Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 cara Menaikan Rating Grab Agar Orderan NyocoL Terus

Aldanpost.com - Halo sobat driver, cara menaikan rating grab kali ini perlu Anda lakukan. Karena driver yang memiliki rating tinggi dan bagus, biasanya orderan lancar terus. Ya begitulah cara kerja grab dalam memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat. Pihak perusahaan akan melakukan filtering kepada river dengan kualitas tinggi dan juga untuk driver yang bermasalah, entah itu di sengaja atau tidak. Saya sendiri sebagai penulis mempunyai beberapa kenalan driver grab yang cukup akrab. Dan kenyataannya rating memang benar-benar sangat berpengaruh di awal mereka menjadi driver dan selama narik.

Cara menaikan rating grab mungkin juga banyak dicari oleh Anda yang baru saja menjadi seorang driver pasti. Tenang saja, selama Anda rajin dan disiplin, sebenarnya rating lama kelamaan juga naik kok. Dan yang paling penting adalah tidak membuat masalah pada saat mengantar orang atau mengantar makanan dan barang, itu saja sebenarnya kalau di lakukan selama beberapa waktu, rating kamu juga akan naik. Baiklah, biar makin lengkap, kali ini akan saya coba menjelaskan beberapa hal terkait masalah kali ini.

Cara Menaikan Rating Grab Driver


cara-menaikkan-rating-grab
Foto : Pencarian google

1. Rajin narik orderan grab

Cara menaikan ratig grab driver yang pertama adalah dengan narik narik grab itu sendiri. Well, karena dengan rajinlah Anda bakalan terus memanfaatkan orderan yang ada. Dan biasanya, untuk driver yang selalu standby, dia akan mendapatkan orderan terus menerus. 

Driver grab tentu harus menjaga kesehatan dengan baik untuk menjalankan misi yang pertama ini. Seperti yang kita tahu, bahwa fisik yang sehat cukup menentukan agar bisa terus narik. Tipsnya istirahat dan tidur yang berkualitas di malam hari, agar pagi bangun segar dan bisa narik kembali.

Selama Anda rajin narik, masalah rating nanti juga akan naik sendiri. Dengan catatan ambil orderan grabnya juga yang benar dan melakukan beberapa hal di point-point berikutnya nanti.

Baca juga : Cara meningkatkan penjualan di grabfood

2. Berikan kecepatan waktu saat menjemput

Waktu sekarang ini menjadi sangat penting untuk sebuah jasa pelayanan angkutan seperti halnya ojek online di grab. Seberapa cepat Anda tiba saat menjemput itu menjadi penilaian penting untuk pelanggan atau konsumen Anda.

Apalagi jika mendapatkan konsumen yang tidak sabaran, dan Anda telat bisa saja dikasih rating yang jelek, akhirnya performa grab Anda pun menjadi menurun nantinya. Karena tidak semua konsumen bisa mengerti, padahal kondisi di jalanan memang sering macet dan membuat penjemputan sedikit tertunda.

Meskipun penjemputan harus cepat, namun tetap harus mengutamakan keselamatan Anda. Makanya driver grab rata-rata memang dituntut mahir dalam membawa kendaraan. Kecuali kalau driver mobil, mau gak mau kalau macet bakalan lama juga.

3. Berikan kecepatan waktu untuk antar grab barang dan makanan

Cara menaikan rating grab yang selanjutnya adalah kecepatan pada saat mengantar. Terutama untuk mengantar makanan dan juga barang, atau grabfood disebutnya. Ini cukup menentukan, jadi jangan sampai Anda delay saat ambil orderan grabfood karena bisa rawan mendapatkan rating atau bintang rendah.

Terpaksanya telat atau delay karena terdapat kendala, usahakan untuk memberikan kabar kepada konsumen Anda. Dengan begitu konsumen akan memberikan sebuah pengertian. Kalau sudah diberi tahu sedang ada kendala masih juga tidak mengerti, ya mau bagaimana lagi, hanya kesabaran yang mampu mengatasinya.

Maka dari itu selalu siaga dan sigap serta gesit menjadi hal yang penting. Dengan begitu penilaian dari aplikasi maupun konsumen akan memberikan rating yang terbaik. Namun selain itu safety juga jangan diabaikan, cepat memang penting tapi keselamatan berkendara tetap menjadi nomer 1.

