Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Manfaat Investasi Untuk Kehidupan Pribadi Yang Perlu Kamu Ketahui

Aldanpost.com - Artikel kali ini akan membahas tentang manfaat investasi. Yakni sebuah keuntungan yang di dapatkan seseorang rajin melakukan investasi secara rutin. Investasi adalah sebuah langkah menyisihkan dan menyimpan uang dengan tujuan bisa terus berkembang. Artinya investasi bukan sekedar menabung atau menyimpan uang, namun juga mempunyai tujuan agar uang itu bisa berkembang dengan sendirinya.

Manfaat investasi bagi kehidupan pribadi, keluarga atau bahkan untuk perusahaan ada banyak sekali. Dengan berinvestasi seseorang akan mempunyai cadangan keuangan yang terus berkembang. Hal tersebut bisa membantu kesulitan keuangan dan sekaligus mencapai tujuan tertentu di masa depan. Bagaimana dengan Anda? Apakah sudah rajin berinvestasi? Kalau belum silahkan simak beberapa point manfaat investasi yang akan saya berikan kali ini, siapa tahu bisa memotivasi Anda untuk mulai investasi sejak dini.

10 Manfaat Investasi


manfaat-investasi

1. Investasi menjadikan diri kita disiplin mengelola uang

Dengan melakukan investasi maka seseorang akan terbiasa melatih disiplin dalam hal keuangan. Karena seseorang yang berinvestasi akan berusaha lebih kuat untuk berhemat dan menyisihkan uang mereka.

Begitu juga dengan Anda. Misalkan Anda mengikuti sebuah program investasi secara rutin, maka otomatis Anda akan lebih hemat dan berusaha menepati jadwal investasi tersebut.

Selain itu orang yang berinvestasi terus masuk orang yang cerdas dan calon orang kaya. Karena kebanyakan orang kaya dulu tidak hanya sekedar menabung, namun mereka selalu berinvestasi.

2. Investasi akan menolong masa sulit keuangan di hari yang akan datang

Manfaat investasi yang kedua akan menjadi sebuah simpanan uang. Yang bisa menolong kita saat masa sulit ekonomi. Misalkan saja di masa depan kita sudah tidak bekerja atau usaha kita mengalami penurunan pemasukan. Saat itulah investasi kita akan menjadi penolong utama dalam hal keuangan.

Terkadang kita sering lupa saat banyak uang, tidak terfikir sama sekali untuk investasi. Padahal investasi ini akan sangat bermanfaat kalau di masa depan kita mengalami kesulitan keuangan.

3. Investasi membantu kita melawan inflasi keuangan

Manfaat selanjutnya adalah membantu melawan inflasi keuangan. Seperti kita tahu bahwa nilai uang dari tahun ke tahun akan terus menurun. Jika kita menabung biasa, uang kita tidak akan bertambah dan tidak akan melawan inflasi tersebut.

Contoh inflasi yang nyata yang bisa kamu rasakan adalah harga barang-barang yang terus naik, sedangkan nilai uang yang terus menurun. Sebagai contoh sekarang bayar kontrakan bisa dengan duit 600.000, namun 5 tahun lagi bisa jadi 600.000,- sudah tidak bisa untuk membayar kontrakan. Contoh lain, jika kamu belanja sekarang di minimarket dengan duit 500.000 sudah dapat sebanyak, belum tentu 10 tahun lagi duit 500.000 bisa dapat belanjaan 2 kantong.

Dengan melakukan investasi, ketika nilai uang mengalami inflasi, saat itu juga uang kita sudah mengalami kenaikan. Dan hal ini akan membantu kita melawan dan mengatasi inflasi keuangan di masa depan.

4. Investasi dapat membantu mewujudkan impian

Manfaat investasi yang lain adalah untuk membantu kita mewujudkan impian. Siapa tahu Anda ingin membeli rumah 3 tahun yang akan datang. Siapa tahu Anda ingin beli mobil 3 tahun lagi. Dengan melakukan investasi, otomatis akan membantu kita untuk mewujudkan keinginan tersebut.

Karena yang namanya impian, pastinya tidak bisa kita capai dengan hal-hal yang indah saja. Tentu saja kita harus melakukan sesuatu perjuangan yang berarti dan berguna. Contoh adalah berjuang berhemat untuk menabung dan berinvestasi demi mewujudkan impian kita.

