Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Kemampuan Yang Harus Dimiliki Seorang Wirausaha

Aldanpost.com - Masuk pada materi kemampuan yang harus dimiliki seorang wirausaha. Hal yang berupa wawasan atau keahlian khusus seseorang untuk menjalankan usahanya. Karena dengan kemampuan itulah sebuah usaha mampu didirikan, dimulai dan dikelolanya hingga sukses. Dan juga berkat kemampuan tersebutlah seorang wirausahawan bisa mengembangkan usaha mereka menjadi lebih besar. Jadi sampai disini ada sebuah pertanyaan buat Anda, Kemampuan apa yang Anda miliki sekarang untuk menjalankan usaha? Kalau belum ada, berarti masih harus banyak belajar. 

Kemampuan yang harus dimiliki seorang wirausaha meliputi beberapa hal. Baik itu kemampuan dari segi otak, fisik dan juga kepandaian dalam berkomunikasi. Intinya beberapa bagian dalam sebuah usaha harus dicover dengan kemampuan tersebut. Baik itu dalam hal merancang usaha, mendirikan usaha, menjalankan usaha hingga pada saat menemukan masalah, seorang wirausahawan harus memiliki kemampuan problem solving yang bagus. Baiklah biar lebih jelas akan saya jelaskan pada beberapa point berikut ini.

Kemampuan Yang Harus Dimiliki Seorang Wirausaha


kemampuan yang harus dimiliki seorang wirausaha


1. Kemampuan dalam analisa peluang usaha

Kemampuan yang pertama adalah dalam hal mencari dan menemukan peluang usaha. Dalam hal ini harus mampu menganalisa sebuah usaha apa yang cocok untuk dia jalankan. Dari sinilah sebuah usaha bisa dimulai. Ketika seseorang ingin menjalankan sebuah usaha namun tidak bisa menganalisa peluang dengan baik, maka akan mudah mengalami kegagalan.

Maka dari itu jika Anda ingin menjalankan sebuah usaha, tingkatkan kemampuan Anda dalam menganalisa peluang. Memanfaatkan peluang usaha terbesar yang Anda miliki. Baca selengkapnya : Cara melihat peluang usaha.

2. Kemampuan merancang sebuah usaha

Kemampuan kedua yang harus dimiliki adalah dalam hal merancang sebuah usaha. Yang mana imajinasi dan inovasi seorang wirausahawan harus mampu menggambarkan usaha yang akan dijalankan. Karena rancangan-rancangan awal yang tepat akan sangat menentukan bagaimana usaha tersebut berdiri, berjalan dan berkembang.

Ketika seorang wirausahawan memiliki kemampuan merancang yang bagus, biasanya akan memiliki tingkat efektifitas dan efisiensi yang tinggi. Sehingga usaha jauh lebih rendah resiko dan juga lebih cepat berkembang. Maka dari itu penting bagi Anda untuk memiliki pertimbangan yang matang dalam menjalankan sebuah usaha.

3. Kemampuan melakukan kerjasama dengan pihak lain

Kemampuan yang ketiga adalah dalam hal bekerja sama dengan orang lain. Karena sebuah bisnis atau usaha yang baik akan memiliki relasi dan jaringan bisnis yang kuat. Maka dari itu penting bagi Anda seorang wirausahawan untuk pandai berkomunikasi dan menjalin pertemanan bisnis yang baik.

Dengan seorang wirausahawan yang mampu menjalin kerjasama dengan baik. Usaha tersebut akan mendapatkan banyak manfaat. Sebagai contoh saat membutuhkan modal, saat membutuhkan kerjasama bahan produksi, saat membutuhkan kerjasama iklan dan kerjasama yang lainnya. Kemampuan melakukan kerjasama juga termasuk ahli dalam cara mendapatkan investor kerjasama

4. Kemampuan dalam menyediakan modal usaha

Kemampuan yang ke 4 adalah dalam hal menyediakan modal. Karena sebuah usaha sudah pasti membutuhkan modal, entah itu modal besar maupun modal kecil. Seorang yang ahli dalam hal mencari modal tentu akan lebih cepat menjalankan dan mengembangkan sebuah usaha.