4. Pelayanan yang baik dan ramah saat narik Grab

Selanjutnya adalah pada saat bertemu atau bersama dengan konsumen. Baik itu konsumen seperti apa, sudah seharusnya kita yang melayani memberikan kesopanan dan juga keramahan. Dengan begitu konsumen akan merasa senang dan nyaman. Tentu saja jika konsumen menyukai pelayanan Anda. Maka akan dengan senang hati memberikan rating dan komentar yang baik.

Pelayanan juga penting dalam hal penampilan. Ada beberapa konsumen yang sangat sensitif dalam menilai penampilan driver. Bukan masalah tampan atau tidaknya ya, tapi masalah driver tersebut rapi atau tidak, kemudian wangi tidak. Ini benar adanya hloh, jadi usahakan setiap berangkat narik ya berpenampilan lah yang rapi dan wangi. Ini akan mempengaruhi penilaian dari konsumen Anda nantinya.

5. Pastikan kendaraan naik Grab tidak bermasalah

Cara menaikkan rating grab yang selanjutnya adalah dari faktor armada atau kendaraan yang digunakan driver grab. Baik itu kendaraan bermotor maupun mobil, terutama ini untuk antar penumpang. Jadi selalu usahakan dalam keadaan dalam keadaan prima. Karena kenyamanan kendaraan bagi penumpang juga menjadi penilaian yang cukup penting.

Makanya seorang driver grab perlu melakukan sheck secara rutin kendaraan yang digunakan untuk narik. Terutama untuk mesin dan juga shockbreaker. Khusus untuk grab mobil, tentu perlu rapi dan wangi dalam mobil. Dengan begitu penilaian dari konsumen Anda akan maksimal dan rating Anda pun juga akan naik.

Baca juga : Peluang usaha di bidang otomotif

6. Hindari cancel orderan grab

Masalah cancel orderan ini kadang memang menjadi dilema tersendiri bagi seorang driver grab. Karena yang melakukan cancel ini biasanya konsumen. Meskipun kadang tidak mempengaruhi rating, tapi bisa mempengaruhi kelancaran orderan di hari itu juga.

Makanya untuk point keenam ini, usahakan untuk semaksimal mungkin menghindari cancel orderan. Kecepatan saat merespon dan menjemput mungkin bisa meminimalisir cancel orderan. Kecuali jika memang mendapatkan konsumen nakal yang sering mengerjai driver, ya lagi-lagi cuma kesabaran yang bisa mengatasinya.

7. Siap selalu uang kembalian saat narik Grab

Selanjutnya yang juga bisa membantu menaikan rating grab adalah soal uang kembalian. Meskipun hal yang sepele, tapi kalau mendapatkan konsumen yang sensitif bisa menjadi sebuah masalah. Misalkan saja tidak ada uang kembalian untuk konsumen. Terpaksa harus nukar dan lain-lain. Yang akhirnya akan ada delay atau keterlambatan saat proses melayani konsumen. Akhirnya konsumen yang merasa tidak nyaman bisa memberikan rating rendah. Maka dari itu sediakan uang kembalian yang cukup lengkap untuk mengatasi masalah yang satu ini.

8. Standby di waktu banyak driver grab malas narik

Selanjutnya ini juga merupakan hal yang sangat penting dalam menaikan rating grab. Yakni rajin narik pada saat banyak driver malas narik. Biasanya ada waktu-waktu tertentu, misalkan saja tengah hari, malam hari dan waktu subuh atau waktu hujan sedang turun. 

Waktu-waktu seperti ini pasti banyak driver yang memilih untuk menonaktifkan aplikasi, ini kesempatan buat kamu untuk memaksimalkan mengambil orderan penumpang. Dan biasanya orang yang selalu online di waktu-waktu tadi, orderannya selalu diberi terus menerus oleh pihak aplikasi. Lagi pula selain rating, ini juga menjadikan peningkatan omset dan juga pendapatan.

Diatas adalah beberapa panduan mengenai cara menaikan rating grab. Semoga saja itu bisa membantu Anda buat yang sedang mencari penghasilan dengan menjadi seorang driver grab. Semoga bisa memberikan manfaat, suskses selalu dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "8 cara Menaikan Rating Grab Agar Orderan NyocoL Terus"

Berlangganan via Email