Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ide Bisnis Jualan Sayur Online Dan Cara Menjalankannya

Aldanpost.com - Ide jualan sayur online seharusnya pernah terlintas dalam benak Anda. Yang mana bisnis ini merupakan sebuah bisnis yang sangat menguntungkan saat ini. Masih belum banyak yang menjalankan, terbukti dengan masyarakat yang masih banyak membeli sayur di pasar atau di tukang sayur secara langsung.

Ide jualan sayur online seharusnya bukan hal yang sulit untuk di jalankan asalkan paham bagaimana caranya. Mulai dari cara membuat sebuah display sayuran yang bisa diakses secara online. Hingga paham cara pemasaran sampai dengan cara melakukan pengirimannya. Agar Anda lebih paham cara jualan sayur online saya akan bahas lebih dalam pada artikel kali ini.

Cara Menjalankan Ide Jualan Sayur Online


ide-jualan-sayur-online


1. Menentukan pemasok atau pembelian stok sayuran

Kalau mau menjalankan ide bisnis jualan sayur online, langkah awal adalah menentukan asal sayuran itu sendiri. Dalam hal ini ada beberapa cara. Anda bisa melakukan tengkulak sayur sendiri atau bisa juga melakukan kerjasama dengan pemasok sayur untuk mengantarkan sayuran kepada Anda.

Sayuran yang Anda jual usahakan adalah sayuran yang masih segar dengan banyak pilihan. Jadi usahakan mendapatkan sayuran dari pihak yang terpercaya. Lebih bagus lagi jika Anda menjalin sebuah relasi dengan para petani sayur. Karena kalau bisa mendapatkan harga langsung dari para petani tentu harga sayuran akan menjadi lebih murah.

Langkah yang bagus lagi jika Anda juga sambil menanam beberapa jenis sayuran sendiri. Dengan begitu Anda bisa lebih maksimal lagi dalam menjalankan bisnis jualan sayur online. Dengan menanam sayuran sendiri bisa memetik sayur tersebut ketika hendak dijual dan tentu saja bisa mendapatkan harga dengan keuntungan yang maksimal.

2. Siapkan peralatan jualan sayur online

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan peralatan. Dalam menjual sayuran tentu Anda harus memiliki freezer atau kulkas untuk menyimpan sayuran tersebut. Lalu alat-alat yang lain seperti gunting pemotong sayur, pisau dan beberapa plastik untuk melakukan packing sayuran.

Kemudian alat yang lain untuk mendukung jualan sayur online tentu saja alat untuk online itu sendiri. Yakni bisa berupa hanphone, PC atau laptop. Jangan lupa juga untuk mendaftar paket internet yang murah agar bisa irit modal dan melancarkan bisnis jualan sayur online Anda.

3. Membuat sebuah website atau aplikasi

Ide jualan sayur online bisa Anda lakukan dengan berbagai macam cara. Untuk melakukan pemasaran dan pelayanan jual sayur online Anda bisa menggunakan beberapa media online. Bisa dengan membuat sebuah website, aplikasi atau menggunakan fanspage facebook juga bisa.

Namun kalau Anda ingin terlihat profesional tentu saja buatlah aplikasi yang memudahkan calon pelanggan Anda untuk melakukan order sayuran online.

Namun jika Anda masih merasa modal terbatas. Bisa menggunakan Fanspage facebook. Undang sebanyak mungkin orang yang masih dalam jangkauan pengiriman sayur Anda agar mereka bisa melakukan order sayuran kepada Anda.

4. Melakukan display sayur dan harga sayuran

Lakukan update display dan harga mengenai stock sayuran yang tersedia. Lakukan update serutin mungkin guna mencukupi kebutuhan para pelanggan sayur online Anda. Jangan lupa juga untuk melakukan display gambar sayuran yang menarik agar menyenangkan minat calon pembeli sayuran online Anda.

Penting bagi Anda menunjukkan display sayuran yang masih segar dan bersih. Karena bagaimanapun juga calon pembeli Anda akan melihat dari sisi gambar terlebih dahulu.

Kemudian jangan lupa untuk membuat promo diskon secara rutin dan berubah-ubah agar membuat para pelanggan Anda betah belanja sayuran online melalui Anda.

5. Menentukan sistem order dan pengiriman

Sistem pembayaran dan sistem pengiriman juga menentukan kesuksesan jualan sayur online Anda. Jadi usahakan untuk memberikan informasi sistem pembayaran dan pengiriman secara jelas. 

Berikan beberapa pilihan pembayaran agar memudahkan pelanggan Anda. Utamakan juga sediakan sistem COD atau cash on dilivery, karena biasanya sistem COD ini lebih diminati para pembeli belanjaan online.

Kemudian dari sisi pengiriman usahakan berikan kecepatan dan ketepatan waktu pengiriman yang baik. Karena pengiriman yang cepat tentu akan menyenangkan hati pelanggan Anda. Anda bisa mengatasinya dengan memasarkan produk sesuai jangkauan Anda. Jadi tidak perlu memasarkan yang jauh dari jangkauan karena pastinya akan membuat proses pengiriman sayur menjadi semakin lama.

6. Melakukan pemasaran penjualan sayur online

Langkah lain yang harus dilakukan oleh seorang penjual tentu saja melakukan pemasaran itu sendiri. Lakukanlah pemasaran sayuran online secara maksimal. Anda bisa memulainya dengan memberikan selebaran kepada masyarakat yang sesuai dengan jangkauan pengiriman sayur online Anda.

Kemudian jangan lupa juga untuk memasarkan nya melalui social media dan juga beberapa media lainnya.

Buatlah sebuah grup jualan sayur online milik Anda sendiri. Buatlah grup yang isinya semua yang pernah beli sayur online kepada Anda dan orang-orang disekitarnya. Dengan begitu promosi jualan sayur online Anda akan menjadi lebih maksimal lagi.

Ide jualan sayur online bisa berjalan dengan baik asalkan Anda memaksimalkan semua aktifitas diatas. Mulai dari pengadaan sayur, display, promosi, harga dan pengiriman secara baik. Jaga kepuasan pelanggan Anda dengan baik, maka Anda akan sukses dalam jualan sayur online. Demikian yang saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Ide Bisnis Jualan Sayur Online Dan Cara Menjalankannya"

Berlangganan via Email