Bagaimana dengan seorang wirausahawan yang tidak mampu menyediakan modal. Ya jelas usahanya tidak akan segera dimulai. Selain itu jika kesulitan modal ditengah jalan, maka usaha tersebut akan berhenti seketika karena tidak tahu bagaimana cara mendapatkan modal. Selengkapnya : Cara mendapatkan modal usaha

5. Kemampuan dalam mengelola keuangan

Kemampuan yang kelima yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha adalah kemampuan dalam mengelola keuangan usaha yang dijalankan. Tentu saja, karena keuangan adalah nyawa bagi sebuah usaha. Kalau tidak bisa mengelola uang yang ada tentunya akan cepat habis, tidak tepat sasaran dalam pengeluaran dan akhirnya mengakibatkan usahanya bangkrut atau gagal ditengah jalan.

Oleh karena itu Anda perlu memiliki kemampuan manajeman keuangan yang baik. Mulai dari membuat pembukuan keuangan yang baik, mampu menetapkan prioritas keuangan, hemat dalam perbelanjaan dan tentu saja harus mampu memperbesar pemasukan ketimbang pengeluaran. Baca selengkapnya : Cara mengelola keuangan usaha

6. Kemampuan dalam hal memenangkan persaingan pasar

Lanjut pada point ke enam, bahwa seorang wiriausahawan juga harus mampu dalam hal memenangkan persaingan pasar. Karena kalau tidak mampu memenangkan persaingan, usahanya pasti tidak akan cepat berkembang dan bahkan cepat tersingkir dipasaran karena tidak mendapatkan pemasukan.

Beberapa hal harus Anda lakukan guna memenangkan persaingan tersebut. Mulai dari menganalisa kondisi pasar, minat pasar, cara unggul dalam hal kualitas, harga dan juga pelayanan. Ketika sebuah usaha bisa memenangkan pasar, otomatis pemasukan pun akan terus mengalir dan usaha menjadi cepat berkembang. Baca selengkapnya : Kunci sukses seorang pengusaha dalam memenangkan persaingan pasar.

7. Kemampuan dalam melakukan promosi

Kemampuan yang harus dimiliki seorang wirausaha selanjutnya adalah dalam hal promosi. Yakni harus mengetahui macam-macam cara mempromosikan produk atau jasa yang dia jalankan. Selain itu juga harus mampu melakukan penargetan promosi dengan tepat sehingga hasilnya pun lebih efektif dan efisien.

Promosi ibaratkan ujung tombak bagi sebuah usaha untuk cepat berkembang. Dengan promosi yang bagus sebuah usaha akan lebih cepat dikenal masyarakat, lebih cepat mendapatkan pelanggan dan akhirnya sebuah usaha tersebut pun lebih cepat mendapatkan pemasukan sehingga sebuah usaha cepat berkembang.

8. Kemampuan dalam mendapatkan karyawan yang berkualitas

Kemampuan yang wajib dimiliki wirausahawan selanjutnya adalah dalam cara merekrut karyawan yang berkulitas. Karena dengan memiliki karyawan berkualitas, maka semua peran dalam sebuah wirausaha bisa berjalan dengan baik dan maksimal, yang akhirnya usaha pun menjadi cepat berkembang.

Kemampuan yang satu ini meliputi kemampuan mencari orang, kemampuan menilai pelamar kerja dan kemampuan dalam melatih tenaga kerja baru itu sendiri.

9. Kemampuan dalam meminimalisir resiko usaha

Kemampuan ke delapan adalah harus mengetahui macam-macam contoh resiko usaha dan cara mengatasinya. Karena dengan begitu seorang wirausahawan akan menjalankan usaha dengan resiko yang tidak membayakan atau lebih rendah.

Dalam arti lain seorang wirausaha harus memiliki tingkat problem solving yang bagus sehingga ketika resiko usaha tersebut muncul segera menemukan dan menyelesaikannya dengan baik.

10. Kemampuan mengembangkan sebuah usaha

Yang terakhir adalah kemampuan dalam mengembangkan sebuah usaha. Ini sebenarnya memiliki arti luas, namun yang saya maksud adalah kemampuan untuk memperbanyak dan memperbesar usaha. Misalkan saja penambahan unit yang dijual, peningkatan omset dan pembukaan cabang baru. 

Tentu saja jika seorang wirausaha memiliki kemampuan mengembangkan usaha yang bagus, maka usaha tersebut di masa depan akan menjadi sebuah perusahaan yang besar  dan sukses.

Diatas adalah penjelasan dari saya mengena kemampuan yang harus dimiliki seorang wirausaha. Jika ke 10 hal diatas Anda miliki, InsyaAllah Anda akan bisa sukses di kemudian hari nanti. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "10 Kemampuan Yang Harus Dimiliki Seorang Wirausaha"

Berlangganan via Email