Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berkenalan dengan Tokoh Muslim Berpengaruh di Dunia

aldanpost - Berkenalan dengan Tokoh Muslim Berpengaruh di Dunia - Sudah selayaknya sebagai muslim milenial saat ini. Para tokoh muslim yang sudah menggoreskan tinta emas bagi kebangkitan dan kejayaan umat islam. Mereka tokoh islam ini patut untuk dikenang serta dikenal. Bukan hanya itu saja, alangkah lebih baik lagi jika bisa mengikuti jejak para tokoh tersebut.

Tahukah Anda bahwa ada yang menuliskan tentang rasul Muhammad SAW adalah seorang mulia yang membangkitkan peradaban dunia. Pernyataan tersebut terdapat pada Ensiklopedi Oxford yang dikemukakan oleh John L Esposito. Tidak hanya itu, dalam buku The 100 karya dari Michael H Hart juga dituliskan bahwa beliau adalah tokoh yang paling berpengaruh sepanjang masa. simak juga tentang Sosok Islam inspiratif

Banyak juga tokoh muslim berpengaruh selain rasulullah Mugammad SAW yang turut serta memberikan sumbangsih terhadap perkembangan zaman dan tinta emas yang digoreskan yang masih berguna hingga sampai saat ini. Berikut adalah beberapa tokoh muslim tersebut.

tokoh muslim berpengaruh
tokoh muslim berpengaruh

Daftar Tokoh Muslim Berpengaruh di Dunia

Selain rasulullah Muhammad SAW ada banyak tokoh muslim yang juga menyumbangkan ilmu pengetahuan dengan penemuan yang pernah mereka lakukan. Penemuan ilmu tersebut juga tidak hanya dalam satu bidang keilmuan. Ada berbagai macam disiplin ilmu. Berikut adalah para ilmuwan tersebut

1.    Al-Khawarizmi

Nama lengkapnya adalah Muhammad Ibn Musa Al-Khawarizmi seorang ilmuwan yang terkenal sangat berjasa dalam bidang matematika, astronomi dan geografi yang dilahirkan di Uzbekistan tahun 780 M. Beliau adalah salah satu tokoh muslim berpengaruh yang juga memperkenalkan ilmu hisab dan aljabar.

Tidak hanya itu, peninggalannya dalam bidang ilmu sains juga berhasil menciptakan secans dan tangen yang digunakan untuk penyelidikan dalam ilmu trigonometri dan astronomi. Selain itu beliau pun memiliki keahlian dalam bidang yang lain seperti musik, falsafah, geometri, kimia dan sejarah islam. Beliau wafat diperkirakan pada tahun 850 M di Baghdad.

2.    Ibnu Sina

Tokoh muslim berpengaruh selanjutnya adalah seorang ilmuwan muslim yang sangat berjasa dalam bidang kedokteran. Ilmuwan yang memiliki nama lengkap Abu Ali al-Huseyn bin Abdullah bin Hasan yang lahir pada tahun 980 M. Penemuan beliau dalam ilmu kedokteran masih digunakan saat ini sebagai panduan para calon dokter dalam menempuh pendidikannya sebagai seorang dokter .

3.    Ibnu al-Nafis

Penemu dasar sirkulasi jantung, kapiler dan paru-paru dalam dunia kedokteran. Ibnu al-Nafs adalah orang pertama di dunia yang menemukannya. Berkat penemuannya beliau dijuluki sebagai bapak fisologi sirkulasi. Beliau adalah seorang ilmuwan yang lahir di Damaskus pada tahun 1210 M. Karyanya yang lain adalah beliau mampu mengklasifikasikan ilmu hadis dengan lebih logis.

4.    Ibnu Khaldun

Tokoh muslim berpengaruh yang sudah sejak kecil dikenal sebagai penghafal quran memiliki nama lengkap Abdul Rahman bin Khaldun yang lahir pada tahun 1332 di Tunis. Diakui sebagai filsafat sejarah moderen yang juga penggagas politik. Tidak heran jika karyanya masih terus dikembangkan dan menjadi karya yang monumental.

5.    Jabbir Ibn-Hayyan

The father of modern chemitry adalah sebutan terkenal dari Jabbir Ibn-Hayyan karena penemuannya dalam bidang farmasi kimia dan fisika. Bahkan penemuan dibidang kimia sampai saat ini masih menjadi dasar untuk perkembangan ilmu kimia yang juga dapat diterapkan pada proses pembuatan besi dan logam.

6.    Al Zahrawi

Tokoh muslim berpengaruh yang terkenal di dunia sebagai ilmuwan dalam bidang keilmuannya yaitu dasar ilmu bedah modern. Seorang keturunan Arab Ansar yang menetap di Spanyol yang karyanya hingga kini dijadikan sebagai kurikulum pendidikan kedokteran di Eropa.

7.    Al Battani

Seorang ahli astronom, keturunan dari Jabir Ibn San'an Al-Battani. Beliau telah menemukan hitungan dalam hitungan tahun yakni 365 hari, 5 jam, 46 menit, dan 24 detik. Selain itu, beliau juga menemukan beberapa persamaan trigonometri. Albategnius adalah sebutannya yang didapat dari orang Eropa.

8.    Al Khayyam (Omar Khayyam)

Masih dalam bidang astronomi. Beliau juga termasuk ke dalam salah stau tokoh muslim berpengaruh yang berhasil membuktikan bahwa bumi berputar pada porosnya. Selain itu beliau juga seorang matematikawan dan seorang pujangga yang hebat.  Al Khayyam dilahirkan di Nishapur-Iran.

9.    Nasir al Din Tusi

Ilmuwan yang satu ini mungkin sangat jarang didengar jika dibandingkan ilmuwan yang telah disebutkan sebelumnya. Ilmuwan yang mencetuskan tentang pembentukan spesies. Menurut Tusi organisme yang lebih cepat  mutasi dan berubah bentuk akan memiliki fungsi organ yang lebih bervariasi dibandingkan individu lainnya.

10.    Ibn Rushd

Nama lengkapnya Abu al Walid Muhammad Ibn Rushd seorang ilmuwan yang mengedepankan logika beserta pendekatan saintifik yang memiliki cakupan ilmu sangat luas. Salah satu tokoh muslim yang berpengaruh besar di bidang filsafat, psikologi, geografi hingga kedokteran.

Para ilmuan tersebut adalah salah satu pemicu dari faktor peradaban islam yang berkembang hingga saat ini islam dikenal ke seluruh penjuru dunia. Selain rasulullah Muhammad SAW tentu saja ada tokoh lain yang mempengaruhi peradaban tersebut. Berikut adalah para tokoh yang membangun peradaban selain para ilmuwan di atas.

Tokoh Muslim Berpengeraruh Dalam Membangun Peradaban

Sebelum munculnya para ilmuan di atas, peradaban islam tentu saja diawali oleh para nabi hingga nabi Mhammad SAW yang kemudian berkembang secara estafet melalui para tokoh muslim yang memiliki pengaruh pada zamannya. Merekaa adalah Abu Bakar Ash-Shidiq , Umar Ibn Khattab, Ustman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib.

Para tokoh tersebut telah melakukam perluasan daerah Transjordania dan Syiria yang kemudian setelah peninggalan mereka muncullah dinasti islam. Dimulai dari dinasti Mu’awiyah ibn Abu sufyan yang mana dinasti ini melakukan perkembangan peradaban islam melalui ilmu pengetahuan.

Adanya dinasti islam inilah yang menjadi faktor pemicu dalam perkembangan peradaban islam. Selepas dinasti Muawiyah kemudian dinasti Umayyah, hingga dinasti Abbasiyah. Pada masa perkembangannya terkenal juga tokoh muslim yang berpengaruh yaitu Harun al-Rasyid memiliki cita-cita untuk membangun peradaban islam melalui perkembangan sains beserta anaknya Al Ma’mun.

Sugguh sangat disayangkan jika peradaban yang dibangun oleh para tokoh muslim tidak dikenal dan justru malah sebaliknya hanya mengenal para ilmuwan Yunani seperti Plato dan yang lainnya. Padahal ilmuwan muslim pun memiliki banyak jasa dalam perkembangan zaman terutama untuk peradaban islam.

Setelah mengenal para ilmuwan di atas, alangkah lebih baik lagi jika para milenial saat ini mengikuti jejak ilmuwan tersebut yang memiliki kecerdasan dan wawasan yang luas untuk membangun peradaban dunia. Para milenial jangan hanya sekedar menikmati dan bersikap tak acuh terhadap dunia sekitar. simak juga tentang pilar agama Islam

Tokoh muslim yang berpengaruh di atas setidaknya bisa dijadikan acuan untuk para milenial untuk semakin berkembang dengan menggunakan segala teknologi yang ada dan memaksimalkan potensi yang dimiliki sehingga bisa menjadi penerus peradaban seperti para tokoh di atas yang ilmunya bisa dirasakan manfaatnya hingga sekarang.

Posting Komentar untuk "Berkenalan dengan Tokoh Muslim Berpengaruh di Dunia "

Berlangganan via Email