Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tutorial Cara Menggunakan XAMPP Untuk Membuat Website

Daftar Isi [Tampil]

Tutorial Cara Menggunakan XAMPP Untuk Membuat Website-Untuk berkecimpung di dunia digital sangat penting akan pembuatan website. Website ini memiliki banyak fungsi yang sangat berguna. Website ini sangat berguna untuk berjualan online shop, atau pun website yang memperkenalkan produk atau kantor.

Penjualan online akan semakin terdorong penjualannya dengan menggunakan website. Website ini bisa dibaca oleh banyak orang dimanapun dan kapanpun tidak terbatas ruang dan juga waktu. Dalam pembuatan website pun bisa dibuat dengan menggunakan XAMPP. Apakah XAMPP ini, akan dijelaskan lebih jelas sebagai berikut.

cara menggunakan XAMPP untuk membuat website

Pengertian XAMPP

Sebelumnya akan dijelaskan lebih lanjut mengenai XAMPP ini, maka ada baiknya kita mengetahui apakah yang dimaksud dengan XAMPP. XAMPP adalah merupakan  aplikasi perangkat lunak open source yang berhubungan tentang pengelolaan server yang dirancang  oleh Apache Friends. 

Fungsi XAMPP

Sebelum anda mengetahui mengenai cara menggunakan XAMPP untuk membuat website, ada baiknya kita mengetahui apa sajakah fungsi dari XAMPP. Sebagai Aplikasi  XAMPP digunakan untuk membuat server sendiri. Mengapa demikian. Ketika Anda ingin merancang sebuah website dan juga menjalankan  serangkaian pengetesan, cara paling mudah yaitu adalah secara online. Jika ingin membuatnya secara offline, Anda hanya perlu membuat server terlebih dahulu.

Pahami Kontrol Panel XAMPP

Dalam XAMPP juga ada kontrol panel. Kontrol panel XAMPP bermanfaat bagi anda untuk bisa mengkontrol semua program yang ada di dalamnya. Hal ini juga membuat Anda dapat , menjalankan atau menghentikan beberapa cara berbeda misalnya seperti Apache dan MySQL.

Kali ini akan dibahas secara lengkap tentang cara menggunakan XAMPP untuk membuat website , dengan tutorial menggunakan Apache dan MySQL untuk melakukan WordPress yang terbentuk mencakup   PHP dan database MySQL.

Tutorial Cara Menggunakan XAMPP

Untuk cara menggunakan XAMPP untuk membuat website sangatlah mudah, Anda hanya harus mengunduh XAMPP melalui website Apache Friends, lalu jalankanlah instalasi dan jelaskan modul yang akan dipakai dengan mengklik tombol start. Berikut ini akan dijelaskan lebih lengkap.

1.      Instalasi XAMPP

Installah  XAMPP di Windows melalui website Apache Friends. Jika download selesai, instalas  XAMPP, yaitu klik kanan di file instalasi dilanjutkan pilih Open. Cara menggunakan XAMPP untuk membuat website ini cepat dan gampang.

Saat instal akan nampak kotak dialog  yang memberikan pilihan bahwa anda ingin instal atau tidak, Selanjutnya klik Ok/Yes untuk meneruskan  instalasi cara menggunakan XAMPP untuk membuat website Berikutnya akan terlihat aplikasi yang akan Anda instal dan yang tidak Anda inginkan untuk diinstal. Aplikasi akan masuk secara otomatis setelah diinstal dab berfungsi untuk menjalankan Website Apache dan PHP.

Apabila anda memiliki tujuan memakai XAMPP adalah untuk melakukan pembuatan website dengan  WordPress di localhost, harus diyakini untuk MySQL dan phpMyAdmin sudah dipilih  untuk cara menggunakan XAMPP untuk membuat website.

Lalu siapkan  folder untuk menyimpan aplikasi tersebut. Langkah berikut ini yaitu akan dijelaskan cara menginstalnya langsung di folder C:\XAMPP. Selanjutnya akan  nampak kotak dialog tentang menginstal Bitnami untuk XAMPP, berfungsi untuk melakukan instalasi beberapa CMS seperti WordPress, Drupal, dan Joomla.

Pada kali ini kita kan membahas tentang cara melakukan instalasi WordPress secara manual, jadi installer itu tidak diperlukan.Kemudian akan ada jendela dialog klik centang dan pilihlah next. Selanjutnya cara menggunakan XAMPP untuk membuat website,kita akan XAMPP telah siap untuk proses instalasi, pilihlah klik tombol Next

Jika telah selesai  terinstal, akan muncul pertanyaan tentang kontrol panel untuk disesuaikan, tahap ini akan menunjukan bahwa instal hampir selesai .Control panel akan muncul secara otomatis, tetapi jika Anda tidak memilih centang di halaman sebelumnya, jadi Anda perlu membuka langsung kontrol panel lewat start menu atau folder XAMPP di komputer Anda.

Jika instal sudah selesai, maka akan muncul tulisan biru dan hitam pada kolom bagian bawah di control panel. Mudah sekali cara menggunakan XAMPP untuk membuat website. Anda cukup mengikuti tutorialnya untuk mendapatkan website ini 

 Jalankan XAMPP

Jika telah berhasil membuat XAMPP tanpa masalah , anda sudah bisa menggunakannya. Jika keduanya telah berjalan tanpa error dan lancar silakan akses localhost melalui http://localhost atau 127.0.0.1 pada browser.

Cara menggunakan XAMPP untuk membuat website, sangat mudah untuk diikuti. Langkah-langkah yang dijelaskan sangatlah mudah diikuti , sehingga anda dapat membuat website secara gratis. Semua bisa anda lakukan dengan mudah sekali. Namun penting pula bagi anda yang ingin membuat website sendiri untuk paling tidak mengerti tentang bahasa pemograman yang akan membuat anda mengerti dengan jelas bagaimana cara menggunakan Xampp untuk membuat website. Semoga artikel ini berguna bagi anda yang sedang membutuhkan informasi mengenai membuat website.

 

Posting Komentar untuk "Tutorial Cara Menggunakan XAMPP Untuk Membuat Website"

Berlangganan via Email