Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Sejarah Hebat Moh Hatta Sebagai Proklamator Indonesia

Daftar Isi [Tampil]

Aldanpost - Sejarah Hebat Moh Hatta Sebagai Proklamator Indonesia – Kemerdekaan Indonesia tentunya tidak bisa dilepaskan dari sosok proklamator pada hari Kemerdekaan. Sosok proklamator tersebut adalah Ir. Soekarno dan Moh Hatta. Namun sayangnya, kebanyakan orang lebih mengenal sosok Soekarno daripada sosok Moh Hatta. Padahal peranan Moh Hatta untuk bisa memerdakan negara Indonesia tidak main-main dan juga tidak bisa dipandang sebelah mata.

Biasanya hal ini disebabkan karena masih banyak orang yang tidak mengenal sosok beliau ini. Untuk itulah, ada baiknya untuk mengetahui latar belakang dan juga sejarah yang beliau miliki. Supaya semakin banyak yang lebih mengenal beliau dan kemudian muncul rasa memahami terhadap tokoh bangsa yang satu ini. Bisa dimulai dengan menelaah dan juga membahas sejarah yang dimiliki oleh Moh Hatta sehingga membuatnya menjadi sosok yang hebat. 

Sejarah hebat Moh Hatta
Sejarah hebat Moh Hatta

Sejarah Hebat Moh Hatta Sebagai Proklamator

Masa Kecil Muhammad Hatta

Sejarah hebat Moh Hatta tentunya diawali dari masa kecil yang dimiliki oleh beliau. Beliau merupakan anak dari pasanagan Siti Saleha dan ayahnya H. Mohammad Djamil yang terkenal di kalangan ulama. Bukan keturunan ulama biasa tapi keturunan ulama langsung di Batuhampar Payakumbuh. Sedangkan ibunya sendiri adalah sosok yang dibesarkan dari keluarga pedagang di Bukittinggi. Kedua orang tuanya lah yang membimbingi sosoknya seperti sekarang ini.

Sejarah itu kemudian dilanjutkan dengan latar belakang pendidikan yang beliau miliki. Tidak bisa dipungkiri bahwa kepintaran beliau yang memang sudah diakui oleh banyak orang. Semuanya diawali ketika beliau belajar di Sekolah Dasar Melayu Fort de Kock yang berada di Minangkabau. Setelah menyelesaikan pendidikan dasarnya maka beliau kemudian melanjutkan di Europeesche Lagere School atau lebih dikenal ELS yang berada di Padang.

Perjalanan Politik Moh Hatta

Seperti yang diketahui bahwa sosok Moh Hatta dikenal sebagai pribadi yang cerdas dalam berpolitik dan hadir sebagai tokoh politik yang dijadikan panutan. Tidak heran apabila sejarah hebat Moh Hatta akan selalu berhubungan dengan perjalanan politik yang beliau lalui. Perjalanan politik beliau sudah dimulai sejak dini lebih tepatnya ketika beliau sekolah di Meer Uirgebreide Lagere School. Aktivitas politik yang beliau lakukan juga tidak main-main.

Bayangkan saja, di usia yang masih remaja ternyata Moh Hatta sudah bergabung dengan Perserikatan Jong Sumatranen Bond Region Padang. Tidak berhenti sampai di situ saja, karena perjalanan politik beliau masih dilanjutkan di bangku perkuliahan. Hal tersebut dibuktikan dengan beliau yang bergabung dengan Indische Vereeniging yang merupakan sebuah organisasi pelajar tanah air pada sekitar tahun 1922. Jabatan beliau juga bukanlah sembarangan.

Soalnya beliau langsung mengemban tugas sebagai seorang bendahara dan pastinya mendapatkan kepercayaan dari banyak pihak. Organisasi ini ternyata perlahan semakin mendapatkan banyak dukungan dan kemudian semakin besar saja. Terbukti tidak lama kemudian tokoh terkenal seperti Suwardi Suryaningrat, Douwes Dekker hingga Tjipto ikut bergabung dalam organisasi ini. Sesuatu yang menambah panjang sejarah hebat Moh Hatta.

Semakin besarnya organisasi ini jelas membuat organisasi ini memberikan dampak dan pengaruh tersendiri terhadap dunia perpolitikan di Indonesia. Dampak dari semakin besarnya organisasi ini juga dirasakan langsung oleh Moh Hatta. Hal tersebut terlihat dari beliau yang beberapa kali menjadi wakil Indonesia untuk acara konferensi internasional. Sambil tentunya, beliau tidak melupakan tujuan utamanya yaitu memperjuangkan kemerdekaan negara Indonesia.

