Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

7 Peluang Usaha Di Bidang Pariwisata Dengan Hasil Yang Menjanjikan

Daftar Isi [Tampil]

Aldanpost.com - Indonesia memiliki ribuan tempat wisata yang sangat indah yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Sudahkan Anda mikirkan apa saja bisnis pariwisata? Karena peluang usaha di bidang pariwisata merupakan sebuah bisnis elit yang menjanjikan, apalagi di negara yang kaya akan wisata seperti Indonesia.

Peluang usaha di bidang pariwisata sendiri ada banyak sekali. Khususnya bagi kamu yang hobi travelling, kamu yang tinggal dekat dengan daerah wisata, untuk kamu yang sekolah jurusan pariwisata, atau siapapun yang mempunyai minat dengan dunia pariwisata tentu saja memiliki peluang untuk menjalankan bisnis di bidang yang satu ini. Dan pada kesempatan kali ini Aldanpost.com akan coba merangkumkan beberapa diantara peluang tersebut.

7 Peluang Usaha Di Bidang Pariwisata

Ada beberapa jenis ide bisnis atau peluang usaha yang bisa didirikan atau dijalankan di bidang pariwisata atau di sekitaran tempat wisata, dalam hal penjualan maupun jasa pun bisa. Peluang usaha tersebut antara lain :

1. Menjadi pemandu wisata

ilustrasi-pemandu-wisata
Ilustrasi pemandu wisata by uprint.id

Salah satunya adalah menjadi pemandu wisata. Peluang ini sangat bagus bagi Anda yang sudah memahami seluk beluk tempat wisata tertentu. Ditambah lagi jika Anda menguasai bahasa asing terutama bahasa inggris, pastinya akan lebih maksimal dalam menjadi pemandu wisata. 

Pemandu wisata bisa Anda dirikan secara personal maupun terorganisasi. Kalau mau mendirikannya secara personal, Anda harus melakukan promosi personal branding yang baik. Misalkan saja membuat sebuah blog wisata atau channel youtube yang memperkenalkan jasa yang Anda sediakan ini.

2. Menjadi fotografer para turis

Menjadi fotografer para turis yang datang juga merupakan usaha yang cukup bagus di tempat wisata. Karena yang namanya berwisata mereka pasti ingin mengabadikan moment-moment indah mereka. Anda bisa langsung menawarkan kepada setiap turis yang datang maupun membuka jasa fotografer untuk mendampingi para turis dalam melakukan perjalanan wisata mereka.

3. Rental kendaraan menuju dan di kawasan wisata

sewa-kendaraan-untuk-wisata
Ilustrasi usaha sewa kendaraan wisata dari mobillombok.com

Peluang usaha yang lain yakni dengan membuka jasa rental kendaraan. Ini juga sudah banyak dilakukan oleh masyarakat di sekitaran tempat wisata biasanya. Mereka menyewakan sepeda motor, mobil jib, mobil elf, bus pariwisata dan beberapa jenis kendaraan lainnya. Usaha seperti ini tentu sangat menjanjikan, apalagi jika musim liburan tiba, biasanya pemesanan sewa kendaraan akan mengalami lonjakan pesanan.

4. Mendirikan penginapan dekat tempat wisata

Kalau Anda memiliki modal yang cukup besar, Anda bisa membuka atau mendirikan sebuah penginapan di sekitar tempat wisata. Ini juga termasuk jenis usaha yang tidak ada matinya. Karena sebuah tempat wisata biasanya akan selalu di datangi pendatang yang membutuhkan sebuah penginapan untuk bermalam di tempat wisata tersebut.

5. Membuka toko oleh-oleh

ilustrasi-toko-oleh-oleh-di-tempat-wisata
Ilustrasi toko oleh-oleh wisata by iklantravel.com

Seorang turis saat pulang dari tempat wisata biasanya akan membeli oleh-oleh. Tentu saja ini mereka lakukan agar mempunyai kenangan dari moment wisata yang sudah dilakukan. Dari kondisi tersebut tentu membuka sebuah toko oleh-oleh di sekitar tempat wisata merupakan sebuah ide bisnis yang cukup bagus. Apalagi jika modal Anda kuat bisa menyediakan oleh-oleh lengkap mulai dari jenis makanan, baju daerah hingga cenderamata, pasti akan sangat laris.

6. Penjualan tiket tour and travels

Anda juga bisa berjualan tiket tour and travels sebagai peluang usaha yang cukup menguntungkan di bidang pariwisata. Untuk membuka sebuah agen tiket pun sekarang sangat mudah karena semua bisa dilakukan serba online dan Anda bisa melakukannya juga di ecomerce atau situs jual beli online. Usaha jual beli tiket juga bisa dilakukan dengan membuka sebuah loket tiket di tempat wisata jika ingin lebih maksimal lagi.

7. Mendirikan event organizer

Mendirikan sebuah perusahaan atau team event organizer untuk menangani paket wisata juga bisa. Ini adalah ide bisnis di bidang wisata yang termasuk dalam usaha pelayanan dan usaha kreatif. Biasanya EO akan menangani sebuah rombongan untuk perjalanan wisata pulang-pergi, melakukan outbong atau bisa juga sekaligus memandu wisata para turis. Mendirikan event organizer di bidang pariwisata bisa Anda dirikan asalkan mempunyai team yang sama-sama berminat dan memiliki potensi di bidang pariwisata. Selama pelayanan yang diberikan memuaskan, pasti akan mudah terkenal dan mendapatkan banyak pelanggan.

Itu tadi sobat beberapa rangkuman dari saya mengenai peluang usaha di bidang pariwisata yang cukup menjanjikan. Semoga saja ini bisa bermanfaat untuk Anda, demikian dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "7 Peluang Usaha Di Bidang Pariwisata Dengan Hasil Yang Menjanjikan"

Berlangganan via Email