Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Sosok Islam Inspiratif yang dikenal Dunia

aldanpost - 10 Sosok Islam Inspiratif yang dikenal Dunia. Perkembangan teknologi tak lepas dari tokoh-tokoh dibaliknya. Umumnya dunia mengenal tokoh yang berasal dari luar negeri. Adapun eksistensi agama Islam disana tergolong minoritas. Meskipun demikian, pada masa kejayaan Islam, masjid dijadikan sebagai pusat pengkajian berbagai jenis ilmu pengetahuan yang sesuai dengan ajaran Islam.

Sosok Islam inspiratif
Sosok Islam inspiratif

Sosok Islam Inspiratif Laki-laki

Dari pengkajian-pengkajian di masjid melahirkan penemuan atau karya-karya yang sukses mencenangkan dunia. Bahkan ada beberapa yang dijadikan landasan terhadap pengembangan ilmu pengetahuan saat ini. Nah berikut ini terdapat beberapa tokoh yang beragama Islam khususnya laki-laki yang menjadi inspiratif diantaranya : simak juga tentang pilar agama Islam

Ibnu Sina

Sosok Islam inspiratif yang pertama adalah Ibu Sina. Siapa yang tidak kenal sosok ini? khususnya dalam perkembangan ilmu pengetahuan. Pemilik nama lengkap Abu Ali al-Huseyn bin Abdullah bin Hasan Ali bin Sina lahir pada bulan shafar 370 H atau dikenal dengan bulan Agustus 980 Masehi. Cabang ilmu yang yang menjadi penelitian besarnya adalah bidang kedokteran.

Selain sejarah bidang kedokteran yang berhasil membesarkan namanya. Beliau juga mempelajari teologi dan matematika. berdasarkan semangat belajarnya yang sangat besar, sejak usia 16 tahun telah berhasil menjadi pusat perhatian dunia. Beliau juga diberi julukan al-Ra’s atau puncak gunung pengetahuan.

Sosok Islam inspiratif  ini wafat pada tahun 428 H (1037 M) tepatnya di Hamdzan, Persia. Hal tersebut tentunya membawa kabar duka bagi dunia. Meskipun demikian, hasil pemikiran maupun karya-karyanya hingga kini masih menjadi landasan bagi para ilmuwan dunia untuk mengembangkan ilmu pengetahuan.

Ibnu al-Nafis

Ilmuwan Islam bernama Ibnu al-Nafis lahir pada tahun 1210 di Damaskus atau sekarang disebut dengan Suriah. Beliau dikenal sebagai ilmuwan Islam serba bisa. Ibnu al-Nafis meninggal dunia pada 17 Desember 1288 dan meninggalkan duka besar bagi dunia.  Sama dengan Ibnu Sina, beliau juga melakukan penelitian pada bidang kedokteran.

Penemuan Sosok Islam inspiratif  ini yang mampu merumuskan dasar-dasar sirkulasi kapiler, jantung dan paru-paru pertama kali pada abad ke-13 M. Berkat penemuannya tersebut, Ibnu al-Nafis dianugerahi sebagai Bapak Fisiologi Sirkulasi. Selain itu, beiau juga berhasil memperkenalkan klafisikasi ilmu hadits yang lebih logis.

Ibn Battuta

Abu Abdullah Muhammad atau Ibn Battuta merupakan pejalan paling terkenal didunia. Semenjak berusia 20 tahun, beliau sudah mulai melakukan perjalanan. Keseluruhan negara yang pernah ia kunjungi sebanyak 44 negara dengan jarak 75.000 mil (3 kali keliling dunia). Selain itu, sebagai umat muslim, beliau juga melakukan perjalanan haji sebanyak 4 kali.

Sosok Islam inspiratif  Ibn Batuta memiliki motivasi mengelilingi dunia untuk menambah ilmu pengetahuan, mencari perpustakaan terbaik, serta mencari guru saat berada du kairo, Damascus, dan Alexandra. Beliau baru kembali ke Maroko saat usianya 51 tahun. Berdasarkan perjalanannya yang sangat menakjubkan tersebut, ia pu dikenal oleh banyak orang.

Al Zahrawi

Al Zahrawi dikenal berkat penemuannya yang mampu meletakkan dasar-dasar ilmu bedah modern. Beliau adalah keturunan Arab Ansar yang akhirnya menetap di Spanyol. Hingga kini penemuan maupun karya-karya dari sosok inspiratif Islam ini dijadikan kurikulum pendidikan kedokteran di Eropa. Belaiu adalah salah satu ilmuwan muslim paling cerdas pada zamannya.

Ibnu Khaldun

Sosok Islam inspiratif  selanjutnya memiliki nama lengkap Waliuddin Abdurrahman bin Muhammad bin Muhammad bin Abi bakar Muhammmad bin al-Hasan. Beliau lahir pada tanggal 27 mei 1332 m atau 1 Ramadhan 732 H. Sejak kecil, ia dikenal sebagai seorang yang hafal Al-Quran.

Ibnu Khaldun dikenal berkat karya-karya dan hasil pemikiran yang luar biasa. Pemikiran tersebut berpusat pada bidang sosiologi islam yang hingga kini terus dikembangkan menjadi karya monumental. Berdasarkan hal tersebut, akhirnya beliau dikenal sebagai seorang sejarawan dan sosiologi Islam yang terkenal di dunia.

Sosok Islam Inspiratif Perempuan

Agama Islam sangat memuliakan perempuan. Untuk itu, dalam dunia pendidikan keberadaan perempuan tidak boleh dipandang sebelah mata. Nah selain 5 laki-laki diatas yang berhasil menjadi Sosok Islam inspiratif, berikut ini juga terdapat 5 sosok perempuan yang juga berhasil menjadi inspiratif, yaitu :

Karima Bint Ahmad al-Marwaziyya

Seorang perempuan bernama Karima Bint Ahmad al-Marwaziyya adalah orang yang hebat. Beliau adalah seorang pejalan, ahli hadis serta pelajar brilian dari Turkmenisan. Ia memulai perjalanan bersama ayahnya demi menuntut ilmu dari Turkmenistan hinnga Iran dan Yarussalem dan kemudian menetap di Mekah. Karima mempelajari Sahih al-Bukhari dan berhasil menjadi salah satu orang terpelajar yang paling dihormati.

Zainab binti Ali

Sosok Islam inspiratif  selanjutnya adalah Zainab adalah putri dari Ali bin Abu Thalib dengan Fatimah. Beliau merupakan wanita yang cerdas dalam menganalisis ilmu bahasa dan logika. Zainab juga terkenal sebagai sosok wanita yang kuat karena telah melwati banyak gejolak kehidupan, Kematian ibunya menyebabkan ia bersama saudaranya yaitu Hassan dan Hussain dipaksa membela diri dan keluarga.

Zainab kemudian diminta memasuki barisan untuk menuju Damaskus dan melakukan khutbah terkait penindasan dan perlawanan yang dialami. Didepan matanya, beliau menyaksikan kematian seluruh keluarga yang sangat ia cintai. Namun beliau tetap sabar dan tegar untuk menjalani kehidupan. Tak lupa pula untuk selalu menyebarkan ajaran Islam berdasarkan apa yang sudah ia pelajari.

Khadijah binti Khawailid

Seperti yang dikenal oleh seluruh umat Islam, Khadijah merupakan istri dari Nabi Muhammad SAW. Belaiu lahir dari keluarga yang sangat dihormati. Sang ayah memberikan pendidikan yang layak sehingga ia tumbuh menjadi pengusaha yang kaya raya pada zamannya. Khadijah dikenal memiliki sifat yang mandiri, kuat, dan menjadi sosok Islam inspiratif sebagian besar warga muslim di dunia.

Aisyah binti Abu Bakar

Setelah Khadijah meninggal, Nabi Muhammad menikahi seorang wanita bernama Aisyah  binti Abu Bakar. Pada awal peradaban Islam, Aisyah menjadi salah satu jajaran intelektual muslim. Beliau merupakan pengajar yang mengajar diberbagai sekolah. Ilmu yang diajarkan berupa ilmu fiqih dan ilmu tafsir Al Quran.

Berkat kerja kerasnya dalam mengajarkan ilmu pengetahuan. Sosok inspiratif islam yang satu ini berhasil menjadi pengajar bagi banyak orang. Ia menjadi sosok yang memiliki peran besar dalam sejarah pendidikan Islam. Kecerdasan yang ia peroleh berasal dari sang Ayah yaitu Abu Bakar.

Fatimah binti Muhammad

Berdasarkan nama belakangnya, Fatimah adalah putri dari Nabi Muhammad SAW dengan Khadijah. Ia memiliki sifat yang lemah lembut, baik hati, beriman dan kecerdaan yang sangat tinggi. Kecerdasan tersebut ia peroleh dari sang Ayah. Nabi Muhammad SAW mengajari Fatimah mengajari putrinya banyak hal, termasuk realitas dalam agama Islam.

Fatimah dan sang ayah memiliki hubungan yang sangat dekat dan saling menyayangi. Bahkan ketika kaum Quraisy melempar Nabi dengan kotoran, Fatimah dengan setia memebrsihkan tubuh sang ayah tersebut. Ia tumbuh menjadi sosok yang sangat mengabdi kepada orang tua. Hal tersebut menjadi salah satu penyebab ia menjadi sosok Islam inspiratif. simak juga tentang tokoh Islam berpengaruh di dunia

Nah, demikianlah beberapa sosok Islam inspiratif baik laki-laki maupun perempuan yang memberikan dampak besar bagi dunia. Mereka meninggalkan karya yang sangat hebat dan pantas menjadi tauladan banyak orang. Sebagai umat Islam, kita wajib mengetahui dan mengenal mereka.

Posting Komentar untuk "10 Sosok Islam Inspiratif yang dikenal Dunia"

Berlangganan via Email