Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebutkan Ciri-ciri Seorang Wirausahawan ! Ini Penjelasannya

Aldanpost.com - Kalau diminta untuk sebutkan ciri-ciri seorang wirausahawan seharusnya Anda sudah tahu, apalagi jika Anda sendiri ingin menjalankan sebuah usaha sendiri. Karena dengan begitu Anda akan tahu sifat dan karakter seperti apa yang harus Anda miliki selama nanti Anda menjadi seorang wirausahawan.

Wirausahawan adalah seorang pelaku atau pihak yang menjalankan sebuah usaha dan akan menghapi banyak tantangan di dalamnya. Kalau tidak mempunyai bekal karakter dan juga ciri yang kuat pastinya akan mudah gagal atau mungkin terkalahkan dalam persaingan wirausaha itu sendiri. Beberapa cirinya akan saya jelaskan pada kesempatan kali ini untuk menjadi sebuah pembelajaran bersama.

8 Ciri-ciri seorang wirausahawan


sebutkan-ciri-ciri-seorang-wirausahawan


1. Wirausahawan berani mengambil resiko

Ciri-ciri yang pertama seorang wirausahawan harus memiliki sifat dan sikap yang berani mengambil resiko. Yang mana sebuah usaha sendiri merupakan langkah yang penuh tidak kepastian, resiko gagal dan juga kerugian bisa dialami seorang wirausahawan setiap saat setiap waktu.

Namun dengan seorang wirausahawan yang berani mengambil resiko, dia juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan hal yang dia inginkan. Yakni peluang penghasilan yang lebih besar dan juga kemandirian hidup tanpa harus bergantung kepada orang lain lagi.

2. Wirausahawan berfikir viksioner jauh kedepan

Ciri-ciri yang kedua seorang wirausahawan adalah pemikirannya yang mampu viksioner. Artinya bahwa seorang wirausahawan tidak cuma mementingkan hari ini atau waktu dekat saja. Bahkan seorang wirausahawan bisa berfikir jauh untuk masa depan dan juga masa tua mereka.

Pemikiran yang viksioner inilah yang membedakan bagaimana seorang wirausahawan dengan orang lain. Bahkan ini adalah pemikiran yang cukup jarang ditemukan pada orang yang memilih bekerja pada sebuah perusahaan tertentu.

3. Wirausahawan berani berinovasi dan berkreatifitas

Ciri seorang wirausahawan yang selanjutnya adalah berani melakukan inovasi dengan hal-hal baru dan juga dengan cara-cara baru mereka. Hal ini terbukti dengan munculnya banyak produk baru di pasaran dengan kreasi yang unik dari waktu ke waktu, dan itulah hasil kerja yang nyata dari para wirausahawan. 

Selanjutnya seorang wirausahawan juga dikenal dengan kreatifitasnya dalam menjalankan usaha mereka. Ya kalau tidak kreatif tentu saja seorang wirausahawan akan tersingkir dari persaingan dunia usaha.

Ini juga bisa menjadi sebuah contoh bagi Anda yang ingin menjalankan sebuah usaha, dimana Anda harus terus melakukan inovasi dan mampu kratif dengan ide-ide yang baru. Dengan begitu Anda akan menjadi yang terdepan dan memenangkan persaingan pasar.

4. Wirausahawan ulet, tekun dan tidak mudah menyerah

Salah satu ciri yang harus dimiliki seorang wirausahawan adalah ulet dan tekun. Yakni sebuah sikap dan sifat yang tidak gampang dikalahkan oleh kesulitan-kesulitan yang dihadapi dalam menjalankan sebuah usaha.

Karena memang yang namanya dunia usaha akan memberikan banyak sekali tantangan kepada wirausahawan. Kesulitan demi kesulitan akan datang kepada seorang wirausahawan. Dan dikala wirausahawan tidak mempunyai keteguhan pastinya akan mudah menyerah dan berhenti memperjuangkan usahanya.

5. Wirausahawan berusaha mandiri dan tidak tergantung pada orang lain

Sebuah ciri yang tidak boleh dilupakan dari seorang wirausahawan adalah kemandirian. Dikala banyak orang mengandalkan gaji bulanan dari orang lain atau tempat bekerja, namun wirausahawan tidak bergantung dengan hal tersebut. Dia akan mengandalkan dirinya sendiri dan juga penghasilannya sendiri.

Hal inilah yang menjadikan wirausahawan hingga mampu menghidupi dirinya sendiri bahkan mampu membayar orang lain dengan melakukan rekrut karyawan. Kalau tidak di dasari kemandirian yang kuat, semua hal tersebut tidak akan bisa terwujud.

6. Wirausahawan selalu berfikir positif dan optimis

Salah satu sifat dan juga karakter wirausahawan yang tidak boleh dilupakan adalah positif thinking dan selalu optimis terhadap apa yang ia lakukan. Dengan pemikiran yang positif inilah seorang wirausahawan bahkan bisa menciptakan sesuatu yang diluar dugaan orang-orang.

Banyak orang yang gagal untuk menjadi wirausahawan karena tidak memiliki sifat yang positif dan optimis. Kebanyakan mereka selalu berfikira negatif sehingga tidak banyak melakukan tindakan dan akhirnya pun gagal menjadi seorang wirausahawan.

7. Wirausahawan berjiwa pemimpin

Salah satu ciri yang cukup mencolok yang dimiliki seorang wirausahawan adalah jiwa kepemimpinan mereka. Di mulai dia yang bisa memimpin dirinya untuk menjadi mandiri, hingga bisa memimpin anak buah dan karyawan yang ia miliki.

Tentu saja hal ini tidak akan dimiliki oleh seorang pekerja yang cenderung diatur dan menurut pada bos atau atasan mereka. 

8. Wirausaha mempunyai kepercayaan diri yang kuat

Ciri-ciri seorang wirausahawan yang ke 8 adalah sifat percaya dirinya yang tinggi. Benar sekali, ketika seorang wirausahawan memulai sebuah usaha saja harus memiliki keyakinan dan juga kepercayaan diri yang bagus. Apalagi pada saat menjalankan usaha nanti, harus berhdapan dengan pelanggan, mitra, klien dan semua hal tersebut tentu harus dihadapi dengan pecaya diri yang baik.

Setelah kita mengetahui beberapa penjelasan dari sebutkan ciri-ciri seorang wirausahawan diatas. Maka untuk Anda yang ingin memulai menjalankan usaha, pastikan untuk memiliki ke 8 ciri tersebut. Dengan begitu Anda akan bisa menjadi seorang wirausahawan yang sukses dan berhasil. Demikian pembahasan kali ini, semoga bisa memberikan manfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Sebutkan Ciri-ciri Seorang Wirausahawan ! Ini Penjelasannya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel