Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

7 Peluang Usaha Di Bidang Otomotif Yang Menjanjikan

Daftar Isi [Tampil]

Aldanpost.com - Bidang otomotif selalu menjadi hal yang menarik untuk diperbincangkan karena perkembangannya dari waktu ke waktu. Kemunculan seri terbaru baik itu motor dan mobil selalu hadir dai hari ke hari. Hal ini lah yang menjadikan adanya banyak peluang usaha di bidang otomotif yang bisa kita jalankan. Baik itu usaha di bidang otomotif dalam skala kecil maupun dalam skala besar. Karena usaha di bidang otomotif sendiri bisa dimulai dengan modal yang sangat kecil hingga modal besar.

Peluang usaha di bidang otomotif akan sangat cocok bagi Anda yang memiliki hobi dan keahlian di dalamnya. Karena usaha bidang yang satu ini tidak bisa dijalankan dengan asal-asalan. Artinya harus memiliki dasar keilmuan di bidang otomotif. Misalkan saja Anda lulusan SMK jurusan otomotif, atau pernah belajar bengkel, atau memang terus mengikuti perkembangan dunia otomotif. Kalau memang Anda seperti, penting untuk menyimak beberapa peluang usaha yang saya ulas pada artikel kali ini.

7 Peluang Usaha Di Bidang Otomotif


usaha-di-bidang-otomotif


1. Buka bengkel otomotif motor dan mobil

Peluang yang pertama adalah dengan membuka sebuah bengkel otomotif, baik itu khusus motor, khusus mobil atau sekaligus dua-duanya. Yang namanya bengkel pastinya harus ada tenaga ahli di dalamnya. Bisa Anda tangani sendiri kalau memang bisa, atau bisa juga dengan mempekerjakan karyawan yang ahli di bidang otomotif.

Untuk memulai usaha bengkel sendiri bisa dimulai dari kecil-kecilan. Misalkan saja dimulai dari membuka jasa tambal ban, kemudian sambil menyicil alat yang lebih lengkap dari waktu ke waktu. Kecuali kalau Anda memiliki modal yang cukup besar berarti Anda bisa langsung membuka sebuah bengkel besar dengan alat yang cukup lengkap. 

2. Membuka toko penjualan spare part

Peluang usaha yang kedua adalah dengan membuka toko penjualan spare part baik itu sparepart motor maupun mobil. Biasanya pengusaha akan lebih memilih fokus pada salah satunya saja dengan menyediakan spare part yang sangat lengkap. Contoh fokus pada spare part motor saja atau pada spare part mobil saja. Selain itu dalam hal pemasaran dan pengelolaan usaha juga lebih mudah jika fokus tentunya. 

Jika Anda tertarik pada bisnis jualan spare part, namun modal sangat kecil. Lebih baik untuk menjadi sales spare part. Karena sales sendiri bahkan tidak membutuhkan modal, biasanya menjalankan sistem taking order, mencatat orderan terlebih dahulu, baru besoknya dikirim dari perusahaan.

3. Membuka jasa cucian motor dan mobil

Peluang usaha yang ketiga bisa juga dengan membuka sebuah usaha cucian motor dan mobil. Tentu saja usaha yang satu ini juga merupakan usaha yang sangat menjanjikan. Karena kebanyakan masyarakat sekarang ingin praktis dan terima beres, daripada repot-repot mencuci kendaraan sendiri di rumah. Apalagi jika musim penghujan telah tiba, biasanya cucian mobil akan menjadi lebih rame, karena mobil dan motor mudah sekali untuk kotor di musim penghujan.

4. Membuka jasa pengecatan body motor dan mobil (salon mobil)

Selanjutnya bisa juga dengan membuka salon motor maupun mobil. Di lapangan mungkin lebih banyak salon mobil. Kalau salon motor biasanya hanya untuk keperluan kontes dan hobi saja. Membuka salon otomotif biasanya memberikan pelayanan seperti pengecatan, modifikasi atau bisa juga pemasangan kaca film dan sejenisnya. Kalau Anda hobi dan ahli di bidang yang satu ini, silahkan buka salon mobil. Karena semakin hari akan hari akan semakin banyak yang membutuhkan jasa Anda tersebut.

5. Membuka usaha sewa kendaraan

Lanjut pada peluang usaha di bidang otomotif yang selanjutnya adalah dengan membuka jasa sewa kendaraan. Paling banyak biasanya menyewakan kendaraan mobil pribadi untuk keperluan wisata dan sejenisnya. Kalau Anda ingin menjalankan usaha di bidang yang satu ini tentu saja harus bermodal cukup besar karena kalau menyewakan mobil dalam jumlah sedikit pasti akan susah untuk mendapatkan banyak pelanggan. Menyewakan kendaraan biasanya juga sekaligus menyewakan jasa supir, karena sebagian yang berminat menyewa mobil juga sekaligus membutuhkan supirnya sekalian.

6. Jasa instalasi audio video mobil

Selanjutnya bagi sebagian orang ada yang sangat hobi dan senang memiliki audio mobil dengan suara yang mantap. Maka dari itu selalu saja ada pelanggan yang datang pada sebuah usaha jasa instalasi audio video mobil. Kalau Anda ingin membuka jenis usaha yang satu ini, tentu saja harus mengetahui dan ahli di bidang audio mobil Terutama mengetahui jenis-jenis audio mobil beserta dengan harga pasarannya, selanjutnya harus mengetahui cara instalasinya. Selama Anda memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pelangan, pastinya usaha Anda bisa menjadi cepat berkembang.

7. Jasa penjualan dan leasing motor dan mobil

Kemudian peluang usaha yang ketujuh bisa juga menjalankan jual beli di bidang otomotif. Jual beli sendiri ada banyak sekali jenisnya, bisa menjadi marketing untuk mobil dan motor baru, membuka usaha jual beli motor bekar, jual beli mobil bekas dan juga bekerja sama dengan leasing dalam melakukan jual beli tersebut guna melayani pembeli yang ingin melakukan kredit. 

Dari beberapa peluang usaha di bidang otomotif diatas, usahakan untuk memilih yang benar-benar sesuai dengan pashion dan keahlian Anda. Dengan begitu Anda akan lebih maksimal dalam menjalankan usaha. Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "7 Peluang Usaha Di Bidang Otomotif Yang Menjanjikan"

Berlangganan via Email