Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketahui Apa Ekstensi Domain yang Bagus untuk Toko Online!

aldanpost - Memiliki toko online saat ini bukanlah sesuatu hal yang aneh. Nama domain yang digunakan untuk website toko online tentunya harus dipilih secara cermat agar semakin mendukung proses branding dari toko. Selain pemilihan nama domain, hal lain yang perlu diperhatikan adalah pemilihan ekstensi domain. Kenali apa ekstensi domain yang bagus untuk toko online sehingga akan semakin mendukung eksistensi toko online yang dimiliki. 

Ekstensi domain adalah susunan karakter yang terletak di belakang nama domain. Memilih ekstensi domain bisa dikatakan gampang-gampang susah. Kesalahan dalam memilih ekstensi domain dapat berakibat tidak baik untuk perkembangan toko online. Ekstensi domain yang tepat dapat mendukung toko online semakin mudah ditemukan dan juga meningkatkan kepercayaan dari calon konsumen.

apa ekstensi domain yang bagus

Apa Ekstensi Domain yang Bagus untuk Toko Online?

Saat ini tersedia banyak sekali ekstensi domain yang bisa dipilih untuk digunakan. Meski demikian, tidak semua ekstensi domain bisa digunakan untuk toko online. Cermati macam-macam ekstensi domain yang cocok untuk toko online sehingga tidak salah memilih. Lantas apa ekstensi domain yang bagus untuk toko online? Berikut beberapa ekstensi domain yang bisa dipilih. 

Ekstensi Domain .com

Fungsi atau kegunaan ekstensi domain adalah untuk mengidentifikasi atau mengenali sebuah web hosting. Ekstensi domain .com merupakan singkatan dari commercial. Hal ini berarti bahwa ekstensi domain .com diperuntukkan bagi para pebisnis secara umum, baik perusahaan ataupun pribadi. 

Seiring perkembangan teknologi digital, ekstensi .com tidak hanya digunakan bagi keperluan komersial namun juga untuk website atau blog non komersial. Penggunaan ekstensi .com pada toko online akan meningkatkan tingkat kepercayaan dari calon konsumen. Sebagai ekstensi domain tertua, ekstensi .com juga lebih mudah diingat oleh calon pembeli dibandingkan dengan ekstensi lainnya. 

Ekstensi Domain .id

Apa ekstensi domain yang bagus berikutnya? Ekstensi domain .id dapat dipilih sebagai ekstensi domain toko online yang dimiliki. Ekstensi .id merupakan identitas bagi negara Indonesia. Meski demikian ekstensi ini masih tetap dapat digunakan oleh para blogger luar negeri.

Pemilihan ekstensi .id sangat cocok digunakan apabila toko online menargetkan pembeli dari negara Indonesia atau dari wilayah Asia. Mesin pencari akan memprioritaskan website dengan ekstensi domain .id jika ada calon pembeli yang berasal dari negara Indonesia. 

Ekstensi Domain .co.id

Ekstensi domain .co.id merupakan jenis ekstensi domain yang dihadirkan oleh Pengelola Nama Domain Indonesia atau PANDI. Ekstensi domain ini ditujukan bagi perusahaan-perusahaan atau brand yang sudah mempunyai legalitas hukum. Oleh karena itu perlu aneka dokumen legal untuk bisa menggunakan ekstensi .co.id seperti misalnya NPWP, SIUP, dan juga identitas perusahaan. 

Ekstensi Domain .shop

Sehubungan dengan makin maraknya website e-commerce di dunia, maka muncul ekstensi domain yang baru. Salah satu ekstensi domain tersebut adalah .shop yang tentunya sangat cocok digunakan untuk website toko online. Saat muncul pertanyaan tentang apa ekstensi domain yang bagus untuk toko online, maka ekstensi domain .shop dapat menjadi pilihan. 

Ekstensi Domain .store

Mirip dengan .shop, ekstensi .store juga merupakan ekstensi baru yang muncul sebagai tanggapan atas maraknya website e-commerce. Meskipun belum terlalu populer namun ekstensi domain ini bisa langsung menunjukkan bahwa website tersebut adalah sebuah toko online. Ekstensi domain .store dapat menjadi alternatif pilihan ketika ekstensi domain yang diinginkan seperti misalnya .com sudah tidak tersedia. 

Apa ekstensi domain yang bagus untuk toko online hanya ada lima ekstensi tersebut di atas? Tentu saja tidak terbatas pada ekstensi domain yang telah disebutkan. Masih ada ekstensi domain lain yang bisa dipilih seperti misalnya .biz, .info, atau juga ekstensi domain .net. 

Saat ini bahkan tersedia ekstensi domain yang cukup spesifik menunjukkan produk-produk yang dijual. Sebagai contoh sekarang tersedia ekstensi domain .camera, .boutique, .bike, dan bahkan ekstensi domain .coffee. Dari nama ekstensi domain tersebut orang sudah dapat menebak apa yang dijual oleh toko online tersebut.

Demikianlah beberapa ekstensi domain yang bisa menjadi jawaban atas pertanyaan apa ekstensi domain yang bagus untuk toko online. Pilihlah ekstensi domain secara cermat selain nama domain yang sesuai sebagai salah satu upaya branding toko online. Semoga penjelasan ini dapat membantu untuk memilih dan menentukan ekstensi domain yang akan digunakan dalam website toko online. 

Posting Komentar untuk " Ketahui Apa Ekstensi Domain yang Bagus untuk Toko Online!"

Berlangganan via Email