Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengelola Keuangan Usaha Atau Wirausaha Dengan Baik

Aldanpost.com - Mengetahui cara mengelola keuangan usaha atau wirausaha merupakan satu hal yang wajib dimiliki seorang wirausahawan yang memulai sebuah usaha bisnis. Karena keuangan merupakan sebuah nyawa yang menghidupi jalannya sebuah usaha tersebut. 

Bagi seroang pemula tentu harus banyak belajar bagaimana pengelolaan keuangan yang baik agar tidak melakukan sebuah kesalahan yang menyebabkan kerugian. Dimulai dari cara membatasi pengeluaran yang tidak perlu, melakukan pembukuan keuangan dengan baik dan juga mengetahui alokasi dana yang tepat sasaran.

Cara Mengelola Keuangan Usaha Wirausaha


mengelola-keuangan-usaha-wirausaha

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan sebagai bentuk mengelola keuangan usaha atau wirausaha dengan baik agar bisnis yang dijalankan bisa cepat berkembang. Cara mengelola keuangan usaha wirausaha tersebut antara lain sebagai berikut :

1. Membuat pembukuan keuangan usaha 

Yang pertama yang harus dilakukan untuk mengelola keuangan sebuah usaha adalah melakukan pembukuan. Buatlah pembukuan khusus yang mendokumentasikan seluruh aktiftitas keluar masuknya uang dalam usaha yang Anda jalankan.

Pembukuan keuangan akan sangat berguna dalam sebuah usaha. Terutama untuk melakukan kontrol ketika ada sebuah selisih keuagan. Selain itu sebuah pembukuan juga akan memudahkan kita melihat bagaimana perkembangan keuangan usaha yang Anda jalankan.

Buatlah pembukuan keuangan yang berisi tentang bagaimana uang masuk, uang keluar, catatan pembelian, penjualan, dan juga berikan juga catatan untung rugi dalam pembukuan keuangan tersebut.

2. Melakukan penghematan pengeluaran keuangan

Yang kedua Anda harus pandai melakukan sebuah penghematan keuangan. Yakni dengan cara mempu memangkas keuangan yang keluar menjadi lebih kecil dan lebih efisien.

Penghematan keuangan juga bisa ditempuh dengan cara mendapatkan produk yang lebih murah, biaya produksi yang lebih murah, pengiriman yang lebih murah. Namun meskipun Anda melakukan pemangkasan keuangan, tentu jangan mengabaikan kualitas juga, jadi kalau harga lebih murah namun kualitas tetap terjamin.

3. Mampu memisahkan keuangan pribadi dengan keuangan usaha

Yang ketiga adalah harus mampu memisahkan antara keuangan pribadi dan keuangan usaha. Ini penting sekali demi kelancaran kelangsungan usaha. Karena diluaran sana tidak jarang pebisnis yang gagal gara-gara mereka mencampur aduk antara keuangan usaha dan juga pribadi.

Lakukan pemisahan dengan baik, jadwalkan secara khusus kapan waktu Anda mengambil uang dari usaha Anda dan diluar jadwal itu jangan pernah sekalipun menggunakan keuangan usaha untuk kepentingan pribadi.

4. Mampu menetapkan prioritas pembiayaan dengan tepat

Cara mengelola keuangan usaha yang baik selanjutnya adalah mampu menetapkan prioritas pembiayaan dengan tepat. Hal ini akan berhubungan dengan kebutuhan belanja usaha dan juga pembayaran lainnya.

Anda harus bisa menentukan mana yang paling penting dan harus dibayarkan terlebih dahulu ketimbang yang lainnya. Kemudian bisa menunda atau menghilangkan beberapa pengeluaran yang sekiranya tidak produktif untuk usaha Anda.

5. Teliti dalam setiap melakukan transaksi keuangan

Orang yang pandai dalam mengelola keuangan, dia akan sangat hati-hati dalam melakukan tansaksi apapun dalam usaha yang dijalankan. Hal ini juga harus Anda miliki dalam menjalankan bisnis Anda.Transaksi meskipun dalam nominal kecil harus tetap diperhatikan dengan baik.

Ini juga yang sudah dicontohkan oleh para pedagang yang sudah sukses. Mereka bahkan akan memelihara kembalian uang dalam transaksi meskipun hanya 100 perak rupiah saking mereka sangat teliti dalam hal keuangan.

6. Harus mampu meningkatkan pemasukan keuangan dalam wirausaha

Selain pandai mengelola keuangan yang Ada juga harus bisa memaksimalkan dan meningkatkan pemasukan. Dengan begitu sebuah usaha akan cepat berkembang karena memiliki banyak keuntungan. Peningkatan pemasukan keuangan tentu saja bisa dilakukan dengan banyak cara, mulai dari meningkatkan promosi, kualitas produk, kualitas pelayan dan juga kecepatan dalam menjalankan usaha itu sendiri.

7. Mampu menghindari hutang dalam menjalankan usaha

Yang berhubungan dengan pelolaan keuangan dalam wirausaha adalah hutang. Seorang wirausahawan yang baik akan menghindari hutang untuk keperluan usaha yang dilakukan. Begitu juga dengan Anda, kalau Anda ingin usaha Anda lebih rendah resiko dan bisa cepat berkembang, usahakan tidak melakukan hutang sama sekali.

Hutang bisa menjadi bagus apabila dilakukan secara tepat dan pasti menghasilkan keuntungan. Namun Anda juga harus ingat kalau di dalam hutang biasanya juga akan ada bunga yang menyebabkan pembengkakan pengeluaran keuangan usaha Anda. Dan bunga tersebut juga bisa membebani target penghasilan dalam wirausaha yang Anda jalankan.

Dari pembahasan kali ini mengenai cara mengelola keuangan usaha wirausaha bisa disimpulkan beberapa hal. Mulai dari harus pandai dalam administrasi pembukuan keuangan, pandai berhemat, mampu memisahkan keuangan peribadi dan keuangan usaha, mampu tidak hutang dalam usaha dan juga mampu memaksimalkan dan meningkatkan pemasukan keuangan. Dengan menjalankan ke 7 hal diatas InsyaAllah usaha yang Anda jalankan bisa lebih cepat berkembang. Demikian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Mengelola Keuangan Usaha Atau Wirausaha Dengan Baik"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel