Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Merawat Telinga Agar Tidak Tuli Dan Pendengaran normal

Aldanpost.com - Cara merawat telinga agar tidak tuli adalah langkah-langkah yang harus kita lakukan untuk menjadikan telinga sehat dan pendengaran berfungsi maksimal. Seperti yang kita tahu bahwa telinga merupakan salah satu panca indra penting yang kita miliki. Kita bisa berinteraksi dengan baik kalau telinga kita sehat dan pendengaran masih tajam. Maka kebiasaan-kebiasaan dalam keseharian kita harus kita atur baik-baik. Jangan sampai kita malah melakukan hal-hal yang menjadikan telinga kita sakit dan pendengaran tertganggu.

Cara merawat telinga agar tidak tuli tentu saja bisa kita lakukan mulai dari sekarang. Mulai dari menjaga diri kita dengan memperhatikan aktifitas-aktifitas kecil. Seperti halnya sering mendengarkan musik memakai headset dalam waktu lama. Kelihatannya sepele, namun dalam jangka panjang itu bisa mengganggu bahkan merusak gendang telinga kita. Karena di dalam telinga kita ada sebuah susunan sistem pendengaran yang memiliki batas kemampuan. Ketika di bentur dengan suara yang terlalu keras atau kebisingan dalam waktu yang lama akan mengalami gangguang. Beberapa tips lainnya terkait masalah yang satu ini akan coba saya jelaskan dalam artikel kali ini.

Cara Merawat Telinga Agar Tidak Tuli


cara-merawat-telinga-agar-tidak-tuli
Foto merawat telinga by google


1. Merawat telinga dengan memakai pelindung telinga

Cara merawat telinga agar tidak tuli yang pertama adalah menjaga telinga kita dari berbagai macam gangguan dan rangsangan yang berlebihan. Sebagai contoh, kita memakai penutup telinga pada saat berada di tempat yang bising. Hal ini tentu menjadi sangat penting karena telinga yang telalu lama mendengar kebisingan biasanya suara tersebut akan terekam dan akhirnya merusak sistem pendengaran.

Karena telinga kita juga memiliki batas kemampuan. Tidak mendengar frekuensi yang terlalu tinggi dan juga tidak bisa dipaksa untuk mendengar frkeunsi yang terlalu rendah. Jika dipaksakan maka akan berakibat terganggunya indra pendengaran.

2. Membersihkan telinga dengan cara yang benar

Telinga seseorang bisanya kurang bisa mendengar karena memang orang malas buat membersihkan telinga. Jadi bersihkan secara berkala telinga kita dari kotoran dan debu yang masuk kedalam. Ini penting karena telinga yang dimasuki kotoran pendengaran akan terganggu. Bukan hanya itu saja, kotoran yang terlalu lama di dalam telinga juga bisa menjadi bakteri yang menimbulkan penyakit.

Minimal pada saat mandi kita bisa membersihkan telinga kita dengan baik. Pastikan tidak ada kotoran dalam lubang telinga maupun dalam daun telinga.

Baca juga : cara menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar

3. Hindari penggunaan cutton buds terlalu sering pada telinga

Penggunaan cutton buds untuk membersihkan telinga memang dibenarkan, tapi jika berlebihan dalam menggunakan cutton buds, justru bisa merusak pendengaran kita. Jadi gunakan cutton buds lebih jarang saja. 

Apalagi untuk cutton buds dengan kualitas rendah yang kapas besar keras dan mudah lepas. Cutton buds seperti itu justru berbahaya untuk digunakan membersihkan telinga. Kalau bisa Anda gunakan cutton buds yang harganya agak mahal, biasanya jauh lebih bagus untuk membersihkan telinga.

4. Hindari menggunakan headset terlalu lama

Cara merawat telinga agar tidak tuli yang selanjutnya adalah hindari menggunakan headset atau earphone terlalu lama. Apalagi buat kamu yang suka mendengarkan musik memakai headset saat tidur, hal itu cukup berbahaya pada gendang telinga karena terus menerus menekan dengan suara yang keras.

Maka dari itu gunakan headset dengan sewajarnya saja. Dan usahakan untuk memutar musik tidak melebihi 60% dari kekerasan suara. Biasanya handphone akan memberikan notive apabila melebihi 60% berupa pesan "mendengar musik dalam volume keras mampu merusak telinga". Yang artinya memang maksimal sudah ditetapkan dari pabrikan handphone maksimal aman adalah 60%.

5. Hindarkan telinga dari kebisingan dalam waktu lama

Cara merawat telinga yang selanjutnya adalah jangan berlama-lama di tempat yang bising. Pada dasarnya ini hampir sama dengan tidak boleh memakai headset terlalu lama. Namun biasanya ini di alami oleh para pekerja yang mengoperasikan mesin. Jadi mereka harus menggunakan ear plug untuk menghindari dan mengurangi kebisingan tersebut. Meskipun sudah memakai ear plug, sebenarnya tetap akan merusak pendengaran jika dilakukan jangka panjang. Hal ini terbukti biasanya pekerja di tempat bising mereka kadang sudah mendengar suara yang pelan.

6. Menghindari telinga kemasukan air

Telinga kita akan terganggu pendengarannya jika kemasukan air, dan suara di sekitar akan terdengar kedap dan tidak jelas. Maka dari itu hindarkan telinga dari kemasukan air. Misalkan telinga kemasukan air, usahakan untuk segera mengeluarkannya dan mengeringkan dalam telinga.

7. Perbanyak buah yang bagus untuk telinga

Selanjutnya kamu bisa memperbanyak konsumsi buah-buahan yang bagus untuk telinga. Buah tersebut biasanya yang mengandung zat besi dan juga kalium. Karena zat besi dan kalium selain bagus untuk tulang ternyata juga membantu merawat organ dalam telinga kita. 

Buah-buahan yang bagus untuk mempertajam pendengaran antara  lain seperti buah pisang, buah apel, buah jeruk dan buah lain yang mengandung zat besi dan kalium. Mengkonsumsi buah tersebut tidak ada ruginya, karena selain merawat telinga juga bagus untuk meningkatkan kandungan sehat dalam tubuh kita.

8. Makan makanan yang bisa mempertajam pendengaran

Selain buah-buahan kamu juga bisa merawat telinga dengan memperbanyak makanan yang bisa mempertajam pendengaran lainnya. Yakni berupa sayur-sayuran yang mengandung zat besi dan kalium. 

Siapa sangka ternyata makan sayur juga turut merawat telinga kita. Makanya jangan malas untuk mengkonsumsi sayur setiap hari, terutama sayur bagus untuk pendengaran seperti sayur bayam dan juga sayur yang memakai wortel.

9. Menjaga waktu istirahat yang cukup

Cara merawat telinga agar tidak tuli yang ke 9 adalah menjaga pola istirahat yang cukup setiap hari. Tentu saja dengan waktu istirahat yang cukup semua organ dalam tubuh kita akan lebih rileks dan mampu beristirahat dengan baik. Makanya waktu tidur kamu di malam hari dengan baik dan hindari begadang berlebihan.

Selain membantu merawat telinga, waktu tidur yang cukup juga akan membantu kita meningkatkan daya tahan tubuh dan juga kesehatan organ tubuh lainnya. So, gak ada ruginya untuk lebih disiplin dalam mengatur waktu istirahat.

10. Melakukan olahraga secara teratur

Cara yang terakhir atau ke 10 adalah melakukan olahraga secara teratur untuk merawat telinga dengan baik. Karena dengan olahraga akan merefleksi seluruh organ tubuh kita. Tidak hanya telinga tentunya, baik itu mata, otak, jantung, peredaran darah dan juga otot-otot dalam tubuh kita. Makanya penting bagi kita untuk menyediakan waktu olahraga secara teratur dan terjadwal.

Demikianlah artikel pada kesempatan kali ini yang membahas tentang cara merawat telinga agar tidak tuli. Semoga saja artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda semuanya. Demikian yang dapat saya sampaikan dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "10 Cara Merawat Telinga Agar Tidak Tuli Dan Pendengaran normal "

Berlangganan via Email