Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Tips Dan Cara Memilih Fintech Yang Aman Dan Terpercaya

Daftar Isi [Tampil]

Aldanpost.com - Tips dan cara memilih fintech yang bagus, aman dan terpercaya perlu Anda miliki. Tentu saja untuk keamanan anda dalam melakukan pinjaman online. Fintech atau financial technology adalah sebuah program financial baik itu simpan maupun pinjam yang diolah menggunakan teknologi digital baik itu dalam bentuk web maupun aplikasi. Banyak keuntungan dengan adanya fintech, namun dibalik itu Anda juga harus hati-hati dalam memilih fintech agar tidak merugi di kemudian hari.

Cara memilih fintech yang benar dan terpercaya perlu Anda pelajari sebelum mengajukan pinjaman. Kenali perusahaan fintech yang Anda tuju dengan baik. Karena dalam beberapa kasus sudah ada orang-orang yang dirugikan dalam menggunakan pinjaman secara online. Ada yang tiba-tiba datanya disebarkan dan juga yang tiba-tiba tagihannya membengkak. Namun selama Anda memilih fintech yang terpercaya hal itu tidak akan terjadi.

Tips Dan Cara Memilih Fintech


cara-memilih-fintech

1. Hitung kebutuhan uang sebelum meminjam di fintech

Sebelum melangkah lebih jauh, alangkah baiknya kamu pertimbangkan baik-baik berapa jumlah pinjaman yang Anda butuhkan dan kegunaannya untuk apa saja. Karena yang saya tahu bunga pinjaman di fintech rata-rata lumayan tinggi. Jadi usahakan untuk meminjam di fintech kalau benar-benar darurat atau untuk pinjaman yang produktif.

Banyak orang yang meminjam di aplikasi pinjaman online karena kemudahannya. Padahal dibalik itu bunganya lumayan besar. Biasanya memang begitu, kalau prosesnya lebih mudah, bunganya lebih besar.

Mengetahui jumlah uang yang kamu butuhin juga akan membantu kamu dalam memilih fintech. Karena setiap fintech ada limit yang berbeda-beda.

2. Mulai mengumpulkan refrensi daftar fintech

Langkah yang kedua, coba kamu kumpulkan daftar nama-nama fintech. Hal ini bertujuan untuk mengumpulkan banyak perbandingan. Dari semua fintech yang kamu kumpulkan daftarnya tersebut, baru kamu pilih fintech yang paling aman dan sesuai dengan kebutuhan.

Untuk mempermudah Anda mengumpulkan daftar fintech, berikut saya sebutkan, antara lain:

  • Investree.co.id
  • Pinjaman Go
  • Uang rupiah
  • Koinworks
  • Rupiah cepat
  • Uang teman
  • modalku.co.id
  • Dan masih banyak lagi lainnya

3. Periksa perizinan perusahaan fintech

Selanjutnya yang kamu lakukan adalah memeriksa perizinan dari aplikasi pinjaman online atau fintech itu sendiri. Pastikan bahwa perusahaan tersebut benar-benar memiliki izin resmi dari OJK (Otoritas jasa keuangan)

Pastikan terdapat nomor izin dari OJK dalam website atau aplikasi pinjaman online tersebut. Kemudian untuk mengetahui apakah nomor tersebut valid atau tidak, cek juga di website OJK. Hal ini untuk menghindari fintech yang berpura-pura mengantongi izin dari OJK.

4. Periksa track record dari fintech yang Anda pilih

Selanjutnya carilah informasi terkait dengan perusahaan fintech yang Anda pilih tersebut. Kamu bisa menanyakannya dalam forum-forum online mengenai kredibilitas perusahaan fintech. Kemudian kamu juga browsing di google terkait review dari para pengguna sebelumnya.

Dari sini kamu akan tahu bahwa perusahaan fintech tersebut bagus atau tidak. Tentu demi menghindari menghindari perusahaan fintech yang nakal.

5. Carilah testimoni dari para pengguna fintech

Untuk mendapatkan refrensi fintech terbaik. Coba kamu cari testimoni terkait perusahaan fintech yang hendak kamu pilih. Kamu bisa melihat dari ulasan yang ada di google PlayStore, biasanya akan ada banyak review dan rating dari para pengguna. Ketika banyak ulasan dan review negatif, lebih baik kamu tinggalkan saja.

