Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Faktor Penyebab Kegagalan Wirausaha Yang Wajib Dihindari

Daftar Isi [Tampil]

Aldanpost.com - Masuk pada materi faktor kegagalan wirausaha. Yakni hal-hal yang menjadi pemicu sebuah usaha mengalami kegagalan,  baik itu kerugian bahkan bangkrut.  Tentu saja seorang wirausahawan harus berhati-hati dan banyak belajar agar tidak melakukan hal-hal tersebut baik secara sengaja maupun tidak disengaja.  

Faktor kegagalan sebuah wirausaha tidak hanya terjadi pada pemula saja.  Terkadang yang sudah lama pun bisa mengalaminya. Biasanya dikarenakan sudah lama menjalankan sebuah usaha atau bisnis namun tidak mengadakan evaluasi,  perubahan atau bahkan karena tidak mengikuti perkembangan zaman.  Meskipun usaha sudah berjalan,  namun penting untuk terus mengelolanya dengan baik agar tidak mengalami kegagalan atau kebangkrutan. 

10 Faktor Penyebab Kegagalan Wirausaha


faktor-kegagalan-wirausaha

1. Tidak bisa mengelola keuangan dalam menjalankan wirausaha

Penyebab yang pertama ini sering terjadi,  yakni salah dalam mengelola keuangan usaha.  Entah itu salah dalam menetapkan prioritas keuangan, atau salah dalam hal mengelola keuntungan usaha itu sendiri.  

Makanya seorang wirausahawan harusnya bisa memisahkan keuangan pribadi dengan keuangan wirausaha.  Selain itu juga harus pandai berhemat agar wirausaha yang dijalankan tidak mengalami defisit keuangan yang menjadikan gagal dalam berwirausaha. 

2. Kalah persaingan pasar dalam menjalankan wirausaha

Faktor kegagalan wirausaha yang selanjutnya dikarenakan kalah dalam persaingan pasar.  Ini juga sering terjadi di lapangan.  Karena persaingan yang tinggi dan kompetitor jauh lebih unggul sehingga usaha milik sendiri ditinggalkan banyak pelanggan dan merugi. 

Maka dari itu seorang wirausahawan harus jitu dalam hal menganalisa kondisi pasar.  Entah itu untuk mencari peluang atau untuk menyajikan produk atau jasa yang lebih unggul. 

3. Faktor gagal wirausaha karena tidak disiplin waktu

Tahukah kamu bahwa waktu menjadi sangat berharga bagi seorang wirausahawan.  Banyak orang berlomba-lomba untuk menjadi lebih cepat dan lebih efisien.  Kalau tidak mau disiplin waktu dalam menjalankan usaha, kemungkinan besar usaha yang kamu jalankan akan mudah merugi bahkan bangkrut. 

Maka dari itu atur jadwal menjalankan usaha dengan baik.  Dan lakukan terobosan-terobosan baru untuk menciptakan sebuah hasil yang lebih cepat dan efisien. 

4. Kegagalan wirausaha karena salah penargetan promosi usaha

Kegiatan promosi dan pemasaran adalah ujung tombak untuk membesarkan wirausaha yang Anda jalankan.  Anda harus melakukan penargetan promosi yang efektif dan efisien.  Ini hal yang sangat penting.  Karena dengan promosi yang tepat sasaran,  kamu akan lebih cepat menemukan pembeli dan tentu saja akan lebih cepat untung seta mengembangkan wirausaha yang kamu jalankan sekarang. 

5. Kegagalan wirausaha karena kualitas SDM rendah

Ada faktor lain yang bisa menyebabkan kegagalan dalam wirausaha,  yakni kualitas SDM rendah. Atau kinerja karyawan menurun,  tidak target bahkan mereka bekerja tidak sesuai dengan keahlian. 

Makanya seorang wirausahawan harus pandai memilih SDM yang tepat dan berkualitas.  Selain itu juga harus bisa melatih dan meningkatkan kinerja SDM yang dimiliki.  Dengan begitu wirausaha Anda akan berjalan secara maksimal. 

6. Kegagalan wirausaha karena tidak update teknologi terbaru

Pengaruh teknologi dalam menjalankan sebuah usaha sangat besar sekali.  Mulai dari mempercepat hasil produksi,  mempercepat promosi, dan beberapa pengaruh lainnya. Ketika seorang wirausahawan selalu update teknologi baru,  biasanya usaha akan lebih cepat berkembang.  Begitu sebaliknya jika seorang wirausaha tidak melakukan update sama sekali,  maka usahanya akan tertinggal dan mengalami kegagalan. 

7. Kegagalan wirausaha karena tidak memiliki relasi bisnis yang kuat

Faktor yang lain yang bisa berpengaruh adalah relasi bisnis.  Sebuah usaha akan lebih cepat maju apabila memiliki relasi bisnis yang kuat.  Baik itu relasi dengan Mitra usaha maupun dengan pelanggan. 

Makanya seorang wirausahawan harus pandai dalam membangun dan menjaga hubungan baik dengan semua pihak yang terlibat dalam wirausaha yang dijalankan. 

8. Kegagalan wirausaha karena tidak fokus dan tidak konsisten

Perlu Anda ketahui bahwa untuk memiliki sebuah usaha yang sukses diperlukan fokus dan konsistensi yang tinggi.  Fokus akan membantu Anda memikirkan usaha dengan maksimal.  Sedangkan konsisten akan membantu mengembangkan usaha Anda dengan maksimal. 

Banyak pemula yang tidak fokus dan tidak konsisten yang akhirnya mereka gagal.  Misalkan saja terlalu sering berpindah jenis usaha atau kurang tekun dalam proses membangun usaha itu sendiri. 

Faktor kegagalan wirausaha diatas jika bisa Anda hindari,  pasti usaha Anda akan menjadi lebih cepat berkembang.  Selain itu harus banyak belajar,  melakukan evaluasi,  pembaharuan sistem usaha dan terus konsisten dalam membesarkan usaha itu sendiri.  Demikian yang dapat saya sampaikan,  semoga bermanfaat dan Terima kasih

1 komentar untuk "10 Faktor Penyebab Kegagalan Wirausaha Yang Wajib Dihindari"

Berlangganan via Email