Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Jitu Melihat Peluang Usaha Di Sekitar Kita

Aldanpost.com - Dengan mengetahui cara melihat peluang usaha, maka seseorang akan mudah memulai usaha atau bisnis karena mempunyai banyak pilihan dan usaha yang tepat. Banyak pasti orang yang hendak memulai bisnis bertanya-tanya. Apakah ada peluang bisnis di sekitar mereka. Dan bahkan sadar atau tidak sadar ternyata di sekitar kita selalu tersedia banyak peluang ketika kita bisa melihatnya. Asalkan Anda berusaha lebih peka saja intinya dengan waktum kondisi dan tempat yang Anda tempati sekarang, dari situ nanti Anda akan bisa melihat sebuah peluang. 

Cara melihat peluang usaha sebenarnya tidaklah sulit. Buktinya banyak diluaran sana yang hari ini juga memilih dan mendapatkan jenis usaha yang tepat untuk mereka. Nah, bagaimana dengan Anda? Kalau Anda tidak segera menemukan dan memulai, bisa-bisa Anda ketinggalan sama kompetitor Anda nanti. Dan kali ini kami akan memberikan beberapa tips dan saran buat Anda, agar Anda segera menemukan peluang usaha tersebut.

Cara Melihat Peluang Usaha


cara-melihat-peluang-usaha

1. Melihat peluang usaha dari potensi yang dimiliki

Jangan jauh-jauh dulu untuk mencari peluang usaha. Coba lihat potensi dalam dirimu terlebih dahulu. Jangan-jangan kamu memiliki keahlian dan bakat yang bisa kamu manfaatkan untuk menjalankan usaha tertentu. 

" Bagaimana kalau saya tidak memiliki bakat dan potensi? Terus mau usaha apa?" 

Percayalah bahwa setiap orang diciptakan dengan kelebihan masing-masing. Cobalah buat mencari dan menemukan potensi diri kamu. Dan dari situ juga sekaligus menemukan usaha apa yang tepat buatmu.

2. Melihat peluang dari lingkungan tempat tinggal

Yang kedua adalah dengan memperhatikan lingkungan tempat tinggal kamu sekarang. Coba kamu keluar dan memperhatikan lingkungan sekitar. Tanyakan pada dirimu kira-kira apa saja yang bisa kamu manfaatkan untuk menjalankan sebuah usaha.

Kemudian kamu lihat juga kebutuhan orang-orang di lingkungan tempat tinggalmu. Dari situ juga biasanya akan muncul sebuah peluang usaha yang bisa kamu jalankan. Tentukan hal-hal apa saja yang bisa kamu berikan kepada sekitar dan mempunyai nilai jual, dari situlah tercipta sebuah peluang usaha.

3. Melihat peluang dari hobi yang dimiliki

Yang ketiga adalah dari hobi yang kamu miliki. Hobi kamu bisa kamu manfaatkan sebagai sebuah sarana bisnis atau usaha yang menghasilkan uang. 

Misalkan saja kamu hobi memancing. Kamu bisa memanfaatkannya dengan membuat sebuah chanel youtube konten mancing, dari situ kamu akan mendapatkan penghasilan.

Misalkan saja kamu hobi menulis artikel. Jadikan saja hobi kamu tersebut sebuah usaha dengan menjual artikel atau cara yang lainnya.

Atau kamu memiliki hobi yang lain ? Tinggal kamu sesuaikan dengan peluang usaha sesuai dengan hobi kamu tersebut.

4. Melihat peluang usaha dari daerah tempat tinggal

Kalau tadi bicara soal lingkungan sekitar. Kali ini kamu bisa memperluasnya dengan menemukan peluang usaha di daerahmu. Artinya dengan jangkauan yang lebih luas lagi.

Sebagai contoh, kamu tinggal di daerah yang tidak jauh dari pantai. Maka kamu bisa menemukan peluang usaha yang berhubungan dengan pantai dan pariwisata. Entah itu jadi guide, usaha sewa kendaraan buat para turis dan yang lainnya.

Lihatlah daerah Anda tersebut memiliki potensi usaha apa, dari situ kamu akan menemukan peluang usaha yang tepat.

5. Melihat peluang dari trend dan perkembangan zaman

Peluang usaha juga bisa kamu temukan dari trend atau hal-hal yang sedang booming saat ini. Kamu coba cari beberapa berita yang memang lagi viral dan banyak yang membahas atau mencari.

Dengan mengetahui hal-hal yang lagi trend kamu bisa menemukan sebuah peluang usaha.

Namun kekurangannya adalah ketika trend tersebut sudah tidak viral lagi, kamu juga harus siap untuk berpindah haluan.

Sebagai contoh, dulu pernah ada trend batu akik. Banyak orang yang berjualan batu akik dan menghasilkan banyak uang. Namun ketika trend tersebut berganti, maka orang-orang yang berjualan batu akik juga harus siap pindah ke usaha lainnya.

6. Melihat peluang bisnis dengan banyak membaca buku dan artikel di internet

Selanjutnya kamu bisa mencarinya dengan membaca buku dan juga artikel di internet. Dengan memperbanyak membaca, maka otomatis wawasan kamu pun semakin bertambah. Dan dari situlah kamu mulai bisa menentukan usaha atau bisnis apa yang hendak kamu jalankan.

Selain itu banyak informasi mengenai ide bisnis yang sudah tersedia di internet. Jumlahnya pun ratusan jenis bisnis. Coba kamu baca satu persatu untuk mencari peluang usaha yang paling tepat.

7. Melihat peluang dengan mencoba banyak hal baru

Dengan mencoba melakukan banyak hal yang baru, juga akan membantu kamu mempercepat menemukan sebuah peluang usaha.

Siapa tahu kamu selama ini belum melakukan hal yang benar-benar menjadi potensi kamu yang sebenarnya. Sehingga belum diketahui kemampuan kamu yang paling bagus untuk usaha apa.

Maka dari itu, cobalah banyak hal yang sebelumnya belum kamu lakukan. Dan pilihlah satu hal yang paling menyenangkan dan menyajikan hasil maksimal sebagai usaha yang nanti akan kamu jalankan.

8. Menemukan peluang usaha dari daerah lain

Tidak ada salahnya buat kamu berkunjung ke daerah lain. Siapa tahu kamu akan menemukan sebuah ide usaha dari daerah tersebut.

Karena biasanya daerah tempat tinggal kita dengan daerah lain banyak perbedaan. Dari perbedaan itulah yang akan menginspirasi kamu untuk menjalankan sebuah usaha.

Sebagai contoh, misalkan kamu tinggal di Semarang, dan kamu punya teman di Bandung. Cobalah untuk silaturahmi ke teman kamu tersebut. Lakukan sharing mengenai dunia usaha dan bisnis. Antara daerah Semarang dan Bandung, pasti ada beberapa jenis usaha yang berbeda. Dan itu bisa kamu jadikan pilihan usaha untuk dijalankan.

9. Melihat peluang usaha dengan memperluas pergaulan

Banyak-banyak bergaul dan menambah pertemanan baru juga akan membantu kamu melihat atau menemukan peluang usaha. 

Karena setiap orang memiliki wawasan dan pengalaman yang berbeda. Dan ketika kamu memperbanyak pergaulan, maka kamu akan mendapatkan banyak ide baru yang bisa kamu jalankan untuk sebuah usaha.

10. Segera menjalankan peluang usaha yang ada

Yang terakhir adalah segera menjalankan peluang atau ide usaha yang terlintas di fikiran kamu. Jalanin saja dulu, daripada kamu terlalu banyak mikir dan akhirnya terus menunda waktu untuk memulai usaha. Karena kamu juga dituntut untuk cepat memulai dan berproses. Lagi pula semua hal tidak akan pernah terwujud ketika kamu tidak memulainya, termasuk untuk sebuah kesuksesan usaha.

Cara melihat peluang usaha di sekitar kita sudah saya sebutkan sebanyak 10 point diatas. Sebenarnya dengan 10 point diatas, sudah cukup membantu kamu untuk segera menemukan peluang usaha yang paling tepat untuk dijalankan. Dengan catatan kamu benar-benar memaksimalkan proses dari 10 tips diatas. Demikian yang dapat saya sampaikan. Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "10 Cara Jitu Melihat Peluang Usaha Di Sekitar Kita"

Berlangganan via Email