Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teladan Bisnis Dari Rasulullah Nabi Muhammad SAW Yang Perlu Kita Contoh

Aldanpost.com - Sebagai umat muslim yang baik, teladan bisnis yang paling cocok untuk kita adalah Rasulullah Nabi Muhammad SAW, dengan begitu kesuksan dan keberkahan akan menyertai bisnis yang kita jalankan saat ini.

Di dalam menjalankan sebuah bisnis kadang kita banyak lupa banyak hal penting. Karena terburu akan keuntungan materim kadang sampai banyak orang melupakan seberapa berkah rezeki yang di dapatkan. Maka dari itu sesama pebisnis muslim sudah sepantasnya kita saling mengingatkan agar menjadi keberuntungan di dunia maupun di akhirat kelak.

Kali ini saya ingin mengajak sobat mengulas beberapa kepribadian Nabi Muhammad SAW ketika berdagang, dan tentunya hal-hal ini bisa memberikan kita sebuah pelajaran dan juga tauladan yang baik.

Teladan Bisnis Dari Rasulullah Nabi Muhammad SAW



Teladan-bisnis-dari-Rasulullah
Foto : Mohlimo.com


1. Rasulullah Selalu Jujur Dalam Berbisnis

Yang pertama kita mulai dari kejujuran Rasulullah. Banyak diceritakan dalam buku dan juga Alquran, bahwa ketika berdagang, Rasul bahkan jujur berapa Beliau membeli barang dan hendak menjualnya dengan harga berapa.

Kejujuran seperti sangatlah langka, bahkan zaman sekarang banyak yang harus berpura-pura mendapatkan harga mahal sehingga bisa menjualnya dengan harga yang mahal pula. 

Setidaknya kita bisa belajar untuk lebih jujur lagi di hari yang akan datang, dan minimal tidak melakukan penipuan atau manipulasi timbangan, karena hal tersebut meskipun tidak terlihat, maka hasilnya akan menjadi uang yang tidak berkah dan bisa haram.

2. Mengutamakan Keberkahan Rejeki

Rasulullah SAW adalah orang dipilih sebagai Kekasih Allah karena mengutamakan kebaikan. Dalam hal ini menjalankan perintah dan juga menjauhi laranganNya. Apalagi dalam berdagang tentu beliau hanya menjual barang yang halal dan dengan cara yang halal pula, jadi meskipun sedikit akan tetapi sangat berkah.

Yang perlu kita ketahui sobat, yang namanya rejeki berkah itu akan menyehatkan kita, membuat hidup kita tenang dan juga bisa mencukupi meskipun dipandang dari nilai ukurannya kadang kecil. Maka dari itu sudah sepantasnya kita menjauhi cara-cara curang, sabotase, tidak sportif dan cara tidak terpuji lainnya dalam menjalankan sebuah bisnis.

3. Rasulullah SAW Sederhana Dan Tidak Terobsesi Keuntungan Semata

Teladan selanjutnya adalah kesederhanaan belia baginda Nabi Muhammad SAW, perilaku beliau tidak semata-mata berdagang untuk keuntungan materi semata, selain mengutamakan keberkahan, dalam menggunakan keuangan pun sederhana dan tidak berlebihan. Selain itu beliau berdagang juga sambil menyebarkan agama islam atau sambil berdakwah, jadi bukan hanya untuk uang saja.

Meskipun kita tidak bisa seperti beliau, setidaknya kita berusaha untuk menanamkan sebuah misi sosial, amal atau misi kebaikan lainnya dalam kita berbisnis, InsyaAllah bisnis kita akan menjadi lebih bermanfaat.

4. Rasulullah Sopan Dalam Berinteraksi Saat Dagang

Kesopanan beliau dalam berbisnis menjadikan mudah disukai pembeli. Ini juga sebuah contoh yang baik mengenai cara kita melayani pelanggan kita. Seperti beliau yang bertutur kata sopan dan enak di dengar oleh para calo pembelinya.

Kalau kita bisa berusaha mencontoh, pastinya kita bisa menjadi lebih baik dan ikhlas dalam memberikan pelayanan maksimal dalam berbisnis.

5. Rasulullah Gemar Melakukan Sedekah

Sedekah adalah sebuah tindakan dimana kita mengamalkan sesuatu kepada orang lain. Dan hal ini juga yang sering diamalkan Baginda Nabi Muhammad SAW. Yakni mengutamakan menyedekahkan harta yang beliau dapatkan minimal sebesar 2,5%.

Kalau saja kita bisa belajar meneladaninya, ini sangat bermanfaat untuk hidup kita baik dunia maupun akhirat kelak. Membesihkan dan menjadikan rejeki kita berkah, mengundang pahala, dan juga menjadi sebuah penyelamat bagi kita di kemudian hari nanti jika mendapatkan doa-doa tulus saat kita melakukan sedekah.

6. Bisa Dipercaya Dan Dedikasi Tinggi

Sebuah dedikasi dalam berbisnis juga banyak diceritakan dalam kisah-kisah Rasulullah. Beliau senantiasa bisa dipercaya ketika mendapatkan pesanan bisnis apapun. 

Dan tentu saja hal ini sebuah contoh baik bagi kita. Selama kita masih bisa dipercaya orang lain, maka selama itu rejeki dan peluang akan banyak menghampiri kita.

7. Pendekatan Personal Yang Baik

Sebuah pendekatan personal yang baik tentu saja harus kita lakukan dalam berbisnis. Dan itu juga yang sudah dilakukan oleh Rasulullah dalam beliau berdagang, mendengarkan dengan baik apa yang diutarakan calon pembeli, sopan dan juga ramah menjadi Rasulullah mudah disukai calon pembeli.

Pendekatan personal tersebut juga bisa kita contoh dalam kita berbisnis. Ibaratkan kita itu berusaha mendapatkan hati calon pembeli atau klien kita. Dengan begitu akan mudah dia untuk sepakat membeli.

Lengkah sudah sebenarnya sebuah tauladan yang di berikan Rasulullah SAW kalau kita mau belajar menirunya. Tentu ini akan bermanfaat bukan cuma untuk bisnis yang kita jalankan, namun juga untuk menjadikan hidup kita menjadi lebih baik lagi.

Demikian sobat penjelasan dari saya mengenai teladan bisnis dari Rasulullah, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Teladan Bisnis Dari Rasulullah Nabi Muhammad SAW Yang Perlu Kita Contoh"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel