Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dari Seorang Karyawan Menjadi Pengusaha, Ini Yang Harus Disiapkan

Aldanpost.com - Apakah sobat ada keinginan dari seorang karyawan ingin menjadi pengusaha? Kalau begitu lanjutkan keinginan tersebut, saya dukung. Jadi begini, ada banyak sekali kelebihan seorang pengusaha dibandingkan menjadi seorang karyawan ketika Anda berhasil nanti. Meskipun jalan yang ditempuh akan mengandung resiko, tapi tidak ada yang tidak mungkin kalau memang Anda berniat sungguh-sungguh.

Dari seorang karyawan menjadi pengusaha juga sudah banyak di praktekkan di luaran sana. Rata-rata orang berpindah ini karena menginginkan penghasilan yang lebih, sebuah kebebasan dalam mengatur waktu, tanpa tekanan telunjuk dari orang lain dan beberapa pertimbangan lainnya. Namun dalam perubahan tersebut ada beberapa hal yang harus sobat persiapkan guna meminimalisir resiko yang akan terjadi.

Persiapan Dari Seorang Karyawan Menjadi Pengusaha


dari-karyawan-menjadi-pengusaha
Foto : Banyak Sumber


1. Memperbanyak Wawasan Tentang Dunia Usaha

Yang pertama kali yang harus dipersiapkan adalah memperbanyak wawasan serta pengetahuan dulu tentang dunia usaha. Dunia usaha akan jauh berbeda dengan dunia kerja Anda sebelumnya. Jadi Anda harus tahu banyak hal sebelum Anda melangkah agar Anda siap menghadapi beberapa kenyataan pahit yang mungkin datang.

Banyak orang mungkin hanya berfikir tentang keuntungan dan keuntungan. Padahal didalam dunia usaha, sebelum mendapatkan keuntungan harus melalui proses yang tidak mudah.

Jangan buru-buru keluar atau risegn dari tempat kerja, sambil terus bekerja dan menghasilkan uang Anda bisa banyak belajar terlebih dahulu. Belajar beberapa hal seperti manajemen dasar sebuah usaha, cara menentukan bisnis yang tepat, tantangan dalam usaha, kemudian belajar peluang bisnis apa saja, cara mendirikan usaha dari nol dan banyak hal lain tentang dunia usaha.

2. Pelajari Jenis Usaha Yang Ingin Dijalankan

Lalu setelah mempelajari tentang dunia usaha, apakah sudah tepat untuk risegn? Tunggu dulu. Tentukan dulu sebenarnya Anda mau menjalani bisnis apa lalu perdalam ilmu bisnis atau usaha terkait.

Pelajari lebih dalam mengenai usaha yang ingin dijalankan, jadi ketika nanti Anda keluar dari perusahaan atau berhenti menjadi karyawan sudah benar-benar dalam keadaan yang siap.

Dalam materi manajemen dasar usaha sudah saya jelaskan. Pesiapkan tentang pengelolaan keuangan dalam usaha, proses pengadaan barang, pengiriman dan banyak hal lainnya. Persiapkan saja hal tersebut sambil Anda masih menjadi karyawan.

3. Mempersiapkan Modal Untuk Menjadi Pengusaha

Langkah yang ketiga adalah mempersiapkan modal. Tentu saja Anda harus melakukan hal ini. Makanya di waktu masih bekerja usahakan untuk sehemat mungkin agar bisa menabung untuk modal usaha. Dengan begitu Anda bisa menggunakan modal Anda sendiri untuk menjalankan usaha.

Pantangan melakukan hutang dalam menjalankan usaha harus anda tanamkan dalam diri Anda sejak dini. Usahakan modal adalah uang Anda semua. Jangan memaksakan memulai usaha dengan modal pinjaman kalau Anda tidak siap akan resiko terburuk yang mungkin terjadi.Ini penting sekali, apalagi untuk wirausahawan pemula karena nanti akan berhubungan dengan resiko. Kalau Anda menjalankan usaha dengan modal pinjaman atau modal orang lain, resiko akan berlipat-lipat ganda. 

4. Mulai Mempersiapkan Sarana Dan Prasarana Usaha

Selanjutnya yang harus dipersiapkan adalah bagaimana Anda mengadakan sarana prasana untuk usaha yang akan dijalankan. Lebih baik jika Anda membelinya satu persatu saat Anda masih bekerja. Ini bisa mengurangi modal dan tentunya keuangan Anda tetap aman karena masih ada gaji bulanan dari pekerjaan Anda.

Berwirausaha sendiri memang sebuah hal yang bagus, tapi meninggal pekerjaan untuk berwirausaha tanpa pesiapan yang matang akan menjadi hal yang buruk. Jadi lakukan pembelian sarana prasana sedikit demi sedikit sampai Anda benar-benar siap untuk menjadi pengusaha, baru nanti sobat bisa risegn dari tempat kerja.

5. Persiapkan Mental Dan Mulai Menjalankan Usaha

Yang terakhir ketika pengetahuan usaha, ilmu usaha dan juga berbagai macam persiapan sudah Anda lakukan. Langkah terakhir persiapkan mental Anda dengan baik. Mental seorang wirausaha bukan seperti seorang karyawan. Bahkan harus siap dengan yang namanya resiko tidak ada pemasukan, resiko rugi dan bahkan harus siap gagal. Ini penting karena jiwa entrepreneur didalamnya harus ada keyakinan dan kesiapan yang kuat.

Kalau memang lahir batin sudah siap menjalankan usaha, baru Anda bisa memulainya. Sebuah pemikiran yang matang memang harus ada dalam diri Anda. Dengan begitu Anda akan menjadi seorang wirausahawan yang tangguh ke depannya.

Artikel ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan teman-teman yang ingin terjun ke dunia usaha dari dunia kerja. Bukan berarti menganjurkan setiap orang untuk risegn dari pekerjaan. Karena setiap orang sebenarnya memiliki pashion tersendiri. Ada yang cocok menjadi karyawan tetap dan berkarir sukses di perusahaan namun ada pula yang lebih cocok menjadi seorang pengusaha sukses.

Demikian sobat mengenai persiapan dari seorang karyawan menjadi pengusaha, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Dari Seorang Karyawan Menjadi Pengusaha, Ini Yang Harus Disiapkan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel