Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Usaha Toko Kelontong Sederhana Beserta Cara Mendirikannya

Aldanpost.com - Usaha toko kelontong sederhana adalah sebuah usaha menjual produk-produk kebutuhan sehari-hari dalam bentuk warung yang langsung di datangi masyarakat. Biasanya meliputi kebutuhan sederhana mulai dari makanan pokok, camilan, kebutuhan MCK, bumbu dan produk-produk lain yang sering dipakai dalam keseharian.

Jika Anda ingin mendirikan usaha toko kelontong, maka anda harus banyak belajar terlebih dahulu. Mulai dari pemilihan produk, supplier dan juga lokasi tempat usaha yang nanti di jalankan. Apalagi usaha toko kelontong untuk pemula harus memperhatikan beberapa petimbangan yang lebih matang agar tidak merugi ke depannya.


usaha-toko-kelontong-sederhana

Cara mendirikan usaha toko kelontong sederhana

Ada beberapa tahapan yang harus sobat ketahui untuk mendirikan sebuah toko kelontong sederhana agar kedepannya bisa sukses dan menghasilkan. Tahapan-tahapan tersebut antara lain :

1. Ketahui produk toko kelontong yang dibutuhkan masyarakat sekitar

Pelajari terlebih dahulu mengenai isi toko kelontong yang hendak Anda sediakan. Biasanya toko kelontong menjual apa saja, Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu di pasaran atau di tengah masyarakat. 

Daftar isi toko kelontong sendiri biasanya meliputi produk-produk berikut ini :

  • Kebutuhan pokok makanan, seperti : beras, bumbu dapur, kecap, saus, tepung, mie instan, dan yang lainnya
  • Peralatan MCK meliputi sabun mandi, detergen, sikat gigi, pasta gigi, dan sejenisnya
  • Aneka camilan dan snack ringan
  • Aneka minuman
  • Aneka peralatan perawatan seperti cukur, lotion dan yang lainnya
  • Dan masih banyak lagi produk yang lainnya
Dalam isi toko kelontong, semakin lengkap maka semakin bagus, karena Anda disini mencoba mencukupi kebutuhan masyarakat sekitar.

2. Mempersiapkan modal untuk mendirikan toko kelontong

Langkah selanjutnya setelah Anda mengetahui produk apa saja yang ingin dijual, maka Anda bisa menghitung berapa modal yang dibutuhkan. Disaat Anda hendak mengeluarkan modal, jika masih pemula tidak perlu memaksakan diri soal modal. Anda bisa menambahkan kelengkapan secara beratahap.

Banyak diluaran sana yang merintis toko kelontong dari kecil belum lengkap dan semakin hari jenis produknya semakin lengkap. Cara ini juga bisa Anda terapkan jika memang Anda tidak bermodal besar dalam menjalankan toko kelontong.

Bisa juga memilih usaha sampingan toko kelontong kalau belum memiliki cukup modal. Yakni menjalankan toko kelontong sambil bekerja yang lain. Dengan begitu hasil dari bekerja bisa untuk kebutuhan dan tidak mengganggu perkembangan keuangan dari usaha toko kelontong yang didirikan.

3. Memilih tempat yang strategis

Hal yang tidak kalah penting dalam mendirikan usaha toko kelontong adalah dari segi pemilihan tempat. Semakin strategis dan mudah di jangkau masyarakat maka akan semakin mudah melakukan penjualan.

Biasanya Anda juga begitu kan, untuk membeli sesuatu pastinya Anda akan memilih warung yang terdekat.

4. Mulai melakukan penjualan toko kelontong

Ketika semuanya sudah siap, baru Anda bisa memulai menjalankan toko kelontong yang Anda dirikan tersebut. Disini Anda bisa mulai melayani setiap pengunjung yang datang dan melakukan penjualan produk dalam warung kelontong milik Anda.

Cara meningkatkan omset toko kelontong

Setelah Anda mendirikan toko kelontong, Anda pasti bakalan kefikiran tentang bagaimana cara meningkatkan omset toko kelontong tersebut. Baiklah, perhatikan langkah-langkah berikut, antara lain :

Berikan pelayanan yang terbaik, karena dengan pelayanan yang menyenangkan pastinya pembeli akan merasa nyaman dan kembali berbelanja di tempat Anda lagi. Berikan sikap ramah dan bersahabat kepada setiap pembeli yang datang di toko kelontong Anda.

Tingkatkan omset dengan mendapatkan harga produk lebih murah. Selanjutnya adalah dapatkan harga yang lebih murah dari pasaran. Biasakan membeli barang dari pedagang besar atau grosir besar sekalian. Dengan harga beli yang lebih murah, pastinya Anda bisa menjualnya lebih murah pula. Dan ketika Anda bisa menjual lebih murah akan lebih cepat banyak terjual dan omset Anda akan meningkat.

Lakukan display dengan bagus toko kelontong Anda. Jangan lupa juga melakukan display toko dengan baik. Penataan yang rapi dan enak untuk dipandang akan membuat nyaman setiap pengujung yang datang. Dari sini juga Anda bisa cepat mendapatkan banyak pelanggan dan omset Anda lebih cepat meningkat.

Lakukan promosi toko kelontong dengan maksimal. Jangan lupa juga untuk terus melakukan promosi. Misalkan ada produk baru atau produk yang sedang diskon. Semakin rajin Anda melakukan promosi tentu saja semakin banyak yang tertarik untuk membeli produk-produk di toko kelontong Anda.

Jalin keakraban dengan masyarakat sekitar juga diperlukan. Biasanya seorang penjual toko kelontong yang populer dan akrab dengan masyarkat setempat akan disenangi banyak orang. Dan dari sini mereka akan lebih nyaman untuk berbelanja di tempat Anda. Jalin keakaraban bisa dengan banyak cara, misalkan aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial, kegiatan masyarakat dan juga perkumpulan-perlumpulan.

Demikian tadi sobat serangkaian mengenai pengertian dari usaha toko kelontong sederhana, cara mendirikan dan juga cara meningkatkan omset toko kelontong. Semoga bisa memberikan manfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Usaha Toko Kelontong Sederhana Beserta Cara Mendirikannya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel