Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Cara Melatih Mental Dalam Berjualan Agar Cepat Sukses

Daftar Isi [Tampil]

Aldanpost.com - Masuk pada materi cara melatih mental berjualan. Yakni sebuah langkah untuk menjadi lebih berani dan tangguh dalam menjalankan aktifitas penjualan usaha Anda. Seperti yang kita tahu bahwa tidak semua orang memiliki keberanian yang bagus untuk berjualan. Terutama untuk yang belum berpengalaman. Biasanya akan cenderung malu-malu untuk menawarkan atau sekali ditolak saja sudah menyerah. Tentu bukan hal yang mudah untuk seorang pemula. Jadi keberanian serta mental dalam berjualan tersebut harus dilatih secara bertahap. 

Cara melatih mental berjualan harus dimulai sejak dini, saat ini juga. Yakni dengan memaksakan dirimu untuk terus berjualan. Awalnya memang banyak hal yang tidak nyaman, namun ketika sudah terbiasa semuanya akan baik-baik saja. Sebenarnya pembentukan mental bisa berhasil karena terbiasa. Bagi Anda yang merasa belum bermental kuat saat jualan hanya perlu membiasakannya saja. Baiklah, beberapa langkah agar kamu mempunyai mental jualan yang bagus akan saya bahas lengkap pada artikel kali ini.

Cara Melatih Mental Berjualan


cara-melatih-mental-berjualan


1. Pahami lebih dalam produk atau jasa yang hendak dijual

Agar kamu memiliki mental yang percaya diri saat berjualan, alangkah lebih baik kamu menguasai produk atau jasa yang hendak kamu jual. Karena dengan menguasai pemahaman produk Anda akan jauh lebih mudah dalam menjawab pertanyaan dari calon konsumen. Dengan begitu tidak akan menempatkan Anda salah jawab atau tidak bisa menjawab yang menyebabkan kamu minder dan tidak mental dalam berjualan.

Coba kamu pelajari lagi produk yang ingin kamu jual secara menyeluruh, baik itu kelebihan maupun kekurangannya. Selain itu jika kamu paham dengan produk yang dijual dengan baik, maka kamu penjelasan kamu pun lebih mudah diterima oleh calon pembeli. 

Baca juga : kiat sukses usaha dagang

2. Jangan takut untuk menawarkan kepada siapapun

Salah satu kekurangan seorang pemula ketika berjualan adalah takut menawarkan. Bahkan memilih-milih orang yang hendak ditawarin produk. Hal ini perlu Anda hindari. Tawarkan saja kepada semua orang yang kamu temui kalau memang produkmu tersebut memungkinkan untuk mereka beli. Entah itu hasilnya diterima atau ditolak, yang penting tawarkan saja. Kemudian ketika menghadapi orang yang terkenal atau orang yang kamu segani, juga tawarkan saja. Lama kelamaan kamu akan terbiasa dan bahkan bisa menyapu bersih semua peluang dengan menawarkan ke semua orang saat berjualan.

3. Memperbanyak menawarkan produk atau jasa yang dijual

Cara agar mental berjualan cepat terlatih adalah terus melakukan penawaran itu sendiri. Semakin sering menawarkan maka segala macam perasaan grogi, takut, dan yang lainnya lama kelamaan akan hilang. Seorang penjual yang ahli tidak bisa dibentuk dalam hitungan hari. Bahkan mereka yang ahli berjualan biasanya sudah berpengalaman bertahun-tahun. 

Jadi jangan bekecil hati jika mentalmu belum sekuat mereka yang sudah lama. Hanya perlu terus mengulang saja. Saya yakin sekali jika Anda mengulangnya sebanyak 200 - 500 kali penawaran, setelah itu mental Anda akan segera terbentuk.

4. Jangan takut ditolak saat berjualan

Ketika seseorang berjualan, pasti hasilnya ada 2 antara laku dan tidak laku, antara diterima atau ditolak. Ketika Anda sudah takut ditolak terlebih dahulu, maka penawaran saat kamu berjualan tidak akan maksimal. Jadi jangan takut ditolak saat berjualan. 

Jadikan penolakan-penolakan saat menawarkan produk atau jasa tersebut adalah sebuah hal yang biasa. Jangan terlalu diambil hati kamu hanya perlu tersenyum kemudian lakukan lagi dan lagi untuk menawarkan kepada orang yang lain.

Baca juga : cara menyisihkan uang hasil dagang

5. Perbaiki penampilan saat hendak berjualan

Agar kamu lebih percaya diri saat berjualan, usahakan untuk mempersiapkan penampilan dengan baik. Ini juga akan mempengaruhi perasaan dan mental saat berjualan. Selain itu juga akan mempengaruhi komentar dari orang lain. Misalkan saja kamu berpakaian dengan lebih rapi, lebih wangi lebih modis. Kamu akan percaya diri ketika dilihat orang-orang. Dan orang yang kamu tawarkan pun juga akan senang dengan melihat penampilanmu yang keren itu. 

6. Abaikan komentar buruk dari orang lain

Ketika seorang berjualan, terkadang mendapatkan komentar buruk langsung menyerah. Padahal sebagus apapun penjual pasti akan mendapatkan komentar buruk atau negatif. Misalkan saja kamu berjualan baju, terus ada orang yang bilang baju mu tersebut jelek. Apakah kamu akan menyerah? Apakah kamu akan marah? Tidak perlu, kamu hanya perlu mengabaikan komentar buruk tersebut. Kemudian berusaha menawarkan lagi sampai mendapatkan pembeli yang tepat. Dengan kamu mengabaikan komentar buruk yang sering kamu terima saat berjualan, maka mental kamu akan semakin terbentuk.

7. Bertekadlah demi impianmu

Mental berjualan yang kuat akan terbentuk dari tekad yang kuat pula. Jadi pastikan kalau kamu benar niat dalam berjualan. Tekankan untuk tujuan besar dalam hidup kamu. Meskipun hanya berjualan barang murah sekalipun di masa bisa membantumu mewujudkan impian kalau kamu bersungguh-sungguh. 

Motivasi lah dirimu sebaik mungkin untuk lebih berani,  tetap konsisten dan tidak mudah menyerah. Dengan begitu kamu akan terus berjalan dan lama kelamaan mental berjualan kamu akan semakin kuat. 

8. Banyak belajar tentang cara berkomunikasi

Seorang penjual yang ahli biasanya dia pintar dalam berkomunikasi. Maka dari itu kamu juga harus terus melatih kemampuan dalam berkomunikasi. Banyak herinteraksilah dengan orang lain dan orang baru yang kamu temukan. Cobalah belajar membuat percakapan yang menyenangkan untuk mereka.

Karena komunikasi adalah salah satu kunci sukses dalam berjualan. Makin ahli kamu dalam komunikasi maka semakin besar kemungkinan sukses menjual. Dan ini juga akan terus menjadikan mentalmu lebih kuat dalam berjualan. Kamu juga bisa mempelajari cara-cara agar lebih berani berbicara di depan umum dan juga cara melakukan presentasi di depan umum, karena hal ini nantinya juga akan berkaitan dengan mentalmu dalam berjualan.

9. Terus melatih diri untuk berjualan 

Yang terakhir adalah terus melatih diri dengan baik. Karena semua tidak ada yang instan bisa kamu dapatkan. Tentu harus melalui proses dan tahapan tertentu. Sebagai contoh,  dalam sebuah perusahaan ada sales atau penjual senior dan penjual baru yang belum pengalaman. Alasan kenapa penjual senior lebih ahli, karena dia terus mengasah kemampuannya menjual bahkan sudah dalam waktu yang lama. Jadi jangan pernah brhenti untuk terus mencoba dan mencoba lagi. 

Semua cara diatas akan menjadi lebih maksimal kalau kamu juga banyak belajar. Entah itu dengan mengikuti seminar. Belajar dari buku-buku bisnis dan marketing. Dan bisa juga belajar kepada orang yang sudah berpengalaman. Pastinya semakin banyak belajar kamu akan semakin banyak mendapatkan asupan yang bagus untuk semakin bermental dalama berjualan. 

Saya kira cukup penjelasan dari saya kali ini tentang cara melatih mental berjualan. Semoga saja bisa memberikan sebuah manfaat untuk Anda dan Terima kasih. 

Posting Komentar untuk "9 Cara Melatih Mental Dalam Berjualan Agar Cepat Sukses"

Berlangganan via Email