Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tips Memilih Invetsasi Yang Aman Dan Tepat Untuk Pemula

Daftar Isi [Tampil]

Aldanpost.com - Mengetahui bagaimana cara dan tips memilih investasi yang aman dan tepat untuk menjadi sangat penting untuk seorang pemula yang mulai berinvestasi. Dengan tujuan agar terhindar dari jenis investasi bodong dan juga sekaligus mempercepat keuntungan dalam melakukan investasi itu sendiri. Kenapa bisa sepenting itu? Alasannya jelas kalau investasi sebenarnya memiliki tingkat resiko yang sangat tinggi bagi orang-orang yang tidak tahu bagaimana cara memulai yang benar. Selain rawan mengalami kerugian bahkan bisa menemukan investasi bodong alias sepenuhnya penipuan. 

Tips memilih investasi yang aman bisa kamu pelajari dari sekarang juga. Sebelum menyerahkan sepeserpun uang kepada badan investasi manapun. Kamu bisa bertanya terlebih dahulu kepada orang yang sudah berpengalaman atau membaca artikel investasi seperti di Aldanpost.com kali ini. Beberapa pertimbangan harus kamu lakukan, mulai dari berapa jumlah uang, jangka waktu dan juga menentukan badan atau perusahaan investasi yang tepat.

Tips Memilih Invetsasi Yang Aman


tips-memilih-investasi-yang-aman


1. Hitung seberapa besar Anda ingin berinvestasi

Sebelum masuk pada tips memilih investasi yang aman seharusnya Anda berhitung terlebih dahulu. Berhitung mengenai program investasi yang ingin Anda jalankan. Ini sangat penting karena bisa menentukan kelancaran kamu dalam melakukan investasi ke depan.

Perhitungkan kemampuan keuangan kamu untuk melakukan investasi. Apakah itu sekali investasi saja atau ingin melakukan investasi bulanan dan sistem angsuran lainnya. Dari hitungan kamu tersebut, kamu akan lebih mudah dalam memilih jenis investasi yang sesuai.

2. Kenali jenis investasi dari segi besaran nominalnya

Selanjutnya dalam memilih investasi kenalilah jenis-jenis investasi dari segi besaran nominalnya. Ada jenis investasi modal kecil dan ada pula jenis investasi dengan modal besar. Saran saya untuk seorang pemula, lebih baik kamu menggunakan jenis investasi bermodal kecil, karena dengan modal yang lebih kecil otomatis resiko yang akan kamu hadapi juga kecil. Baru nanti ketika kamu sudah banyak mendapatkan ilmu dan pengalaman, kamu bisa meningkatkan besaran nilai investasi yang kamu lakukan.

Beberapa jenis investasi modal kecil profit harian bisa kamu pilih sebagai alterntif. Sebagai contoh kamu bisa melakukan investasi reksadana atau dengan cara membeli emas. Yang besaran dari investasi tersebut bisa kamu mulai dengan modal dibawah Rp.1.000.000,-.

3. Kenali jenis investasi dari jangka waktunya

Tips memilih investasi yang aman dan tepat yang selanjutnya adalah dengan melihat jangka waktunya. Jangka waktu investasi sendiri dibedakan menjadi 2 yakni investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang. Sesuaikan saja dengan kebutuhan kapan kamu akan menggunakan uang hasil investasi kamu tersebut.

Sebuah catatan jika ingin memilih investasi jangka panjang, pastikan pada sebuah perusahaan atau perbankan yang terpercaya. Karena investasi jangka panjang membutuhkan tempat investasi yang benar-benar untuk bertahan dan berkembang dalam waktu yang lama. Hindari perusahaan atau lembaga investasi baru jika kamu ingin melakukan investasi jangka panjang.

4. Pastikan perusahaan tempat kamu berinvestasi mempunyai perizinan yang jelas

Hal penting yang tidak boleh kamu lupakan ketika memilih berinvestasi adalah memastikan perizinannya. Pastikan bahwa lembaga investasi tersebut benar-benar perusahaan yang terdaftar dalam OJK. Atau jika kamu ingin menggunakan investasi dengan perusahaan pialang, pastikan perusahaan tersebut terdaftar pada lembaga keuangan seperti bappeti.

Ketika sebuah lembaga investasi mempunyai perizinan yang lengkap pastinya lebih terpercaya untuk kamu pilih. Namun pastikan juga bahwa perizinannya tersebut adalah asli bukan nomer izin palsu. Caranya dengan mengecek langsung nama dan nomer perizinan lembaga tersebut pada lembaga pengawas keuangan.

