Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Strategi Pemasaran 4P dan Contohnya Lengkap

Aldanpost.com - Ada sebuah istilah dalam strategi pemasaran yakni disebut dengan strategi pemasaran 4P yang artinya adalah product, price, promotion dan place. Keempat unsur ini bisa dijalankan ketika seseorang menjalankan sebuah promosi atau pemasaran dalam bisnis yang dijalankan.

Strategi pemasaran 4P ini sendiri ditemukan dan dipopulerkan oleh neil borden pada tahun 1950. Meskipun setelah itu banyak pengembangan dari 4P ini menjadi istilah 5P dan 8P, namun pada dasarnya tetap menggunakan dasar utama strategi pemasaran 4P.

Baiklah pada kesempatan kali ini kita akan mencoba membahas satu persatu dari P yang dimaksud dalam strategi pemasaran yang satu ini. 

Penjelasan Kandungan Pemasaran 4P


strategi-pemasaran-4p


1. Product  

4P yang pertama adalah product kalau dalam bahasa indonesia artinya adalah produk atau barang. Yang dimaksuda disini adalah sebuah strategi pemasaran harus memperhatikan produk atau barang yang dipasarkan itu sendiri.

Dengan memperhatikan sebuah produk yang dipasarkan dan dicari keunggulannya, maka akan mempermudah dan membantu mensukseskan proses pemasaran yang berlangsung.

Dalam hal ini setiap pelaku usaha tentu saja harus memperhatikan kualitas produk yang mereka jual. Semakin berkualitas sebuah produk, maka pelaku usaha tersebut akan mudah dalam mempromosikannya.

2. Price

4P yang kedua adalah price, yang artinya adalah harga. Dalam sebuah strategi pemasaran yang bagus harus bisa memainkan harga dengan baik. Bila harga yang dipasang bisa bersaing di pasaran, tentu saja bisa lebih mudah memenangkan pemasaran.

bicara mengenai harga, seorang pelaku usaha memang harus tahu betul kapan waktu yang tepat untuk menaikkan atau menurunkan harga barang. Dengan pengaturan harga yang baik maka produk pun akan lebih mudah di pasarkan dan terntunya bisa menjadi lebih mudah untuk terjual.

Apalagi di tengah masyarakat kita sekarang ini sangat senang sekali apabila mendapatkan harga murah. Setiap kali ada diskon pasti disitu ada banyak sekali transaksi. Disinilah seorang pelaku usaha harus pintar memainkan harga tersebut untuk menarik perhatian pasar.

3. Promotion

4P yang ketiga adalah promotion yang artinya promosi. Sebenarnya point ketiga ini bisa mencakup keseluruhan dari pembahasan semua kategori 4P. Akan tetapi lebih khusus lagi adalah pada cara melakukan promosi itu sendiri. Mulai dari bagaimana menargetkan promosi yang tepat, dan keahlian dalam menawarkan kepada pelanggan.

Tentu saja seseorang yang bisa melakukan promosinya dengan maksimal, maka orang tersebut akan lebih sukses dalam strategi pemasaran. Makanya buat Anda yang sedang menekuni sebuah bisnis atau usaha, penting bagi Anda untuk terus belajar bagaimana trik promosi yang efektif dan efisien.

4. Place 

4P yang ke empat adalah place yang artinya adalah tempat. Tempat yang dimaksud disini ada 2 arti, yakni tempat menjalankan usaha dan penempatan barang atau pengiriman. 

Bicara mengenai tempat, tentu saja seseorang bisa menjalankan usaha dengan maksimal apabila pemilihan lokasi strategis dan sesuai dengan produk yang dijual.

Kemudian dalam proses pengiriman barang pun harus diperhatikan dengan baik agar bisa menjaga kepuasan klien atau pelanggan. Dengan begitu keseluruhan strategi pemasaran pun bisa berjalan maksimal dan bisa berhasil.

Contoh Penerapam Strategi Marketing 4P

Penerapan 4P yang banyak dilakukan oleh perusahaan sebenarnya ada banyak sekali contohnya. Secara garis besarnua bagi siapa saja yang melakukan 4 hal diatas berarti juga sudah menerapkan strategi pemasaran 4P. 

Contoh penerapan 4P dalam sebuah usaha atau perusahaan :

" Seorang pengusaha melakukan pemasaran dengan menonjolkan atau mengunggulkan kualitas produk mereka. Lalu mereka juga melakukan pemberian diskon untuk memberikan harga yang lebih menarik agar bisa menarik pasar. Dia juga memperhatikan bagaimana cara tenaga marketingnya dalam melakukan promosi. Selain itu pelaku usaha tersebut juga memastikan penempatan lokasi strategis dan juga memberikan pelayanan pengiriman yang cepat".

Diatas adalah sebuah contoh dari strategi pemasaran 4P. Lalu manfaat menggunakan strategi yang satu ini pun ada banyak sekali, beberapa diantaranya antara lain :

  • Agar pemasaran berjalan maksimal dan berhasil sesuai target yang ditentukan
  • Memaksimalkan pemasaran sehingga menghemat anggaran dalam promosi
  • Bisa mempercepat pengenalan produk kepada masyarakat umum
  • Memberikan citra yang bagus dan profesional kepada perusahaan yang menggunakan strategi pemasaran yang satu ini.
  • Untuk meningkatkan omset dan memajukan usaha atau perusahaan
Setelah melihat penjelasan mengenai strategi pemasaran 4P dan contohnya diatas, saya yakin Anda makin paham bahwa sebuah pemasaran akan maksimal dan menghasilkan apabila memanfaatkan semua unsur yang ada dalam sebuah usaha itu sendiri. Demikian penjelasan dari saya, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Pengertian Strategi Pemasaran 4P dan Contohnya Lengkap"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel