Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Bisnis Waralaba Atau Franchise Beserta Contohnya

Daftar Isi [Tampil]

Halo sobat Aldanpost.com, kali ini saya ingin membahas seputar pengertian bisnis waralaba atau franchise, cara menjalankannya beserta dengan contohnya. Yang mana bisnis waralaba ini cukup banyak dijalankan termasuk di Indonesia. Kemudian bisnis ini juga bisa menjadi solusi yang bagus bagi penyedia waralaba dan juga bagi seorang wirausahawan baru yang sama-sama mendapatkan keuntungan. 

Seorang penyedia waralaba akan membesarkan nama bisnisnya lebih cepat dan tentu saja meningkatkan penghasilan, sedangkan seorang yang menjalankan waralaba bisa segera menjalankan usaha dengan sebuah sistem yang sudah terbentuk dan tinggal memikirkan bagaimana memperbanyak keuntungan.

Pengertian Bisnis Waralaba Atau Franchise Beserta Contohnya


pengertian-waralaba-franchise

Apa Itu Waralaba Atau Franchise?

Waralaba dalam bahasa inggris adalah franchising, dan itu berasal dari bahasa prancis yakni franchise yang artinya adalah hak atau kebebasan

Bisa diartikan bahwa waralaba adalah sebuah hak penggunaan atas merk atau usaha yang sudah berjalan. Jadi ketika seseorang menjalankan bisnis waralaba itu artinya menjalankan merk atau usaha yang sebelumnya sudah berjalan.

Bisa diartikan juga bahwa waralaba adalah sebuah kerjasama dengan orang yang sudah memiliki usaha dan menjadi sub bagian dari usaha tersebut dengan kendali penuh.

Sampai disini sudah paham pengertian waralaba?

Sederhananya saja dalam lingkup yang lebih kecil ketika seseorang mempunya ide jualan bakso keliling, kemudian orang tersebut mencukupi alat, desain gerobak, tempat, bahan dan semuanya kemudian ketika sudah siap, usaha tersebut dijalankan orang lain, itu juga sudah masuk dalam kategori waralaba.

Masih belum jelas? Ada lagi contoh lain ketika sebuah sudah punya merk terkenal, kemudian ada orang yang ingin menjalankan usaha yang sama di tempat baru dengan merk tersebut kemudian sudah menjalin kerjasama dan mendapatkan izin menjalankannya, itu juga disebut dengan waralaba atau franchise.

Bagaimana Cara Menjalankan Waralaba Atau Franchise?

Bagi sobat yang tertarik saya akan melanjutkan yakni bagaimana cara menjalankan bisnis waralaba atau franchise ini. Ada beberapa langkah yang bisa Anda jalankan :

1. Mencari Jenis Waralaba Yang Cocok

Langkah pertama adalah mencari dulu waralaba apa yang sekiranya cocok untuk Anda jalankan. Beberapa pertimbangan tentu harus Anda fikirkan, antara lain :

  • Pilihlah bisnis waralaba yang sesuai dengan keahlian Anda
  • Pilihlah waralaba atau franchise yang mempunyai prospek bagus
  • Pilihlah waralaba yang sesuai dengan modal Anda
  • Pilihlah waralaba yang mendukung dengan tempat, situasi dan beberapa faktor lain yang ada pada diri Anda
  • Pilihlah waralaba yang cocok sistem kerjasamanya dengan Anda.
Dari beberapa pertimbangan diatas, sobat akan menemukan jenis waralaba yang paling tepat.

2. Mengajukan Kerjasama Bisnis Waralaba

Langkah selanjutnya adalah mengajukan kerjasama dengan si penyedia waralaba. Disini Anda harus benar-benar paham dengan bagaimana sistem kerjasama dan perjanjian yang Anda buat dengan pemberi waralaba ini. Biasanya disini juga proses pembayaran atau deposit juga akan berlangsung, jadi jika ingin menjalin kerjasama waralaba pastikan juga sobat sudah menyiapkan dananya.

3. Mulai Menjalankan Waralaba Dan Mendapatkan Hasil

Baru setelah itu Anda bisa mulai menjalankan bisnis waralaba tersebut. Disinilah tantangan Anda baru dimulai, yakni bagaimana cara meningkatkan penjualan, bagaimana caranya mengembangkan bisnis dan sebagainya demi mendapatkan hasil.

Kalau pilihan waralaba Anda tepat pasti akan lebih mudah untuk menjalankan dan mengembangkannya. Makanya dari awal harus pandai menilai mana waralaba yang paling bagus untuk Anda kembangkan saat ini.

Contoh Bisnis Waralaba Atau Franchise

Agar sobat lebih paham lagi saya akan berikan beberapa contoh sistem waralaba yang ada di Indonesia dan sudah berjalan. Secara garis besar waralaba di bedakan menjadi 2 kalau dari segi modal, yakni waralaba modal kecil dan waralaba modal besar.

Contoh waralaba modal kecil adalah beberapa jenis kerjasama usaha yang tidak memerlukan modal terlalu besar. Biasanya nominal deposit kerjasamanya berkisar dibawah 10 juta atau dibawah 5 juta. Waralaba modal kecil tersebut seperti : 

  • Waralaba Ayam Geprek
  • Waralaba Fried Chiken
  • Waralaba Pertamini
  • Waralaba Bublle Tea
  • Waralaba  Kebab
  • Waralaba Es krim 
  • Dan beberapa kerjasama waralaba lain dengan modal kecil

Kemudian untuk jenis waralaba kedua dari segi modal adalah jenis waralaba modal besar. Tentu saja disini memerlukan deposit uang yang lumayan besar entah itu puluhan juta, bahkan ratusan juta rupiah. Contoh waralaba modal besar antara lain :

  • Waralaba Starbucks
  • Waralaba Indomart
  • Waralaba Apotek K24
  • Franchise KFC
  • Franhsice Atau Waralaba Pizza Hut
  • Dan beberapa perusahaan lain yang membuka waralaba

Dari sini Anda sudah mulai banyak gambaran mengenai bisnis waralaba atau franchise ini. Yang paling penting adalah jeli dalam melihat peluang sehingga mendapatkan jenis waralaba yang paling pas dan bisa cepat memberikan keuntungan untuk Anda.

Demikian sobat pembahasan kali ini mengenai pengertian bisnis waralaba beserta contohnya. Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Pengertian Bisnis Waralaba Atau Franchise Beserta Contohnya"

Berlangganan via Email