Baca juga : Manfaat investasi

5. Periksa track record dari perusahaan investasi yang Anda pilih

Tips memilih investasi yang aman selanjutnya adalah memastikan bahwa track record dari lembaga investasi tersebut benar-benar bersih dari pelanggaran. Artinya tidak memiliki catatan buruk sebelumnya.

Pastikan hal tersebut dengan mencari info sebanyak-banyaknya mengenai lembaga investasi yang ingin kamu pilih. Mulai dari bertanya pada orang yang berpengalaman hingga mencari info di internet mengenai lembaga investasi tersebut. 

6. Hindari penawaran bunga atau profit yang tidak masuk akal dalam investasi

Salah satu cara mengetahui bahwa investasi tersebut aman atau tidak yakni dari segi penawaran bunga atau dari segi profit yang dijanjikan. 

Investasi yang benar akan memberikan penawaran program dan profit yang masuk akan. Biasanya dalam waktu 1 bulan tidak lebih dari 5% maka investasi tersebut masih masuk akal. Apakah ada investasi yang memberikan hasil diatas nominal 5%? ada, banyak bahkan tapi hati-hati karena semakin besar keuntungan investasi biasanya juga semakin besar resikonya.

Namun jika seseorang atau lembaga investasi menawarkan lebih dari 20% dalam waktu sebulan, atau bahkan mereka berjanji melipatgandakan uang, maka kemungkinan besar itu adalah penipuan.

7. Gunakan perusahaan yang menyediakan manajar investasi

Tips memilih investasi yang aman salah satunya adalah dengan menggunakan manajer investasi. Baik itu Anda memakai jasa orang yang ahli dan berpengalaman yang bisa Anda percaya atau mengikuti perusahaan yang menyediakan manajer investasi seperti sistem investasi reksadana. 

Keuntungan menggunakan manajer investasi yang jelas Anda tidak perlu melakukan aktivitas jual beli produk investasi sendiri. Anda hanya perlu menitipkan uang tersebut untuk dikelola oleh mereka. 

8. Belajar investasi sendiri mulai dengan modal kecil

Setelah Anda mendapatkan perusahaan yang benar-benar aman untuk berinvestasi, maka lakukanlah investasi tersebut bertahap mulai dengan modal kecil terlebih dahulu. Hal ini jika Anda ingin langsung terjun melakukan investasi.

Dengan modal yang kecil kamu bisa membeli produk invetasi yang murah terlebih dahulu dari perusahaan tersebut. Dan sebagai latihan, pilihlah jenis investasi jangka pendek. Lakukan secara berulang-ulang pembelian produk investasi tersebut sampai Anda benar-benar hafal bagaimana celah mendapatkan keuntungan dalam dunia investasi.

Baca juga : Pemisahan pengelolaan keuangan bisnis dan rumah tangga

9. Perbanyak mengikuti seminar investasi 

Kemudian jangan lupa untuk menambah ilmu dan pengetahuan kamu dengan mengikuti seminar investasi. Baik itu seminar investasi yang bersifat edukasi maupun promosi. Hal ini akan berguna bagi kamu untuk mengembangkan secara terus menerus kemampuan dan wawasan kamu mengenai dunia investasi. Yang jelas dunia investasi cakupannya sangat luas, semakin banyak yang kamu tahu akan menjadikan kamu punya banyak cara untuk memutarkan uang.

10. Terus melakukan investasi hingga sukses

Yang terakhir adalah konsisten dalam belajar dan melakukan investasi sendiri. Terpaksanya kamu pernah rugi ya jadikan hal tersebut sebagai pelajaran dan pengalaman yang berharga. Karena dunia investasi tidak semanis dan selalu mulus seperti yang diinginkan. Terus konsisten dalam melakukan investasi sampai kamu bisa menjadi ahli dan di kemudian hari nanti bisa memutarkan uang dalam jumlah yang besar tentunya.

Demikian penjelasan dari saya mengenai tips memilih investasi yang aman dan tepat untuk seorang pemula. Semoga saja point-point diatas bisa membantu Anda yang sekarang sedang mempunyai niat untuk melakukan investasi. Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "10 Tips Memilih Invetsasi Yang Aman Dan Tepat Untuk Pemula"

Berlangganan via Email