Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Afiliasi Pemasaran, Contoh Dan Cara Melakukan Afiliasi

pengertian-afiliasi-pemasaran

Aldanpost.com - Kalau sobat sedang mencari pengertian dari affiliasi pemasaran dan masih bingung untuk mendapatkan arti yang sebenarnya. Maka kali ini Anda berkunjung ke situs yang tepat, karena disini saya akan mencoba menjelaskannya dengan cara yang mudah dipahami untuk pemula.

Pengertian Afiliasi Pemasaran

Afiliasi pemasaran adalah sebuah sistem pemasaran yang memanfaatkan orang lain untuk memasarkan kembali produk atau jasa yang di iklankan oleh sebuah perusahaan tertentu. Bisa diartikan bahwa seorang yang menjalankan afiliasi dari perusahaan tertentu, artinya dia menjadi perantara antara perusahaan dan konsumen.

Masih belum paham ? Baiklah akan saya perjelas lagi. Bahwa ketika seseorang menjalankan afiliasi pemasaran maka memasarkan kembali produk orang lain dengan mendapatkan sebuah komisi. 

Afiliasi pemasaran biasanya dijalankan via online dengan menggunakan sistem link afiliasi agar lebih mudah untuk menyebarkannya. Sering disebut juga dengan link refferal.

Contoh Afiliasi Pemasaran

Agar sobat lebih paham lagi saya akan memberikan beberapa contoh afiliasi pemasaran yang sudah berjalan sekarang. Afiliasi pemasaran yang secara tidak langsung sudah terjadi di lapangan adalah sistem makelar, ketika seseorang menjualkan produk orang lain dan dia mendapatkan komisi atau bayaran, disitu sebenarnya sudah ada yang namanya afiliasi pemasaran.

Kalau contoh untuk perusahaan besar di dunia yang menjalankan afiliasi pemasaran adalah amazon.com. Perusahaan Amazaon memberikan komisi kepada siapa saja yang mau merekomendasikan amazon kepada pengguna atau pembeli.

Contoh untuk afiliasi pemasaran yang ada di Indonesia juga banyak. Misalkan saja beberapa perusahaan penyedia hosting seperti niagahoster juga menerapkan sistem yang sama. Beberapa perusahaan asuransi seperti prudential juga merupakan contoh afiliasi pemasaran.

Cara Melakukan Afiliasi Pemasaran

Baiklah sobat, jika Anda tertarik lebih jauh mengenai dunia afiliasi dan Anda ingin mendapatkan uang dari cara melakukan afiliasi pemasaran. Silahkan ikuti beberapa langkah berikut ini :

1. Pilih Perusahaan Atau Pihak Yang Menyediakan Afiliasi Pemasaran

Cara yang pertama adalah memilih terlebih dahulu perusahaan atau pihak afiliasi yang ingin Anda jalankan. Dalam memilih inipun jangan asal-asalah. Pehatikan beberapa hal berikut ini :

  • Pastikan perusahaan penyedia afiliasi bisa dipercaya
  • Ambil Afiliasi yang sesuai dengan pashion Anda agar lebih mudah menjalankannya
  • Ambil afiliasi yang mempunyai bayaran besar biar Anda semangat memasarkannya
  • Pilih jaringan affiliasi yang bisa menjamin jangka panjang
Dengan beberapa pertimbangan diatas saya kira cukup sebagai pertimbangan Anda dalam menentukan jenis afiliasi mana yang Anda pilih.

2. Pahami Kinerja Produk Atau Jasa Di Dalam Afiliasi Pemasaran 

Yang kedua setelah Anda selesai memilih, pahami sampai tuntas mengenai seluk beluk afiliasi pemasaran yang Anda jalankan. Mulai dari spesifikasi, keunggulan produk dan hal-hal lain terkait dengan afiliasi yang hendak Anda jalankan.

Kalau Anda sudah paham tentunya Anda akan lebih mudah dalam menjelaskannya kepada calon pelanggan Anda. Jangan sampai Anda tidak menguasai tentang produk atau jasa tersebut dan dinilai oleh calon konsumen kurang profesional.

3. Mulai Melakukan Promosi Afiliasi Yang Anda Jalankan

Setelah Anda sudah paham barulah mulai melakukan promosi afiliasi pemasaran Anda ke banyak orang. Promosi tentu saja paling efektif melalui media online. Mulai dari sosial media rajin melakaukan sharem kemudian bergabung pada grup-grup online dan juga beberapa forum.

Buatlah akun media sosial dengan akun asli, akun merk atau yang menandakan bahwa Anda adalah seorang profesional dalam menjalankan afiliasi tersebut. Jadi jangan cuma asal share yang dianggap orang-orang sebagai tindakan spamming.

Kalau Anda ingin terlihat profesional dalam menjalankan sebuah afiliasi tentu saja Anda harus membuat website khusus guna memasarkan afiliasi yang Anda jalankan sekarang ini. Buatlah sebuah branding afiliasi Anda dengan nama yang mudah diingat dan lakukan pula optimasi dari segi artikel dan juga lakukan Optimasi SEO yang maksimal. Dengan menggunakan website pula Anda akan lebih mudah dalam meraih kepercayaan pelanggan dan tentu saja akan lebih mudah mengembangkan afiliasi pemasaran Anda.

4. Mendapatkan Pelanggan Dan Menghasilkan Uang Dari Jaringan Afiliasi 

Kemudian jika Anda sudah melakukan beberapa point diatas, sekarang waktunya anda melanjutkannya dengan mendapatkan pelanggan dan juga mulai menghasilkan uang. 

Tentu saja tidak semudah itu dalam prakteknya karena Anda akan diuji konsistensi dalam melakukan promosi itu sendiri. Tidak bisa sehari dua hari langsung menghasilkan tapi mungkin butuh waktu berbulan-bulan hingga tahunan baru berhasil.

Makanya dalam menjalankan bisnis afiliasi pemasaran butuh sebuah kreatifitas bagaimana Anda menarik perhatian orang-orang dan akhirnya menggunakan jaringan afiliasi Anda selain itu harus sabar, tekun dan juga konsisten.

Demikian sobat penjelasan kali ini mengenai pengertian afiliasi pemasaran, contoh afiliasi pemasaran dan juga cara melakukan afiliasi pemasaran itu sendiri. Semoga bisa memberikan sebuah manfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Pengertian Afiliasi Pemasaran, Contoh Dan Cara Melakukan Afiliasi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel