Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

7 Macam Peluang Usaha Di Bidang Pendidikan Yang Tidak Ada Matinya

Daftar Isi [Tampil]

Aldanpost.com - Masuk pada materi peluang usaha di bidang pendidikan. Yakni sebuah usaha yang meliputi penjualan produk atau jasa yang berhubungan dengan dunia pendidikan. Biasanya ini juga akan berhubungan dengan sekolahan, baik itu tingkatan SD, SMP maupun tingkatan SLTA.

Mungkin banyak orang yang mengira kalau bisnis atau usaha di bidang pendidikan kurang menguntungkan. Sehingga untuk bisnis di bidang yang satu ini lebih rendah tingkat persaingannya. Kebanyakan lebih memilih berbisnis online shop, atau berjualan yang sifatnya umum. Padahal yang namanya kebutuhan di dunia pendidikan akan terus ada dari waktu ke waktu. Dan kalau Anda tertarik untuk menekuninya, kali ini saya akan mencoba merangkumkan beberapa peluang usaha tersebut untuk Anda.

7 Peluang Usaha Di Bidang Pendidikan


peluang-usaha-di-bidang-pendidikan


1. Mengadakan les privat

Peluang usaha di bidang pendidikan yang pertama bisa dengan mengadakan atau memberikan les privat kepada Anak sekolah. Dalam menjalankan usaha yang satu ini bahkan Anda bisa menjalankannya sendiri secara langsung. Yakni dengan membuka iklan untuk melayani pemberian les privat. 

Tentu Anda harus mempunyai basic pelajaran atau keahlian tertentu untuk diberikan kepada anak didik les privat Anda. Misalkan saja Anda ahli dalam matematika atau bahasa inggris. Dan biasanya pihak orang tua akan lebih percaya jika Anda memiliki sebuah prestasi akademik atau lulusan akademik yang tinggi, dengan begitu orang tua akan bersedia memakai jasa les privat untuk anaknya kepada Anda.

2. Jualan seragam sekolah

Peluang usaha yang kedua adalah dengan menjual seragam sekolah. Yang namanya seragam sekolah pastilah seorang anak sekolah akan terus mengganti seragam mereka. Dari sinilah penjualan seragam sekolah akan terus berlangsung. Alangkah lebih baik jika Anda bisa menjalin kerjasama dengan sekolah tententu untuk mengadakan kerjasama pengadaan seragam sekolah tersebut. Dengan begitu pasti akan lebih mudah dalam menjual seragam sekolah.

3. Jualan ATK untuk anak sekolah

Peluang yang selanjutnya adalah dengan menjual alat tulis seperti buku tulis, buku gambar, dan berbagai macam alat tulis lainnya. Seperti yang kita lihat sekarang untuk penjualan ATK ini juga akan terus dibutuhkan dari waktu ke waktu. Asalkan Anda pandai dalam menjalin relasi bisnis untuk menjual ATK pasti akan lebih cepat laku. Oh ya, jangan lupakan juga untuk menjual ATK tersebut melalui marketplace seperti shopee dan sejenisnya untuk memaksimalkan penghasilan Anda. 

4. Membuka lembaga kursus komputer

Peluang usaha di bidang pendidikan yang selanjutnya adalah dengan membuka sebuah lembaga kursus bidang keahlian tambahan. Salah satunya adalah membuka kursus komputer untuk Anak sekolah. Biasanya kursus komputer akan sangat dibutuhkan karena di sekolah tidak membahas secara detail mengenai ilmu komputer jika tidak mengambil jurusan komputer. 

Sebenarnya untuk menjalankan sebuah kursus komputer ini bisa dengan 2 cara. Bisa Anda memberikannya dalam bentuk privat secara langsung kepada siswa atau bisa juga dengan membuka sebuah Lembaga Pendidikan Ketrampilan atau LPK.

5. Menyediakan jasa antar jemput anak sekolah

Peluang usaha yang selanjutnya adalah dengan menyediakan jasa antar jemput anak sekolah. Usaha jasa seperti ini juga sudah banyak dijalankan. Biasanya untuk antar jemput anak di sekolah PAUD. Mereka menjalin kerjasama dengan pihak sekolah untuk menyediakan jasa antar jemput anak sekolah dari rumah masing-masing dan mengantarnya kembali sampai ke rumah masing-masing. Atau bisa juga dengan menyediakannya secara langsung dengan cara Anda mencari pelanggan untuk melakukan antar jemput anak sekolah juga bisa. 

6. Membuka lembaga kursus bahasa asing

Mendirikan sebuah lembaga kursus juga bisa dilakukan sebagai salah satu peluang usaha di bidang pendidikan. Apalagi jika Anda memiliki basic atau kemampuan dalam bahasa asing tertentu. Saat ini cukup banyak yang membutuhkan lembaga kursus seperti kursus bahasa inggris dan bahasa jepang. Karena kedua bahasa tersebut sangat berguna ketika nanti setelah lulus sekolah untuk mendapatkan pekerjaan. Anda bisa mengambil peluang tersebut apabila Anda memiliki keahlian di bidang bahasa asing.

7. Membuka usaha fotocopy

Peluang usaha yang selanjutnya adalah dengan membuka sebuah usaha fotocopy. Yang namanya fotocopy biasanya orang-orang dari sekolahan akan membutuhkannya, baik itu siswa maupun guru sekalipun. Jika Anda ingin memulai usaha fotocopy tentu harus memiliki persiapan yang cukup. Mulai dari alat-alat fotocopy sampai dengan cara menjalankan usaha tersebut.

Nah itu tadi sobat beberapa peluang usaha di bidang pendidikan yang bisa Anda jalankan. Asalkan Anda tahu bagaimana cara memulai, mempromosikan, mejalankan usaha tersebut pastinya akan menjadi sebuah usaha yang tidak ada matinya. Tentu dikarenakan pendidikan akan terus berlangsung dari waktu ke waktu. Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bisa memberikan manfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "7 Macam Peluang Usaha Di Bidang Pendidikan Yang Tidak Ada Matinya"

Berlangganan via Email