Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Pentingnya Domain? Simak Penjelasan Lengkapnya!

Daftar Isi [Tampil]

aldanpost - Meskipun dunia bisnis digital mengalami banyak perkembangan, ternyata masih banyak yang belum memahami apa pentingnya domain. Padahal domain merupakan salah satu bagian penting untuk mendongkrak dan menguatkan branding.

Selain itu,  juga bisa untuk meningkatkan kredibilitas seorang pelaku bisnis digital di dunia maya. Oleh karena itu, mari simak ulasan lengkap berikut ini mengenai apa itu domain beserta fungsinya.

Apa Pentingnya Domain?

Apa Itu Domain?

Domain merupakan nama eksklusif untuk mengenali alamat server komputer atau email server di internet (IP Address). Domain memudahkan para pengguna internet untuk mengakses dan mengingat server yang dikunjungi tanpa harus menyebutkan deretan angka yang rumit. 

Contoh domain adalah kaskus.us, wikipedia.org, video.com, detik.com, dan lain sebagainya. Nama domain tersebut juga dikenal sebagai kesatuan dari sebuah situs web. Umumnya nama domain ini juga disebut URL atau alamat website.

Apa Pentingnya Domain?

Nama domain sangat penting untuk menyokong kesuksesan sebuah website.  Karena nama domain dapat mempengaruhi traffic website tersebut nantinya. Itulah mengapa sebaiknya anda memilih nama domain yang sesuai yang sekaligus mendeskripsikan isi dari website.Nama domain tidak perlu panjang, namun tentunya harus unik dan mudah diingat oleh orang lain. Inilah penjelasan dari apa pentingnya domain.

Domain itu ibaratnya sebuah shortcut yang membuat pengunjung website terarah ke server Anda. Bisa dibilang, tanpa domain, pengunjung harus memasukkan alamat IP yang panjang dan pastinya sulit diingat. Sehingga tidak efektif untuk diiklankan atau digunakan untuk keperluan lainnya. 

Perlu diketahui juga bahwa domain dapat menggunakan redirect atau pengalihan yang akan memudahkan Anda menentukan para pengunjung yang mengakses domain Anda secara otomatis dialihkan ke situs lain yang Anda inginkan. Nah, metode inilah yang digunakan pada microsites atau mengalihkan dari landing page ke situs utama Anda. 

Beragam Tipe Domain

Setelah mengetahui apa pentingnya domain, anda juga harus mengetahui berbagai macam tipe domain yang ada. Karena tidak semua domain mengikuti formula dan aturan yang sama. Meskipun domain “.com” kerap kali digunakan namun masih ada domain lain yang anda pilih. Berikut beragam tipe domain yang paling banyak digunakan.

1. Top Level Domains (TLD)

Tipe nama domain yang satu ini merupakan level teratas dari sistem nama domain di internet. Banyak orang yang memilih menggunakan TLD karena lebih simpel dan mudah diingat. Ada ribuan TLD yang bisa anda gunakan namun yang paling banyak dipakai adalah .com, .org, .net, dan .edu. Apalagi, TLD juga membuat website yang Anda miliki menjadi lebih unggul di mesin pencari. Daftar TDL secara resmi diatur oleh organisasi yang disebut IANA (Internet Assigned Numbers Authority).

2. Second Level Domain (SLD)

SLD merupakan nama domain yang Anda daftarkan. Simpelnya Second Level Domain adalah nama website Anda. Contohnya pada domain Wikipedia.org nama ‘wikipedia’ inilah yang disebu dengan SLD.

3. Third Level Domain

Third Level Domain juga kerap disebut sebagai subdomain. Ia terletakan pada bagian paling depan sebuah URL. Contohnya www.teknoapalahxx.com  maka ‘www’ ini yang termasuk dalam Third Level Domain.

Perbedaan TLD dan gTLD

Agar lebih memahami apa pentingnya domain dan semua jenisnya, Anda juga sebaiknya mengetahui perbedan dari TLD dan TLD. Kedua jenis domain ini sering ditemui pada website popular di rangking teratas pencarian Google.

1. Generic Top Level Domain (gTLD)

Sederhananya, gTLD merupakan TLD yang tidak memakai kode Negara. Sebagian besar gTLD ditujukan untuk penggunaan website yang spesifik, misalnya .edu untuk website institusi pendidikan, .com untuk komersial, .biz untuk keperluan bisnis, dan lain sebagainya.

2. Country Code Top Level Domain (ccTLD)

ccTLD memuat domain yang hanya terdiri dari dua huruf dan didasarkan pada kode Negara internasional misalnya .id untuk Indonesia, .us untuk United States dan .jp untuk Jepang. Biasanya ccTLD digunakan untuk menunjukkan bahwa isi website tersebut diperuntukkan masyarakat pada Negara tersebut.

Nah itu tadi ulasan lengkap mengenai apa pentingnya domain, juga berbagai tipe domain yang banyak digunakan orang. Bagaimana? Apakah Anda telah memutuskan untuk membuat nama domain yang menarik? Semoga bermanfaat. 

Posting Komentar untuk " Apa Pentingnya Domain? Simak Penjelasan Lengkapnya!"

Berlangganan via Email