Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Template Web dengan Custom Web yang Mesti Diketahui

Daftar Isi [Tampil]

Perbedaan Template Web dengan Custom Web yang Mesti Diketahui – Di era internet seperti sekarang ini, memang sepertinya sudah tidak akan bisa lepas dari kehadiran website. Bukan tanpa alasan karena website ini merupakan andalan bagi banyak orang untuk bisa mendapatkan informasi yang terkini. Tidak heran apabila kemudian  banyak orang yang berlomba-lomba untuk bisa membuat website untuk berbagai kebutuhan mereka.

Seperti yang diketahui bahwa untuk bisa membuat website ini maka ada dua cara yang bisa dilakukan. Dua cara tersebut adalah dengan menggunakan template web dan juga custom web. Tentunya setiap cara tersebut memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Untuk itulah sebelum Anda memilih menggunakan cara yang mana maka ketahui terlebih dulu perbedaan di antara keduanya. Bagi Anda yang belum tahu, berikut ini penjelasannya.

Perbedaan template web dengan custom web

Perbedaan Template Web dengan Custom Web

Proses Pembuatan

Perbedaan template web dengan custom web yang pertama adalah dari proses pembuatannya. Seperti yang diketahui bahwa tentunya dalam pembuatan web ini tentunya membutuhkan waktu sebelum akhirnya menjadi sebuah website. Diawali dengan template web yang bisa dibilang proses pembuatannya terbilang cukup mudah. Hal tersebut karena template web ini memang tersedia bebas di internet dan Anda juga pastinya bebas dalam memilihnya

Nantinya Anda hanya tinggal mengatur grafik, warna maupun tatak letaknya saja. Jadi tidak heran apabila proses pembuatannya memang terbilang cepat dan juga mudah. Lain cerita bagi Anda yang memilih menggunakan custom web. Untuk proses pembuatan custom web jelas akan memakan waktu yang lebih lama. Kenapa begitu? Sederhana saja, karena Anda harus membangun website benar-benar dari nol tanpa adanya template dasar apapun.

Waktu Pembuatan

Waktu pembuatannya ternyata adalah perbedaan template web dengan custom web yang berikutnya. Diawali untuk pembuatan website menggunakan custom web maka waktu pembuatannya terbilang cukup singkat. Biasanya waktu pembuatannya sendiri hanya membutuhkan waktu beberapa hari saja. Tergantung kustomisasi website yang akan dilakukan. Apabila kostumisasi tersebut tidak rumit maka proses pembuatannya juga akan lebih cepat.

Sedangkan untuk custom web maka waktu pembuatannya akan berkali lipat lebih lama daripada template web. Hal tersebut tidak lepas karena ketika custom web ini maka proses pembuatan web maka harus dimulai benar-benar dari nol. Tidak heran apabila kemudian proses pembuatannya akan memakan waktu yang cukup lama. Biasanya proses pembuatannya sendiri akan memakan waktu hingga berbulan-bulan lamanya.

Biaya Pembuatan

Membicarakan website tanpa membicarakan biaya pembuatannya pastinya akan terasa mustahil. Apalagi perbedaan template web dengan custom web ini juga menyangkut biaya pembuatannya. Ternyata dua cara ini memiliki perbedaan biaya pembuatan yang cukup mencolok. Diawali dengan template web yang biaya pembuatannya tergolong sangat terjangkau. Soalnya harganya masih murah dan bahkan ada beberapa template web yang dibagikan gratis.

Lain untuk costum web yang tentunya membutuhkan biaya pembuatan yang tergolong tinggi. Alasan utamanya adalah karena Anda harus menyewa jasa web designer atau web developer untuk merancang sebuah website khusus Anda. Harga tersebut juga sangat variatif tergantung dengan kualitas jasa yang dipesan dan kerumitan desain website yang diinginkan. Semakin rumit desainnya maka bisa dipastikan bahwa harga yang mesti dikeluarkan juga semakin tinggi.

Kendali Tampilan

Tampilan pastinya menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari sebuah website. Hal tersebut juga menjadi perbedaan template web dengan custom web dalam segi tampilan. Bagi Anda yang menggunakan template web pasti mengetahui bahwa tidak terlalu bisa mengotak-atik tampilan yang ada. Soalnya tampilan dari custom web adalah bawaan dan tidak bisa dikostumisasi sesuai keinginan Anda. Paling jauh Anda hanya bisa mengubah warna atau desainnya saja.

Beda cerita dengan custom web yang bisa dibilang, Anda memiliki kendali atas tampilan dari web tersebut. Jadi nantinya Anda bebas untuk menambahkan fitur, tata letak, desain, font ataupun banyak lainnya yang sesuai keinginan Anda. Bahkan dengan seiring waktu maka perubahan bisa terus Anda lakukan untuk mengikuti trend yang ada. Hal ini pastinya akan memberikan keuntungan yang lebih bagi Anda sebagai pemilik website.

Nilai Orisinalitas

Sedangkan perbedaan template web dengan custom web yang terakhir terletak pada nilai orisinalitas yang dimiliki. Sudah bisa dipastikan untuk custom web maka nilai orisinalitas tersebut tidaklah terlalu tinggi. Hal tersebut karena Anda menggunakan tempelan web yang pastinya juga sudah digunakan oleh banyak orang di luar sana.

Lain untuk custom web yang tentunya memiliki nilai orisinalitas tinggi. Alasannya adalah karena website tersebut dirancang dengan kekreatifan dan juga nilai estetika langsung dari pemiliknya. Hal tersebutlah yang kemudian membuat website tersebut terlihat unik dan juga memiliki kesan privat tersendiri.

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang perbedaan template web dengan custom web. Jadi nantinya akan lebih mudah bagi Anda menentukan pilihan dalam membuat website yang paling cocok.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Template Web dengan Custom Web yang Mesti Diketahui"

Berlangganan via Email