Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Penting Saat Membeli Laptop Second dan Standar Pengecekkannya

Aldanpost.com – Kali ini saya ada sebuah tips membeli laptop second dan standar pengecekkannya untuk Anda. Karena yang namanya laptop second harus diteliti terlebih dahulu sebelum membelinya. Agar tidak mendapatkan barang second dengan kualita yang jelek. Dan Anda bisa terhindar dari penipuan apabila laptop tersebut mengalami minus ataupun kerusakan tertentu.

Entah itu untuk keperluan bisnis jual laptop second atau memang untuk dipakai sendiri. Laptop second selalu laku keras dipasaran. Hal ini juga disebabkan karena beda harganya yang cukup jauh ketimbang harga barunya. Biasanya harga laptop baru nya Rp.5.0000.000,- ketika sudah bekas bisa turun menjadi Rp.2.500.000,- alias setengah dari harga barunya. Tidak heran jika bisnis jual beli laptop second termasuk bisnis yang cukup menguntungkan di era sekarang ini.

Tips Membeli Laptop Second Dan Standar Pengecekkannya

tips-membeli-laptop-second-dan-standart-pengecekkannya


1. Utamakan membeli laptop second langsung di toko offline

Sebelum masuk pada standar pengecekan, ada hal yang cukup penting. Yakni belilah laptop langsung di toko laptop atau bisa dengan sistem cash on delivery. Hindari membeli laptop via online, karena Anda tidak akan bisa mengeceknya secara langsung. Ini penting karena tidak semua penjual laptop via online akan jujur dan terus terang ketika menjelaskan kondisi laptop tersebut.

Banyak kasus diluar sana membeli laptop second melalui toko online dan ketika sudah sampai barangnya tidak sesuai dengan harapan. Untuk menghindari hal ini Anda silahkan beli laptop via offline. Atau bisa juga Anda paling tidak meminta pembayaran jika laptop sudah sampai dan ketika Anda selesai mengeceknya baru Anda bayarkan.

2. Jangan tergiur dengan harga laptop second yang tidak standart

Kemudian tips membeli laptop second yang kedua adalah masalah harga. Disini Anda perlu memperhatikan harga standart dari laptop yang akan Anda beli. Anda harus menghindari harga yang terlalu tinggi dan harga yang terlalu murah. Harga yang terlalu tinggi bisa jadi penjual mengambil untung yang sangat banyak dan Anda tertipu. Harga yang terlalu murah juga patut dicurigai dengan alasan barang tersebut bisa rusak atau kualitanya jelek.

Sebelum membeli silahkan kumpulkan refrensi harga laptop second dari beberapa tempat sekaligus. Dari situ Anda akan tahu harga standart pasaran yang sebenarnya.

3. Lakukan pemeriksaan dari segi fisik dan hardware laptop second

Lanjut pada pemeriksaan fisik atau hardware dari laptop tersebut. Ada beberapa bagian yang harus Anda periksa pada tahapan kali ini. Bagian yang harus diperiksa tersebut antara lain :

  • Periksa kondisi segel pada baut dan body laptop, dari situ Anda bisa mengetahui apakah laptop tersebut sudah pernah dibongkar atau belum. Utamakan membeli laptop yang masih bersegel dari baru alias belum pernah di bongkar sama sekali
  • Periksa kondisi cash dan body. Disini Anda bisa mengetahui apakah laptop tersebut selama ini dipakai dengan terawat atau tidak. Kalau case laptop banyak goresan biasanya pemakaian sebelumnya kurang terawatt. Selain itu dari kondisi case tersebut Anda bisa tahu berapa lama laptop tersebut sudah digunakan selama ini.
  • Periksa fungsi keyboard, apakah keyboard laptop masih berfungsi semua atau ada huruf atau karakter yang sudah rusak. Ini juga penting, apa iya Anda mau membeli laptop dengan keyboard yang tidak berfungsi, pastinya tidak kan.
  • Periksa keaslian layar laptop. Bisa diketahui dari segel warna dan juga kondisi laptop ketika dinyalakan. Ketika layar laptop sudah tidak sama dengan aslinya lebih baik Anda tidak membeli laptop tersebut.
  • Periksa juga touchpad laptop. Karena ini juga termasuk bagian yang fungsinya cukup penting guna memperlancar Anda dalam menggunakan laptop tersebut.
  • Periksa piranti lainnya seperti lobang speaker, mic, USD. Kemudian periksa juga piranti penyimpanan seperti hardisk dan juga DVD Room. Lalu pastikan semua hardware tersebut bisa berjalan dengan baik

4. Lakukan pemeriksaan dari segi software laptop second

Langkah selanjutnya dalam melakukan pembelian laptop second cek terlebih dahulu softwarenya juga. Pengecekan software bisa dilakukan dengan cara melihat langsung pada “Drive C”, atau bisa melalui “dxdiagtool”. Alangkah lebih baik jika Anda membeli laptop second dengan kondisi software lengkap dan berjalan lancar.

Ada satu buah tips untuk memastikan kinerja laptop masih bagus atau tidak yakni mencobanya dengan aplikasi yang lumayan berat. Kemudian lihat apakah laptop tersebut mampu menjalankannya atau tidak. Ketika laptop tersebut bisa menjalankan aplikasi berat maksimal sesuai dengan spesifikasi, maka kondisi laptop tersebut masih layak dibeli. Akan tetapi jika Anda tes aplikasi berat dan langsung hang atau error mendingan Anda tidak membeli laptop tersebut.

Kemudian dari sisi software cek juga apakah wifi dan koneksi lainnya dari laptop tersebut bisa berfungsi dengan baik. Jika Ada yang error maka lebih baik mengganti dengan pilihan laptop second yang lain.

5. Periksa kelengkapan laptop dan mintalah garansi pembelian

Selanjutnya jika Anda ingin membeli laptop yang masih cukup lengkap maka periksalah kelengkapannya. Mulai dari keyboard, mouse, coolpad dan accesoris lainnya. Namun kalau laptop bekas biasanya minimal mendapatkan mouse.

Yang tidak kalah penting mintalah garansi pembelian. Biasanya tidak akan diberi waktu yang lama. Tapi ini perlu Anda minta. Kan untuk jaga-jaga Anda melakukan pengecekan laptop tersebut misalkan maksimal dalam waktu satu bulan pemakaian Anda.

Demikian sobat serangkaian cara atau tips membeli laptop second dan standart pengecekkannya. Dengan memperhatikan beberapa hal diatas, semoga Anda bisa mendapatkan laptop second dengan kaulitas yang masih bagus. Demikian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "5 Tips Penting Saat Membeli Laptop Second dan Standar Pengecekkannya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel