Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Sunan Gunung Jati

Daftar Isi [Tampil]

alhuda14.net - Sejarah Sunan Gunung Jati Sebagai umat islam yang sangat menghormati sejarah itu kita pasti sudah mengetahui tokoh wali songo. Mereka adalah pejuang yang membawa agama allah di Indonesia. Pada saat itu mereka melawan penjajah untuk bisa pada akhirnya agami slam tersebar luaskan.

Salah satu tokoh wali songo di daerah jawa barat itu sangat terkenal. Beliau adalah Sunan gunung jati. Jadi pada dasarnya dakwah beliau ini sudah menjangkau ke seluruh nusantara. Tetapi memang lebih di kenal Ketika masuk ke dalam daerah kesultanan Cirebon. Beliau di kenal sebagai pendakwah dan juga pahlawan. simak juga Wali Songo

Sejarah sunan gunung jati
Sejarah sunan gunung jati

Biografi Sunan Gunung Jati

Sejarah sunan gunung jati ini perlu untuk anda ketahui, khususnya yang beragama islam. Perlu diketahui bahwa nama aslinya itu Syarif hidayatullah. Beliau lahir pada tahun 1448 masehi. Memiliki orang tua yang bernama syarif Abdullah umdatuddin bin ali nurul alim dan nyai rara santang. Ayah dari syarif hidayatullah ini merupakan orang yang berpengaruh di Cirebon, tepatnya di kesultanannya.

Sunan gunung jati ini sempat akan memimpin kerajaan. Tetapi, beliau lebih memilih ingin menyebarkan agama islam. Maka dari itu disini awal mula beliau pergi keseluruh nusantara untuk menyebarkan agama islam. Namun, memang sunan gunung jati lebih dominan untuk menyebarkan islam di tanah jawa.

Sejarah sunan gunung jati itu sangat harum di area tanah jawa. Hal ini dikarenakan pada zaman dahulu memang beliau memiliki banyak pengetahuan yang berguna. Jadi ternyata tidak hanya ilmu agama saja yang di kuasai beliau. Sunan gunung jati juga memiliki ilmu kedokteran, bahasa, dan juga ahli dalam politik serta peperangannya.

Jadi memang kondisi kala itu beliau sangat di butuhkan oleh masyarakat. Berkat keilmuan yang dimilikinya, sunan gunung jati ini tidak jarang di datangi orang untuk memeriksa kesehatannya. Jadi masyarakat sudha percaya bahwa sunan gunung jati di utus oleh tuhan untuk menjadi sosok penting di tanah jawa.

Sejarah sunan gunung jati dalam kisah cintanya itu bermula dari keraguan pada beliau oleh kaisar pada waktu itu. Kaisar tidak percaya bahwa beliau memiliki ilmu dan kesaktian yang begitu luar biasa. Maka dari itu kaisar ingin mengujinya dengan beberapa tantangan dan juga pertanyaan. Luar biasanya beliau mampu menyelesaikannya dengan baik.

Tantangan kaisar yang mampu di selesaikan dengan baik itu menghasilkan sebuah pernikahan. Jadi sunan gunung jati menikahi putri kaisar yang bernama putri nyi ong tin nio. Putri kaisar ini di tuntun oleh belieu untuk masuk islam. Lalu di ikuti oleh prajurit perang kekaisaran yang menguji beliau.

Dakwah Sunan Gunung Jati

Sejarah sunan gunung jati itu tidak luput dari kisah perjalanan dakwahnya. Beliau menggunakan dakwah yang pintar dan juga melalui penyesuaian cerdas. Maka tidak heran Ketika perang pun beliau masih bisa untuk menyebarkan agama islam lewat dakwahnya. Beliau menjadi panutan Ketika memperjuangkan kesultanan Cirebon.

Beliau menyebarkan agama islam dengan berbagai macam akulturasi dan juga kegiatan di daerah setempat. Pada saat itu sunan gunung jati melakukannya dengan menggelar seni gamelan. Lalu beliau mengatakan bahwa siapapun yang ingin melihat dirinya bermain gamelan itu harus syahadat terlebih dahulu. Dengan begitu akan ada banyak warga setempat yang masuk islam.

Sejarah sunan gunung jati juga tidak luput dari campur tangan portugis kala itu. jadi hal ini yang membuat program dakwah beliau sedikit mengalami kesulitan. Masa ini terjadi saat pendirian kesultanan banten. Peristiwa tersebut juga di ikuti oleh jatuhnya sunda kelapa. Jadi bisa dibilang disini salah satu masa sulit beliau dalam menyebarkan agama island di nusantara, khususnya banten.

Kecerdasan beliau dalam berbagai macam ilmu itu sangat di kagumi oleh siapapun saat itu. hingga pati unus pun berhasil di bimbing oleh sunan gunung jati Ketika peperangan melawan portugis. Pada akhirnya dengan strategi dan jiwa kepemimpinan beliau yang luar biasa, portugis mundur dalam peperangan.

Sejarah sunan gunun jati itu berlanjut Ketika beliau pulang dari Makkah Bersama anaknya yang bernama Maulana hasanuddin. Beliau dengan anaknya memiliki karakter dakwah yang halus juga ramah. Maka dari itu hal ini tak jarang mendapatkan perhatian dan juga perlakuan yang baik dari orang sekitar.

Mereka berdua mampu benar-benar membuat pergi bangsa portugis dari banten. Lalu setelah itu juga dakwahnya berlanjut sehingga banyak masyarakat banten yang masuk islam secara sukarela. Saat itu juga anak dari sunan gunung jati itu menjadi sultan banten di tahun 1552 untuk meneruskan perjuangan sunan gunung jati.

Keilmuan yang bisa diambil dari sunan gunung jati

Sejarah sunan gunung jati ini sempat mengalami ketegangan yang cukup parah ketika mulai ada paham Kristen. Tanah jawa sempat di datangi penjajah yang sukses menguasai daerah maluku. Mereka berhasil menguasai maluku terlebih dahulu sebelum akhirnya menanamkan paham kristenisasi di tanah jawa.

Pada akhirnya berkat usaha sunan gunung jati beserta muridnya, maka portugis pergi dari tanah jawa. Jadi mereka tidak berhasil menguasai tanah jawa. Tetapi setelah itu juga beliau mengalami kesulitan ketika menghadapi masyarakat yang ternyata mayoritas pemeluk ajaran tiong hoa dari etnis china.

Sejarah sunan gunung jati ini berlangsung lumayan lama. Kebanyakan dakwahnya itu menganut akulturasi yang sangat tinggi. jadi beliau mampu menyesuaikan agama islam yang akan di ajarkan dengan nilai-nilai yang ada di tempat. Maka dari itu beliau menggunakan dakwah dengan cara ajaran lokal.

Beliau juga menanamkan ajaran moh limo yang selalu melekat dalam dakwahnya di nusantara. Dalam Bahasa jawa moh limo itu artinya tidak lima. Jadi jika di jelaskan secara keseluruhan artinya tidak melakukan lima hal yang dilarang oleh Allah.

Sejarah sunan gunang jati itu menghasilkan ajaran moh limo dengan isi:

  1. Moh mabuk yang artinya tidak untuk mabuk.
  2. Moh main yang artinya tidak berjudi.
  3. Moh madon yang artinya tidak main perempuan.
  4. Moh madat yang artinya nyandu.
  5. Moh maling yang artinya tidak mencuri.

Pada kenyataannya bahwa ajaran moh limo ini sangat melekat pada ajaran sunan gunung jati. Ternyata ajaran ini lan salah satu senjata yang dimiliki oleh beliau dalam menyebarkan ajaran islam di nusantara. Mengingat sunan gunung jati itu mengalami keadaan yang berbeda dalam penyebaran agama islam di banding dengan wali songo lainnya.

Maka dari itu sejarah sunan gunung jati memiliki tantangan tersendiri dalam penyebarannya. Dengan alasan seperti itu beliau berhasil menjalankan mandatnya untuk menyebarkan agama islam di nusantara. Selain dari pengalamannya dalam berdakwah, ternyata beliau berperan dalam memperjuangkan negara Indonesia. simak juga tentang Soekarno 

Jadi bisa dibilang bahwa beliau itu merupakan salah satu pahlawan negara Indonesia yang bergerak di sector agama. Namun, perannya itu tidak hanya dakwah. Sejarah sunan gunung jati ini menjawab bahwa toleransi merupakan kunci utama dalam berdakwah.

Posting Komentar untuk "Sejarah Sunan Gunung Jati"

Berlangganan via Email