Meskipun juga membantu kita mewujudkan impian. Namun investasi akan lebih maksimal karena uang kita di masa depan akan menjadi bertambah alias berkembang.

5. Investasi bisa mensejahterakan hari tua

Hari tua adalah hari dimana kita harusnya bersantai, bukan waktunya lagi untuk bekerja keras. Maka dari itu investasi juga bermanfaat mewujudkan keinginan tersebut. Yakni mensejahterakan hari tua.

Itualah salah satu alasan mengapa kita wajib membiasakan investasi sejak dini. Jangan sampai hari tua nanti kita menyesal karena tidak ada simpanan apapun yang akhirnya masih memaksa kita untuk terus bekerja. Maka dari itu investasi sejak dini untuk jangka panjang sangat perlu untuk kita latih.

6. Investasi bisa membantu membahagiakan orang di sekitar kita

Manfaat investasi yang lain adalah demi membahagiakan orang-orang di sekitar kita. Meskipun kebahagiaan bukan tergantung pada uang, namun nyatanya banyak hal dalam hidup ini yang membutuhkan uang. Misalkan saja kita ingin memberangkatkan haji orang tua. Mentraktir orang-orang di dekat kita. Membantu keluarga ketika butuh, semua itu butuh uang. 

Dan dengan investasi akan membantu kita mewujudkan beberapa keinginan tersebut. Jadi berinvestasi sebenarnya bukan hanya untuk tujuan pribadi. Bisa juga untuk keluarga. Atau buat kamu yang masih muda, berinvestasi bisa bertujuan untuk keluargamu nanti.

7. Investasi dapat mengembangkan uang tanpa kita bekerja

Ada satu manfaat investasi yang diidamkan banyak orang. Yakni uang menjadi berkembang tanpa harus bekerja. Hal ini lah yang dilakukan oleh para investor dalam mendapatkan penghasilan. Mereka akan terus berfikir mengembangkan uang sementara mereka tidak bekerja secara langsung. 

Meski begitu untuk menjadi seorang investor yang sukses tanpa harus bekerja bukan hal yang mudah. Harus banyak belajar dan pandai menganalisa peluang investasi yang tepat agar tidak merugi dan bisa untung seperti yang diharapkan. Dengan begitu uang investasi benar-benar akan berkembang seperti yang diinginkan.

8. Investasi bisa menolong masa sulit perusahaan

Manfaat investasi untuk perusahaan atau usaha yang kita jalankan ada banyak sekali. Investasi tersebut bisa kita gunakan untuk tambah modal atau untuk menolong masa sulit perusahaan.

Seperti yang kita tahu bahwa sebuah usaha atau perusahaan akan mengalami pasang surut keuangan. Dan dengan adanya investasi akan mencegah kebangkrutan dari usaha yang kita jalankan tersebut.

Makanya jika kita memiliki sebuah usaha, jika sedang mendapatkan banyak cuan, jangan lupa untuk sebagian diinvestasikan. Dengan begitu akan menolong kondisi perusahaan di kemudian hari.

9. Investasi bisa mencegah kemiskinan

Manfaat investasi yang jelas bisa mencegah kemiskinan kita di masa depan. Karena yang namanya hidup, rejeki dan uang akan mengalami naik turun. Kalau kita tidak punya persiapan baik itu tabungan atau investasi. Maka kita akan mudah untuk jatuh miskin.

Selain itu dengan adanya simpanan investasi akan mencegah kita berhutang pada orang lain atau pada bank. Seperti yang kita tahu bahwa kebiasaan hutang adalah sebuah hal yang harus kita hindari.

10. Investasi bisa menjadi aset dan warisan untuk keluarga

Selanjutnya dengan melakukan sebuah investasi, makan investasi tersebut akan menjadi aset atau warisan untuk keluarga kita nantinya. Misalkan saja investasi tanah, emas, investasi property dan yang lainnya. Tentu barang-barang tersebut bisa menjadi peninggalan atau sebuah warisan nantinya.

Dari beberapa manfaat investasi yang saya jelaskan diatas. Mudah-mudahan di masa depan bisa Anda dapatkan sebagai imbalan bahwa Anda sudah rajin dalam menyisihkan uang dan melakukan investasi.. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "10 Manfaat Investasi Untuk Kehidupan Pribadi Yang Perlu Kamu Ketahui"

Berlangganan via Email