Mendampingi Sosok Soekarno

Ir. Soekarno dan Muh Hatta sepertinya adalah dua sosok yang tidak bisa dipisahkan antara satu sama lain. Bahkan sejarah hebat Moh Hatta juga dipengaruhi oleh kehadiran Soekarno yang berada di sisinya. Duet tersebut dimulai ketika peristiwa terjadinya pasukan Belanda yang menyerah pada pasukan Jepang. Pasukan Jepang yang melihat kesempatan kemudian menggoda Moh Hatta untuk mengisi kursi penasehat bagi pihak mereka.

Namun ternyata Moh Hatta menolak tawaran tersebut dan lebih memilih untuk bergabung dengan PPKI. PPKI sendiri adalah Panita Persiapan Kemerdekaan Indonesia yang menjadikan Ir. Soekarno sebagai ketuanya sebagai Moh Hatta sebagai wakil ketuanya. Perisitwa yang paling bersejarah tentunya ketika mereka berdua diculik di Rengasdengklok untuk kemudian merancang kemerdekaan Indonesia.

Sejarah hebat Moh Hatta memang selalu berhubungan dengan perjuangannya dalam mendapatkan hingga mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Contohnya seperti pada tahun 1948 ketika tentara Belanda mencoba melakukan penjajahan kembali. Langkah pencegahan yang dilakukan oleh beliau adalah dengan menghadiri Konferensi Meja Bundar yang diadakan di Den Hag, Belanda. Semuanya dilakukan semata untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Namun ternyata hubungan antara Muh Hatta dengan Ir. Soekarno tidak selamanya berjalan mulus. Puncaknya adalah ketika pada tahun 1956 ternyata Moh Hatta mengambil keputusan serius yaitu mundur dari Wakil Presiden. Keputusan besar diambil oleh Moh Hatta karena pemikirannya sudah semakin tidak sejalan dengan Presiden Soekarno. Terutama ketika Presiden Soekarno memutuskan untuk memasukan konsep komunis di dalam badan pemerintahan.

Mampu Menggerakan Media Massa

Selama ini banyak orang yang mengenal sosok Moh Hatta sebagai intelektual politik semata. Mungkin belum banyak yang tahu bahwa sejarah hebat Moh Hatta tidak bisa dilepaskan dari statusnya sebagai seorang penulis. Hal tersebut terbukti dengan beliau yang beberapa kali menulis artikel koran lokal hingga majalah nusantara. Ketajaman menulis beliau dimanfaatkan untuk membantu perjuangan Indonesia dalam mendapatkan kemerdekaannya waktu itu.

Bahkan beliau juga sempat tergabung dengan Club Pendidikan Nasional yang memiliki visi yaitu memberikan wawasan politik kepada warga Indonesia yang mayoritas masih amatir pada saat itu. Caranya adalah dengan beliau menuliskan berbagai artikel opini tentang politik yang ada di Indonesia. Hal ini juga berguna untuk melakukan kritik terhadap berbagai kebijakan politik yang dianggap menyudutkan atau merugikan negara Indonesia pada masa penjajahan waktu itu.

Mendukung Ekonomi Kerakyatan

Sepertinya Moh Hatta memang memiliki kepedulian tingkat tinggi terhadap kesejahteraan masyarakat Indonesia. Kepedulian inilah yang kemudian membuat sejarah hebat Moh Hatta menjadi terus diingat oleh banyak orang di negara ini. Moh Hatta membuktikannya dengan mendukung sepenuhnya pergerakan koperasi yang ada di Indonesia. Bukan tanpa alasan karena pergerakan koperasi ini dianggap akan membantu kesejahteraan yang dimiliki warga Indonesia.

Pembuktian yang dilakukan oleh Moh Hatta adalah dengan melakukan bimbingan kepada berbagai pihak agar koperasi ini bisa berjalan lancar. Hal tersebut tidak lepas karena Moh Hatta percaya bahwa koperasi ini sangat cocok kultur masyarakat Indonesia yang memang suka melakukan gotong royong. Konsep gotong royong inilah yang nantinya akan bisa membantu roda ekonomi negara dengan sikap saling saling bahu membahu.

Untuk dedikasinya tersebut, Moh Hatta mendapatkan gelar Bapak Koperasi Indonesia pada tahun 1953. Pengangkatan Moh Hatta ini terjadi pada Kongres II Bandung karena berbagai perjuangan yang telah dilakukan. 

Nama Moh Hatta memang akan selalu mewangi di negara Indonesia. Apalagi mengingat sejarah hebat Moh Hatta yang memang tidak ada habisnya. Diharapkan dengan mengetahui detail sejarahnya maka banyak orang yang terinspirasi akan sosoknya yang mengabdikan hidup dan pemikirannya untuk Indonesia.

Posting Komentar untuk "Sejarah Hebat Moh Hatta Sebagai Proklamator Indonesia"

Berlangganan via Email