Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian Testimoni Beserta Kegunaan Testimoni Dalam Berbisnis

Daftar Isi [Tampil]

Halo sobat Aldanpost.com, kali ini saya ingin membahas mengenai pengertian testimoni beserta kegunaan testimoni dalam menjalankan sebuah bisnis kita. Dimana ini sangat penting sekali sebagai sebuah trust atau kepercayaan bagi pelaku bisnis.

Jika sobat ingin sukses dalam berbisnis, maka penting untuk mengumpulkan testimoni. Karena dengan banyaknya kesaksian yang masuk menandakan bahwa sobat mendapatkan feedback atau respon dari para pelanggan atau pembeli dari produk atau jasa yang sobat jual.

Sobat sendiri pasti pernah mencarinya, ketika ingin membeli atau memakai sebuah jasa yang baru, biasanya akan mencari informasi terlebih dahulu kepada yang sudah pernah menggunakan produk atau jasa tersebut, nah proses yang satu ini bisa disebut dengan mencari testimoni agar sobat yakin untuk membeli.

Pengertian Testimoni Beserta Kegunaan Testimoni 

pengertian-testimoni-dan-kegunaan-testimoni

Apa Itu Testimoni ?

Arti kata testimoni sendiri berasal dari kata testimonial jika dalam bahasa inggris. Bisa dikatakan kalau dalam bahasa indonesia testimoni adalah sebuah kesaksian, review dan juga sebuah ulasan atau suatu objek. Jika dalam bisnis jual beli, testimoni adalah sebuah kesaksian dan ulasan dari pembelian atau pemakaian sebuah produk atau jasa.

Dari sini sobat tentu sudah paham mengenai hal ini. Dan lanjut pada testimoni yang bagus adalah testimoni yang jujur dan tidak dibuat-buat atau direkayasa. Dengan testimoni yang jujur baik itu penjual atau pembeli akan mendapatkan dampak yang positif.

Kegunaan Dan Manfaat Testimoni Dalam Berbisnis

Lanjut pada kegunaan testimoni atau manfaat testimoni dalam menjalankan sebuah bisnis atau usaha, baik itu penjualan produk, jasa atau penyewaan produk atau jasa atau juga bisnis pelayanan, kegunaan dan manfaatnya antara lain :

1. Testimoni Bisa Meningkatkan Kepercayaan Kepada Pelanggan Baru

Yang pertama kegunaan dan manfaat terstimoni bisa meningakatkan kepercayaan calon pelanggan atau pelanggan baru. Seperti yang sudah saya sampaikan diatas, ketika kita ingin membeli produk yang baru dan belum kita tahu seluk beluknya, maka kita mencari testimoni. Setelah mendapatkan testimoni kita bisa memutuskan dan lebih yakin atas produk yang hendak kita beli.

Jadi semakin banyak sobat memiliki testimoni akan semakin bagus guna menarik pelanggan baru mudah percaya pada bisnis yang sobat jalankan.

2. Testimoni Bisa Sebagai Sarana Promosi Otomatis

Yang kedua kegunaan dan manfaat testimoni adalah sebagai sarana promosi yang otomatis. Karena sebuah kesaksian orang didalamnya secara tidak langsung mempromosikan produk atau jasa kita.

Makanya penting bagi kita untuk menjaga kualitas agar banyak mendapatkan testimoni positif, dengan begitu promosi juga akan terbantu berjalan dengan sendirinya.

Ini cukup efektif bahkan bisa lebih bagus jika promosi dalam wujud kesaksian orang-orang daripada penawaran dari marketingnya secara langsung karena kesaksiannya bisa lebih dipercaya.

3. Testimoni Bisa Menjadi Bahan Evaluasi Bagi Pelaku Bisnis

Selanjutnya testimoni bisa menjadi sebuah bahan untuk kita sebagai pelaku bisnis. Penting bagi kita untuk mendapatkan testimoni yang jujur, termasuk jika ada kekurangan pelanggan mau memberikan ulasan mengenai kekurangan tersebut. Yang akhirnya testimoni tersebt bisa kita jadikan sebuah bahan untuk memperbaiki dan menjalankan sesuatu yang lebih baik di hari berikutnya.

Maka jangan kesal atau marah dan menyembunyikan testimoni yang negatif. Justru kita harus menanggapinya dengan baik, meminta maaf, memberikan apresiasi lalu kita menjadikan testimoni kekurangan tersebut untuk menjadikan bisnis kita lebih baik kedepannya.

4. Testimoni Sebagai Portofolio Bisnis

Selanjutnya yang namanya testimoni bisa menjadi sebuah portofolio bisnis. Bisa kita susun dari waktu ke waktu, kesaksian seperti apa saja yang kita dapatkan. Kita susun secara rapi sebagai deretan portofolio perkembangan bisnis yang kita jalankan. 

Suatu saat testimoni ini akan sangat berguna bagi perkembangan bisnis yang kita jalankan. Mulai dari kegunaannya untuk promosi, mendapatkan klien atau partnet bisnis. Kemudian suatu saat jika kita membutuhkan modal investor akan lebih percaya kalau kita memiliki portofolio yang lengkap.

5. Banyak Testimoni Bisa Memepercepat Perkembangan Bisnis

Selanjutnya dari beberapa point diatas, testimoni bisa memberikan dampak bagi percepatan perkemangan bisnis kita. Karena banyak testimoni bisnis kita akan lebih cepat di kenal banyak orang, tidak cuma dikenal saja tapi juga terpercaya. Yang akhirnya bisnis kita menjadi lebih cepat berkembang.

Sebuah PR bagi kita pelaku bisnis adalah bagaimana cara mendapatkan banyak testimoni itu sendiri. Tips nya mungkin harus banyak yang beli terlebih dahulu, atau bisa juga kita memberikan beberapa produk kita secara gratis untuk mendaptkan testimoni tersebut. Kemudian buatlah sebuah apresiasi kepada para pelanggan kita agar mereka juga bersedia memberikan testimoni. Dengan mendapatkan banyak testimoni, maka seluruh manfaat diatas bisa kita dapatkan.

Demikian sobat mengenai pengertian testimoni beserta kegunaan testimoni dalam berbisnis. Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Pengertian Testimoni Beserta Kegunaan Testimoni Dalam Berbisnis"

Berlangganan via Email