Pastikan juga testimoni fintech tersebut asli. Karena biasanya dalam aplikasi banyak yang sengaja mereke review kembali dengan akun lain. Caranya kamu bisa pilih yang benar-benar sudah di download banyak pengguna dan mendapatkan ratusan atau ribuan ulasan. Kalau ulasannya baru sedikit, lebih baik hindari fintech tersebut.

6. Pastikan kemudahan mengakses website dan aplikasi fintech

Selanjutnya kamu pastikan bahwa website dan aplikasi tersebut mudah untuk diakses. Terutama untuk website. Hindari website fintech yang sering putus dan susah diakses. Hal itu bertujuan untuk menghindari masalah di kemudian hari. Karena perusahaan yang terpercaya gak mungkin menyediakan kualitas website keuangan yang rendah. Ini juga demi kenyamanan Anda tentunya.

7. Pilih fintech dengan persyaratan yang standart

Lanjut pada masalah persyaratan pengajuan pinjaman di fintech sekarang. Lihat persyaratannya baik-baik. Pastikan masih meminta data dan dokumen yang wajar. Biasanya berupa KTP, Kk, kemudian slip gaji. Hindari fintech yang meminta data yang aneh-aneh misalkan dokumen sertifikat. Apalagi meminta data yang berhubungan dengan pasword rekening, jelas itu nanti berujung pada penipuan.

Kalau fintech tersebut mengajukan persyaratan wajar seperti halnya di Bank. Maka kamu melanjutkan untuk memilih meminjam di fintech tersebut.

8. Pilih fintech dengan bunga dan tenor pinjaman yang standart

Selanjutnya perhatikan juga bunga dan tenor pinjaman dari aplikasi fintech. Pilihlah bunga yang lebih rendah dengan tenor lebih panjang. Biasanya fintech perusahaan besar akan berani memberikan tenor lebih lama misalkan 12 bulan atau lebih. Sedangkan fintech baru biasanya hanya menyediakan jangka pendek dalam hitungan minggu bahkan maksimal 30 hari.

Hal ini juga untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dana Anda dan juga kemampuan Anda dalam mengembalikan pinjaman itu sendiri. Jangan sampai malah memberatkan Anda di kemudian hari.

9. Pilih fintech yang customer service nya selalu online

Tanda-tanda fintech yang bagus adalah memiliki layanan yang baik. Mulai dari CS yang mudah untuk dihubungi. Kamu tes saja aplikasi fintech tersebut untuk melakukan chat, apakah respon cepat, lambat atau bahkan tidak ada respon. Dari sini kamu juga kamu juga bisa mengetahui kualitas fintech yang hendak kamu pilih.

10. Jangan asal kirim data ke semua aplikasi fintech

Kalau kamu cari aplikasi pinjaman online di PlayStore, maka akan ada puluhan bahkan ratusan jumlahnya. Ada sebagian orang yang karena pengen dapat pinjaman mengisi data di semua fintech secara acak. Padahal tidak semua aplikasi fintech di PlayStore bisa dipercaya. Kalau saya lihat masih banyak aplikasi yang memang sengaja untuk menampilkan iklan atau untuk mencuri data orang. Jadi hati-hati dan pastikan kamu mengisi data apalagi mengirimkan dokumen, pastikan fintech tersebut terpercaya terlebih dahulu.

11. Mulai mengajukan pinjaman di fintech

Selanjutnya jika sudah menemukan pilihan yang tepat barulah kamu bisa mulai mengajukan pinjaman. Dalam proses ini silahkan mengisi data dengan benar. Dan yang cukup penting adalah pada saat mengirimkan foto KTP dan foto selfie dengan KTP. Aplikasi tersebut akan memindai foto tersebut. Jadi gunakan kamera yang jernih dan jelas agar pengajuan kamu bisa disetujui.

Yang terakhir tepati angsuran dengan baik. Sebenarnya cukup menguntungkan apabila angsuran kamu tertib. Biasanya akan mendapatkan kenaikan limit di pinjaman berikutnya.

Demikian penjelasan dari saya mengenai tips dan cara memilih fintech yang aman dan terpercaya. Mudah-mudahan artikel dari saya ini bisa memberikan manfaat untuk Anda dan Terima kasih atas kunjungannya.

Posting Komentar untuk "11 Tips Dan Cara Memilih Fintech Yang Aman Dan Terpercaya"

Berlangganan via Email