Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Hosting dan Jenisnya? Simak Penjelasan Lengkapnya!

Daftar Isi [Tampil]

aldanpost - Memiliki blog gratis memang mudah. Namun jika ingin membuatnya menjadi blog profesional, gunakan hosting agar blog makin keren. Tentu Anda perlu mengenal apa itu hosting dan jenisnya, sebelum mengubah blog gratisan menjadi blog profesional dengan hosting. Bukankah sebuah bisnis tampak elegan ketika memiliki website resmi? 

Pengertian web hosting atau blog hosting dapat dipahami sebagai tempat penyimpanan. Tanpa hosting, sebuah website atau blog tidak bisa diakses oleh pengunjung. Kecuali memiliki server layaknya lembaga besar seperti rumah sakit, pemerintah, atau pemilik provider.

apa itu hoting dan jenisnya

Pengertian Hosting

Hosting adalah salah satu perangkat paling penting yang membuat suatu blog atau website dapat diakses secara luas. Data apapun yang diunggah dan digunakan melalui dunia maya secara otomatis tersimpan di hosting. Sehingga semua gerakan manusia di dunia maya terpantau dan terekam di sana.

Ulasan singkat ini akan membahas tentang apa itu hosting dan jenisnya. Dengan adanya hosting, pengunjung suatu website atau blog dapat melihat file berupa tulisan, gambar, video, atau lainnya. Tanpa hosting, tidak ada file yang bisa diakses oleh pengunjung di situs tujuannya. Karena situs atau blog tidak dapat disusun.

Alur Kerja Hosting

Pembahasan mengenai apa itu hosting dan jenisnya mungkin membuat penasaran bagaimana hosting bekerja. Website atau blog ibarat sebuah rumah di dunia maya. Rumah itu hanyalah kerangka yang tidak bisa berdiri tanpa “tempat”, kan? Nah, hosting adalah tempat rumah dunia maya tersebut berada. Jadi bayangkan hosting itu seperti “tanah” tempat rumah berdiri.

Sehingga segala bentuk desain, tema, file, tulisan, iklan, plugin dan sebagainya harus ditempatkan pada hosting sesuai alamat rumah tersebut. Tanpa hosting, rumah tidak bisa eksis. Baik website atau blog gratis maupun berbayar harus menggunakan hosting. Kecuali sebuah program yang memiliki servernya sendiri. Biasanya yang seperti ini tidak bisa diakses luas.

Seperti rumah sakit, atau dinas pemerintah yang membuka pelayanan untuk masyarakat umum. Biasanya mereka menggunakan server untuk menjalankan aplikasi tertentu yang merupakan sebuah sistem informasi internal. Misalnya untuk rumah sakit, yang memiliki sistem informasi pasien mulai dari pendaftaran sampai perawatan. Data tersebut terkumpul di server.

Jenis Hosting

Para programmer tentu sudah tidak asing dengan apa itu hosting dan jenisnya. Ada beberapa jenis-jenis hosting yang dapat dipilih dan digunakan oleh para blogger, programmer atau web developer:

1. VPS Hosting

Merupakan singkatan dari Virtual Private Server. Hosting jenis ini dapat dibagi dengan pengguna lain selama ruang penyimpanan masih cukup. VPS cocok digunakan oleh pebisnis online atau blogger dan web developer yang traffic webnya sudah cukup tinggi.

2. Shared Hosting

Secara bahasa shared hosting merupakan hosting yang dapat dibagi-bagi. Pembelian hosting jenis ini memungkinkan pengguna berbagi server dengan pengguna lain pada provider hosting yang sama. Dengan penggunaan yang dibagi, harganya bisa lebih murah dan control panel juga mudah diakses pengguna.

3. Cloud Based Hosting

Cloud merupakan ruang penyimpanan online yang semakin banyak peminatnya. Dengan ruang penyimpanan yang tak terbatas, keberadaan server menjadi tidak berpotensi mengganggu traffic blog atau website. Apabila salah satu server mengalami gangguan, server lain dapat tetap bekerja normal sehingga kinerja web atau blog tidak terganggu.

4. WordPress Hosting

Hosting ini hanya bisa diakses oleh para pengguna WordPress. Untuk blog WordPress gratisan, hosting blog merupakan subdomain yang menempel pada server induknya.sedangkan untuk web dengan cms, hosting WordPress memiliki akses cpanel terpisah dengan blog gratisan.

Bukan hanya apa itu hosting dan jenisnya yang harus dikuasai oleh para programmer atau web developer. Mereka juga perlu menguasai SEO dan penulisan konten yang baik untuk menaikkan traffic websitenya. Dengan traffic yang tinggi, peringkat blog atau website akan naik dan semakin besar potensinya untuk mendatangkan uang.

Demikian pembahasan mengenai apa itu hosting dan jenisnya. Jika Anda tertarik untuk mengubah atau membuat blog baru yang profesional untuk bisnis, sebaiknya gunakan hosting. Ada banyak jasa penyedia website siap pakai. Sehingga para pengusaha tidak perlu repot lagi belajar bahasa program atau menghabiskan waktu untuk membangun website baru untuk bisnis.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Hosting dan Jenisnya? Simak Penjelasan Lengkapnya!"

Berlangganan via Email