Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi 7 Plugin Wordpress Yang Wajib Diinstall dan Terbaik

Daftar Isi [Tampil]

aldanpost - Salah satu kelebihan WordPress sebagai CMS terfavorit adalah ketersediaan plugin yang cukup banyak. Saking banyaknya, mungkin beberapa orang merasa kesulitan untuk menentukan plugin wordpress yang wajib diinstal. Sebab, ada beberapa plugin dengan nama berbeda, tetapi memiliki fungsi sama. Atau mungkin terlihat sangat menarik, tetapi tidak terlalu dibutuhkan pada website.

Oleh karena itu, perlu pertimbangan khusus untuk memilih plugin yang sesuai dan benar-benar dibutuhkan. Kebanyakan plugin pun justru dapat membuat website menjadi lemot atau loading-nya lama. Hal ini tentu juga akan menghambat kinerja Anda, bukan?

Plugin Wordpress Yang Wajib Diinstal dan Terbaik

Rekomendasi Plugin Wordpress Yang Wajib Diinstal

Plugin adalah sebuah kode software yang diinstal ke dalam aplikasi atau website untuk memberikan fungsi tambahan. Berikut adalah beberapa rekomendasi plugin wordpress yang wajib diinstal:

1. Yoast SEO

Sesuai dengan namanya, Yoast SEO merupakan sebuah plugin yang berfungsi untuk mengoptimalkan konten yang dibuat. Dengan fitur ini, Anda dapat menganalisa serta mengevaluasi konten, berikut dengan kelemahannya. Oleh karena itu, Yoast SEO menjadi salah satu plugin wordpress yang wajib diinstal oleh sebuah situs. 

Sebab, cakupan SEO seringkali berubah-ubah sesuai dengan perkembangan zaman. Di sini, Yoast SEO akan membantu Anda untuk menunjukkan tampilan konten di mesin pencari (seperti traffic light). Plugin ini dapat Anda peroleh secara gratis atau versi premium yang dibandrol seharga 69 USD.

2. Jetpack

Jetpack merupakan plugin yang dapat meningkatkan fungsionalitas sebuah website. Mulai dari mengamankan website, memperlihatkan traffic online, hingga mengawasi kinerja situs. Beragam fungsi dalam satu plugin, sangat menarik, bukan?

Menariknya, beragam fitur tersebut dapat Anda nikmati secara gratis, berikut peluang untuk menjalin interaksi dengan pengunjung. Plugin ini juga menyediakan versi premium yang menawarkan scanning keamanan dan backup tambahan. Tentu sangat wajar, jika Jetpack menjadi salah satu plugin wordpress yang wajib diinstal. 

3. WooCommerce

WooCommerce termasuk jenis plugin wordpress yang wajib diinstal bagi website yang akan digunakan untuk jualan online atau e-commerce. Sebab, plugin ini akan memudahkan Anda untuk membuat penawaran kepada pelanggan di seluruh negara, sehingga jangkauan pemasarannya lebih luas.

Menariknya, WooCommerce juga terhubung dengan berbagai ekstensi maupun plugin lain, serta menyediakan beberapa opsi pembayaran. Dengan struktur yang mudah digunakan, WooCommerce sangat ramah bagi pengguna baru, karena gampang untuk diinstal dan disetup. 

4. Keyy Two Factor Authentication

Salah satu risiko terbesar dari dunia online adalah maraknya tindak pelanggaran keamanan atau hacking. Oleh karena itu, Key Two Factor Authentication atau 2FA masuk ke dalam daftar plugin wordpress yang wajib diinstal. Bagaimana caranya?

Saat 2FA sudah berhasil terinstall, Anda dapat mengunduh aplikasi yang sesuai di smartphone dan login menggunakan akun yang dimiliki. Setelah itu, buatlah nomor pin pribadi maupun merekam sidik jari. Jika nanti ada oknum tidak bertanggung jawab berusaha masuk ke akun Anda, maka akan muncul notifikasi atau pemberitahuan.  

5. Imagify Image Optimizer

Kecepatan loading merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh pemilik website. Hal ini menjadi PR tersendiri, terutama bagi website yang memang digunakan untuk berbisnis atau berjualan. Sebab, keberadaan gambar dapat membuat kecepatan load semakin berkurang.

Oleh karena itu, Imagify Image Optimizer wajib dimiliki oleh para pebisnis. Dengan plugin ini, Anda dapat melakukan compress sekaligus restore gambar hanya dengan satu tool saja. Untuk mendapatkan pelayanan tanpa batas dan berkualitas, pilihlah produk premiumnya. 

6. Contact Form 7

Pengelolaan kontak pada website bisnis merupakan hal yang penting, terutama kontak dari pelanggan potensial. Dengan plugin Contact Form 7, Anda dapat memasukkan dan mengelola beragam form yang sudah dimodifikasi ke dalam website.

Tak hanya itu, Contact Form 7 juga memungkinkan Anda agar lebih mudah dalam menerima pesan maupun saran dari pelanggan. Hebatnya lagi, plugin ini juga mampu menjamin keamanan kotak masuk dari spam yang menggunakan sistem Captcha serta Akismet. 

7. UpdraftPlus

Backup data merupakan suatu keharusan bagi pemilik website, agar saat terjadi sesuatu yang tidak diinginkan file tetap dalam kondisi aman. Salah satu plugin wordpress yang wajib diinstal dan terpopuler dalam hal backup data, yaitu UpdraftPlus. 

Plugin ini menyediakan fitur backup data yang terjadwal dan secara otomatis akan membawanya ke beragam opsi penyimpanan. Tak hanya email saja, tetapi juga Dropbox maupun Google Drive. Tak perlu cemas, karena untuk mem-backup atau restoration data, Anda cukup melakukannya hanya dalam satu klik saja. 

Demikian 7 rekomendasi plugin wordpress yang wajib diinstal yang akan membantu untuk mengoptimalkan website Anda. Usahakan untuk selalu mencari informasi terlebih dahulu sebelum memasang plugin, karena kesalahan pemilihan justru dapat memperburuk kinerja website. 

Posting Komentar untuk " Rekomendasi 7 Plugin Wordpress Yang Wajib Diinstall dan Terbaik"

Berlangganan via Email