Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pahami Apa Itu Negatif SEO dan 3 Cara Mencegahnya

aldanpost - Ulasan ini akan membahas secara singkat apa itu negatif SEO. Termasuk bagaimana strategi yang biasa digunakan oleh para spammer dan bagaimana cara mencegahnya. Penting untuk para blogger atau web developer pemula membaca ulasan ini hingga akhir.

Strategi negatif SEO yang digunakan sesungguhnya merupakan strategi yang jauh dari kata etis di dunia maya. Namun masih banyak aktivis SEO yang berbuat demikian. Mungkin di kehidupan nyata mereka juga memiliki karakter yang sama.

Apa Itu Negatif SEO

Apa Itu Negatif SEO

Jika Anda adalah blogger atau web developer pemula, maka wajib memahami apa itu negatif SEO. Dari berbagai referensi dapat dipahami pengertian negatif SEO adalah serangkaian cara yang digunakan untuk menurunkan peringkat web kompetitor. Cara tersebut biasanya digunakan oleh para pejuang SEO dan dianggap negatif oleh penilaian Google Webmaster.

Layaknya dalam kehidupan nyata, ada orang-orang yang berusaha menjatuhkan karir orang lain demi kenaikan karir pribadinya. Begitu juga di dunia website, ada pemilik website yang menggunakan cara licik untuk menjatuhkan kompetitor dengan peringkat SEO lebih tinggi. Ini dilakukan agar peringkat artikel atau website-nya naik di mata mesin pencari.

Strategi Negatif SEO

Ada beberapa strategi yang sering digunakan untuk mempraktikkan apa itu negatif SEO oleh para spammer dan aktivis SEO. Cara-cara tersebut jika ketahuan oleh pengawasan mesin pencari seperti Google akan mendapat rating negatif. Akibatnya pada jangka panjang website yang menerapkan negatif SEO akan diturunkan dari peringkat Google. 

Menyuntikkan Link Spam

Jangan pernah menulis link hidup di kolom komentar website lain secara sembarangan jika belum mengenal apa itu negatif SEO. Cara ini seringkali terindikasi sebagai spam dan pemilik link spam ditandai sebagai pengguna yang buruk oleh Google. 

Dalam waktu singkat link yang ditanam di website lain baik melalui kolom komentar atau spam dengan cara lain dapat menaikkan peringkat SEO. Namun penilaian jangka panjang justru akan memperburuk penilaian mesin pencari terhadap website pemilik link tersebut.

Menduplikat Konten

Dengan menduplikat konten yang memiliki kualitas baik, backlink yang berkualitas, maka postingan tersebut akan turun peringkat dari web asalnya. Cara ini bisa dianggap licik oleh Google dan termasuk dalam pengertian apa itu negatif SEO. Maka sebaiknya bangun website hanya menggunakan konten original dan jangan menggunakan hasil plagiasi.

Memasang Redirect

Sebagian besar redirect dianggap sebagai backlink dengan kualitas buruk oleh Google. Terutama jika link tersebut mengarah pada bisnis perjudian, prostitusi dan postingan yang mengandung SARA. Semakin banyak redirect yang dipasang dan terkesan mengganggu pengunjung, lama kelamaan akan ditandai sebagai spam. Ini bisa menurunkan peringkat website.

Cara Mencegah Serangan Negatif SEO

Dengan mengetahui tentang negatif SEO, serta strategi apa saja yang biasa digunakan, maka hindari cara tersebut untuk optimasi SEO. Sebagai pemilik web, para blogger perlu melakukan tindakan pencegahan. Agar website miliknya tidak diserang oleh negatif SEO oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Daftarkan Website di Webmaster Tools

Dengan mendaftarkan website di Webmaster Tools mesin pencari, mereka dapat mengindikasi bahwa pemilik website tersebut valid. Mesin pencari akan mengirimkan notifikasi jika sewaktu-waktu ada yang ingin menyerang domain tersebut. Baik menyerang melalui malware atau spam, atau strategi mencurigakan lainnya.

Lacak Backlink Secara Berkala

Jika belum bisa memahami secara mendalam mengenai strategi negatif SEO, sebaiknya pelajari cara membuat backlink yang baik. Agar backlink tersebut berfungsi memperbaiki peringkat SEO, bukan malah menghancurkannya. Penting juga untuk melacak backlink yang sudah berhasil ditanam agar tidak dirusak oleh hacker.

Lindungi Backlink Terbaik

Adakalanya hacker atau spammer bertindak merusak backlink terbaik yang berhasil ditanam oleh para blogger di website-nya. Ini bisa dilindungi dengan cara memperkuat akun website dan jangan sampai ada hacker yang berhasil menembus ruang administrator. Karena mereka bisa menghubungi admin backlink terbaik Anda lalu meminta mereka menghapusnya.

Strategi lain yang harus diperhatikan, para blogger juga wajib melindungi website-nya dari serangan malware. Yaitu dengan menggunakan plugin pelindung (jika website dibangun berbasis Wordpress). Pemahaman singkat mengenai apa itu negatif SEO ini juga bermanfaat agar para blogger atau web developer menerapkan strategi SEO sesuai etika dunia maya.

Posting Komentar untuk " Pahami Apa Itu Negatif SEO dan 3 Cara Mencegahnya"

Berlangganan via Email