Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Itu Google Analytics dan Manfaatnya bagi website

aldanpost - Masih saja ada yang bertanya tentang apa itu google analytics dan fungsinya dalam website. Hal ini cukup disayangkan, karena keberadaan tool ini sebenarnya terbilang wajib. Terutama bagi Anda yang memanfaatkan website sebagai tempat berbisnis, berjualan, maupun branding diri (seperti seorang penulis). Kenapa demikian?

Sebab, google analytics akan membantu Anda untuk menyuguhkan traffic, demografi, serta konten-konten populer. Hasilnya dapat Anda gunakan sebagai bahan evaluasi untuk mengoptimalkan website, baik mengenai teknis, konten, maupun plugin lainnya.

Apa Itu Google Analytics dan Manfaatnya

Mengenal Apa Itu Fungsi Google Analytics

Setelah mendapat sedikit gambaran di atas, maka tiba saatnya untuk mengenal apa itu arti dan manfaat google analytics lebih jauh lagi. Berikut ulasan selengkapnya yang wajib dibaca sampai habis:

1. Pengertian

Masih ada yang bingung dengan pertanyaan apa itu google analytics? Secara garis besar, Google Analytics merupakan layanan gratis yang diberikan oleh Google untuk menganalisa apapun yang terhubung secara online. Namun, jika menginginkan fitur ataupun manfaat yang lebih, maka Anda dapat berlangganan paket premiumnya bernama Google Analytics360.

2. Manfaat

Meski termasuk tool gratisan, kinerja Google Analytics terbilang cukup mumpuni dan sangat membantu, terutama bagi pebisnis online. Agar tidak semakin penasaran dengan apa itu fungsi google analytics, berikut ulasannya untuk Anda:

a. Mengetahui Konten Trending

Konten merupakan senjata utama bagi dunia online, karena dari sini pelanggan atau calon konsumen akan mencari informasi. Konten yang senantiasa fresh, berkualitas, dan menarik akan menaikkan traffic pada website Anda. Dengan memanfaatkan Google Analytics, Anda dapat melihat konten-konten yang sedang digandrungi.

b. Memantau Visitor Secara Real Time

Setelah konten, visitor adalah aset berharga bagi sebuah website, terutama dalam urusan bisnis. Tak hanya berupa akun pengunjung, tetapi Anda akan mendapatkan informasi secara mendetail, seperti usia, jenis kelamin, lama kunjungan, dan lain-lain. Berdasarkan laporan yang diminta, Anda juga dapat mengenali perilaku setiap pengunjung yang mampir ke website. 

c. Mengoptimalkan Keyword

Keyword atau kata kunci adalah jenis-jenis pembahasan konten yang paling banyak dicari orang. Keberadaan Google Analytics akan memberikan gambaran tersebut, sehingga Anda dapat mengoptimalkan konten agar sesuai ketentuan SEO. Di sinilah apa itu google analytics dan manfaatnya terjawab sudah.

d. Mengamati Kinerja Serta Kecepatan Loading

Kecepatan loading menjadi salah satu kunci kesuksesan sebuah website. Situs yang lambat akan membuat pengunjung merasa gerah, bosan, dan malas untuk mencari informasi lain. Apa itu google analytics dapat mengatasi hal ini? Tidak secara langsung, tetapi Anda dapat memantau kinerja dan kecepatan website menggunakan Google Analytics.

3. Cara Install

Cara menginstall Google Analytics sebenarnya sesederhana saat harus menjawab pertanyaan apa itu google analytics. Bahkan, seorang pemula sekali pun dapat melakukannya dengan mudah. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

a. Daftar Akun Pada Google Analytics

Sebelum melangkah lebih jauh, ada satu hal yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu, yaitu akun pada Google Analytics. Jika belum memilikinya, ikuti panduan di bawah ini:

  • Buka situs www.google.com/analytics, lalu klik Sign in to Analytics.
  • Pilih Pendaftaran, lalu isi semua data yang diperlukan. 
  • Scroll ke halaman paling bawah, pilih “Dapatkan ID Pelacakan”.
  • Jangan lupa klik centang I Accept pada halaman syarat dan ketentuan layanan. 

b. Pemasangan

Saat pendaftaran akun pada Analytics berhasil, Anda akan mendapatkan tracking kode berupa JavaScript. Kode inilah yang nantinya akan Anda perlukan dalam proses penginstalan. Berikut adalah langkah-langkah untuk menginstall pada website WordPress yang dapat Anda ikuti: 

  • Buka website WordPress Anda, lalu login.
  • Klik Plugins yang ada pada dashboard, lalu cari Google Analytics Dashboard for WP atau GADWP.
  • Pilih Apprearance, lalu klik Editor.
  • Buka “Theme Header (header.php). Salin kode yang tadi dikirimkan, lalu tempelkan di atas tulisan </head>
  • Klik Update File. Selesai. 

Langkah tersebut akan berbeda, jika situs yang Anda miliki berupa Blogspot. Tak perlu cemas, karena berikut langkah-langkah pemasangannya:

  • Buka dashboard blog Anda, lalu login.
  • Pilih menu Template, klik Edit HTML.
  • Carilah kode </head>, tempelkan kode tracking yang Anda miliki. 
  • Jika sudah berhasil, pilih Simpan Template. 

Demikian sedikit ulasan mengenai pengertian, manfaat, hingga cara install Google Analytics. Semoga bermanfaat dan tidak ada lagi yang merasa bingung dengan apa itu google analytics. Sekadar masukan, jika tidak dapat mengelola analisa ini sendiri, maka Anda dapat memercayakannya pada pihak ketiga yang terpercaya.

Posting Komentar untuk " Mengenal Apa Itu Google Analytics dan Manfaatnya bagi website"

Berlangganan via Email