 dan 10.

Memanfaatkan Aplikasi Lightshot Screenshot

Jika ketiga cara sebelumnya Anda hanya perlu memanfaatkan tombol dan aplikasi bawaan yang telah tersedia di laptop. Maka, pada cara kali ini Anda diharuskan untuk meng-install aplikasi bernama Lightshot Screenshot. Namun, jangan khawatir karena aplikasi ini terbilang ringan dan tepat digunakan bagi Anda yang sering melakukan screenshot dalam jumlah banyak. Aplikasi ini bisa di-download untuk semua versi Windows, Mac, bahkan Linux.

Nah, sangat mudah bukan? Adapun cara screenshot di HP juga tidak kalah mudahnya, lho. Hal yang perlu diingat untuk bisa melakukan screenshot di HP, Anda harus perhatikan merek HP yang digunakan. Sebab, setiap HP memiliki cara screenshot yang berbeda-beda. Meski demikian, Anda tidak perlu bingung karena kami pun akan bahas pada artikel kali ini.

Cara Screenshot di Hp

Adapun cara screenshot di hp adalah:

Bagi Anda pengguna smartphone Vivo dan Iphone, maka Anda hanya perlu menekan tombol home dan power secara bersamaan. Setelah efek tangkapan layar telah tercipta, maka saat itulah Anda bisa langsung melihat hasilnya di galeri.

Melakukan screenshot bukan hal sulit, termasuk bagi pengguna Samsung, Asus, Lenovo, Nokia, hingga Sony Xperia. Caranya adalah menekan secara bersamaan tombol power dan volume selama 3 detik. Setelah itu hasil screenshot akan tersimpan otomatis.

Ada dua cara untuk melakukan tangkapan layar bagi Anda pemilik HP Oppo, Xiaomi, dan Infinix. Pertama, menekan tombol power dan volume secara bersamaan. Kedua, mengusap layar dengan menggunakan 3 jari.

Itulah cara screenshot di laptop dan HP. Sekarang, Anda  bisa melakukan tangkapan layar dengan mudah dan cepat. Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk " Mudah dan Cepat, Beginilah Cara Screenshot di Laptop dan HP"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel