Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Optimasi Situs Setelah Mengetahui Cara Membuat Website

Daftar Isi [Tampil]

Cara Membuat Website- Wajib diketahui oleh siapa saja terutama bagi mereka yang ingin memiliki website sendiri. Anda bisa membuat website ini sesuai kebutuhan masing-masing.

Pada artikel sebelumnya diberikan bagaimana membuat website beserta langkah-langkahnya. Namun, website tersebut belum sempurna jika tidak dioptimasi dengan baik. Karena dengan optimasi tersebut, situs Anda akan bekerja dengan optimal sehingga tujuan Anda dalam membuat website dapat terpenuhi dengan baik.

Cara membuat website

Beberapa Cara Melakukan Optimasi Wordpress Agar Tetap Prima

Maka dari itu memang, yang harus Anda ketahui berkaitan dengan beberapa cara optimasi Wordpress ini supaya nantinya bisa tetap prima namun loading page-nya juga tetap cepat, adalah:

Memakai Hosting Yang Berkualitas

Cara membuat websitedengan optimasi yang paling penting adalah memilih hosting yang baik dan berkualitas. Hal ini sangat penting karena dapat mempengaruhi kecepatan loading page website tersebut.

Karenanya, pilihlah hosting yang baik dan berkualitas untuk mendukung hal tersebut. Sebenarnya banyak sekali penyedia hosting berkualitas namun tetap murah seperti LiteSpeed Enterprise, Grade A SSL, MySQL, Ruby on Rails, SVN, GIT dan lainnya. Anda bisa tentunya juga dapat melihat terlebih dahulu penyedia hosting ini di internet supaya dapat mengetahuinya lebih lanjut lanjut. Namun, pastikan pelayanan yang diberikan setara dengan biaya yang diterapkan. Selain itu, sesuaikan dengan budget yang ada agar website Anda dapat dikelola dengan baik.

Gunakan Tema Yang Sesuai

Cara membuat websitedengan optimasi terbaik lainnya adalah dengan memperhatikan pemakaian tema website. Jika Anda memakai platform Wordpress maka terdapat banyak tema gratis yang bisa dipilih. Beberapa diantaranya memiliki tampilan yang bagus sehingga tidak butuh desain yang aneh-aneh.

Namun, perlu Anda ketahui jika tema yang terlihatnya tampak indah ini ternyata bisa berpengaruh pada kinerja server dan browser. Karena beberapa tema memakai desain dan warna yang banyak sehingga membuat server lebih berat. Hal ini akan membuat loading page situs Anda melambat sehingga kinerja website menjadi menurun.

Hal ini sangat berpengaruh pada bounce rate website dimana semakin lama halaman situs dibuka maka semakin tinggi pula bounce rate-nya. Oleh karena itu, usahakan untuk memakai cara membuat website yang bagus namun sederhana agar tidak memberatkan situs Anda sehingga bounce rate website menjadi rendah.

Apabila Anda yang begitu paham tentang coding website maka bisa membuat pengaturan langsung dari HTML maupun CSS basicnya. Pengaturan website dengan cara ini tentu lebih baik karena bisa diatur dengan spesifik. Namun, hal ini tidak berlaku untuk semua orang. Oleh karena itu, untuk para pemula lebih baik memiliki tema yang sederhana saja.

Perhatikan Warna dan Desain Website

Cara membuat websitedengan pengaturan terbaik lainnya adalah dengan memperhatikan warna serta desain website. Anda disarankan untuk tidak memakai banyak warna dan lebih baik memakai 4-5 warna. Hal ini tidak hanya berkaitan dengan kecepatan loading page, tetapi juga estetika website tersebut.

Hal in tentunya akan menjadi satu bagian yang terpenting, apalagi jika website yang digunakan khusus untuk melakukan menjual produk atau memperkenalkan brand. Karenanya, gunakanlah desain dan warna yang mewakili brand Anda sehingga semakin mudah dikenal publik. 

Hal ini biasa digunakan oleh perusahaan besar seperti Telkom dengan fokus warna pada putih dan merah serta Coca Cola yang dominan dengan warna merah. Karena warna tersebut dapat mempengaruhi otak manusia untuk mengingat brand tertentu. Oleh karena itu, manfaatkanlah cara membuat website dengan baik.

Perhatikan Plugin Yang Dipakai

Cara membuat website lainnya dengan optimasi yang wajib adalah memperhatikan plugin yang digunakan. Jika Anda memakai wordpress maka terdapat banyak plugin yang bisa digunakan. Namun, pastikan Anda memakai beberapa plugin yang paling penting seperti YoastSEO.

Plugin akan memudahkan Anda dalam membuat konten yang ramah SEO sehingga situs dapat berada di puncak mesin pencari. Selain itu, Anda bisa memakai berbagai cara membuat website dan teknik SEO dengan mudah.

Selain itu terdapat banyak plugin lain yang bermanfaat dan bisa Anda gunakan. Namun, pastikan untuk memakai plugin yang penting-penting saja karena semakin banyak yang digunakan maka semakin melambat pula kinerja website karena bebannya akan semakin bertambah.

Gunakan Gambar Dengan Ukuran Kecil

Cara membuat websitedengan optimasi terbaik lainnya adalah memakai gambar berukuran kecil pada konten artikel. Setidaknya gunakan gambar dengan ukuran kurang dari 200kb. Apabila memang Anda merasakan khawatir akan kualitasnya bisa rusak maka Anda bisa mempergunakan gambar dengan ekstensi png.

Hal ini mungkin terlihat sepele, namun ukuran gambar yang dipakai ternyata mempengaruhi kecepatan loading page tersebut. Oleh karena itu, pakailah gambar berkualitas dengan ukuran yang kecil agar performa situs Anda dapat terjaga dengan baik.

Nah, Itulah berbagai optimasi Wordpress yang perlu Anda ketahui setelah mengetahui cara membuat website. Cara ini akan sangat bermanfaat terutama bagi para pemula sehingga kinerja website menjadi baik dan ringan sehingga trafik pengunjung Anda selalu tinggi sekaligus mengurangi bounce rate website.                                                                                                                  

Posting Komentar untuk " Optimasi Situs Setelah Mengetahui Cara Membuat Website"

Berlangganan via Email