Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Cara Beli Hp Online Agar Tidak Tertipu (Panduan Lengkap)

Aldanpost.com - Penting bagi kita untuk mengetahui cara beli hp online agar tidak tertipu. Dengan begitu kita bisa mendapatkan handphone sesuai dengan yang kita inginkan. Mudahnya belanja online di zaman sekarang ini memang menguntungkan bagi masyarakat. Namun dibalik itu ada kekurangan tersendiri. Yakni memberikan kesempatan kepada oknum penipu online yang hendak melakukan cara-cara curang.

Beli HP online merupakan salah satu jenis belanja yang paling banyak dilakukan. Namun dalam prosesnya ada kekurangan tersendiri karena tidak bisa mengecek HP terlebih dahulu secara langsung. Sehingga rawan mendapatkan HP rusak atau bahkan HP tersebut tidak dikirim sama sekali alias tertipu jualan HP online. Namun tenang saja karena kali ini kami akan memberikan beberapa tips agar kamu terhindar dari penipuan saat membeli HP online.

Cara Beli HP Online Agar Tidak Tertipu


cara-beli-hp-online-agar-tidak-tertipu

1. Memilih produk HP yang tepat sebelum beli melalui online

Langkah awal tentu kamu akan memilih HP terlebih dahulu pastinya. Pada tahapan ini carilah refrensi yang jelas mengenai informasi HP yang kamu inginkan. Saran saya jika kamu ingin membeli HP online. Pilihlah toko online resmi dari merk tersebut. Biasanya kualitasnya akan lebih terjamin.

Namun kalau kamu ingin beli di pelapak perhatikan baik-baik deskripsi lengkap dari pelapak tersebut. Kemudian sesuaikan juga dengan budget yang kamu punya agar mendapatkan HP dengan speak maksimal menggunakan uang tersedia.

2. Pastikan beli HP di toko online terpercaya

Syarat utama agar terhindar dari penipuan belanja HP online adalah pilih toko online terpercaya. Lihatlah bagaimana reputasinya selama ini. Carilah testimoni dan kesaksian orang-orang mengenai toko tersebut. Sehingga kamu tidak akan salah memilih toko online untuk belanja HP.

Kamu bisa menggunakan perusahaan e-commerce dan marketplace besar yang terpercaya. Hindari toko online yang kurang terkenal di tengah masyarakat kita.

Toko online terpercaya biasanya akan memiliki alamat kantor yang jelas dan juga perizinan menjalankan website tersebut secara jelas. Kalau sampai alamat dan perizinan nya tidak jelas, lebih baik kamu hindari toko tersebut.

3. Jangan tergiur dengan HP murah

Hal yang sering terjadi di tengah masyarakat adalah tertipu karena tergiur harga murah. Pastikan untuk membeli HP sesuai dengan standar harga pasar.

Kalau harga terlalu murah biasanya selain penipuan juga bisa jadi kamu akan dikasih HP minus atau hp rusak. Jadi sebelum membeli hp online, usahakan cek harga dulu melalui situs resmi merk hp yang kamu pilih.

4. Gunakan sistem pembayaran beli hp online yang terpercaya

Sistem pembayaran juga menentukan apakah belanja hp online kamu aman atau tidak. Biasakan memakai jasa rekening bersama seperti memakai perantara Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan sejenisnya. Karena nantinya uang akan ditahan ditangan mereka terlebih dahulu sampai HP benar-benar sampai ditanganmu.

Jika penjual tidak mau menggunakan jasa rekber atau perantara, lebih baik kamu tinggalkan. Karena biasanya penipu online akan meminta transfer langsung ke rekening mereka.

5. Pilihlah jenis pengiriman barang yang tepat

Pada saat kamu membeli HP secara online kamu pasti akan memilih jenis pengiriman. Dalam hal ini kamu sesuaikan saja dengan kebutuhan. Kalau dari segi keamanan, beberapa perusahaan jasa pengiriman jelas bisa dipercaya. Seperti halnya pos Indonesia, JNE, tiki dan yang lainnya.

Namun jika masih dalam 1 kota, lebih baik kamu menggunakan jasa pengiriman langsung seperti grab dan gojek. Karena dengan begitu kamu bisa langsung menerima barang lebih cepat. Selain itu jika menggunakan jasa grab atau gojek. Kamu bisa langsung mengembalikan barang tersebut saat itu juga jika kamu temukan minus atau kerusakan.

6.Utamakan memilih sistem Cash On Delivery

Beberapa toko online di marketplace menyediakan opsi cash on delivery. Yang artinya kamu bisa membayar cash pada saat barang datang. Jika ada pilihan opsi tersebut maka gunakanlah dengan baik. Dengan begitu kamu bisa mengecek keseluruhan HP terlebih dahulu sebelum membayar.

7. Gunakan klaim asuransi cacat dan asuransi pengiriman

Biasanya di marketplace besar, mereka selalu menyediakan opsi "diasuransikan". Gunakan opsi tersebut meskipun kamu akan di kenakan biaya tambahan. Ketika kamu melakukan ceklis klaim asuransi, otomatis jika barang rusak atau barang tidak sampai, kamu bisa meminta uangmu kembali.

Saya sendiri sering melakukan ceklis klaim asuransi pada saat berbelanja di Shopee maupun Bukalapak. Gak seberapa pula biaya tambahannya paling seribu perak karena memang belanjaan saya tidak terlalu mahal. Tapi lebih nyaman karena kalau barang rusak atau tidak sampai, perusahaan e-commerce tersebut akan bertanggungjawab.

8. Lihatlah reputasi dan rating penjual HP online

Kalau kamu belanja HP online di marketplace atau eCommerce. Di setiap penjual pasti memiliki rating dan juga ulasan dari history penjualan. Dari situlah kita bisa mengetahui secara lengkap seluk beluk si penjual HP tersebut.

Biasanya jika banyak ulasan baik berarti penjual tersebut recomended. Namun jika banyak ulasan buruk maka lebih baik kamu hindari, karena kemungkinan kamu juga akan mengalami masalah.

9. Perhatikan keseluruhan deskripsi penjualan HP online yang hendak kamu beli.

Saat membeli HP secara online kita memang harus teliti. Baca terlebih dahulu keterangan dalam deskripsi penjualan. Karena banyak ditemukan label harga murah namun dalam deskripsinya memiliki kekurangan. Misalkan saja barang terdapat minus. Atau barang tersebut garansi tidak resmi dan bahkan tidak memiliki garansi.

Kalau kita asal membeli saja tanpa membaca deskripsi, nanti kita tidak bisa menuntut apa-apa karena semuanya sudah jelas diterangkan dalam deskripsi penjualan tersebut.

10. Segera cek HP ketika pengiriman sudah sampai ditempatmu.

Mintalah petugas pengiriman untuk menunggu sebentar. Saat itu juga kamu keseluruhan HP tersebut dan pastikan sesuai dengan yang kamu inginkan. Karena pernah ada sebuah kasus di Bandung beberapa waktu yang lalu. Belanja HP online namun setelah dibuka isinya hanya accessories nya saja. Artinya bisa jadi seller yang nakal atau bisa juga ada oknum di dalam jasa pengiriman.

Maka segera cek HP saat datang. Jika semuanya sudah sesuai dengan harapan, baru kamu berterima kasih kepada petugas pengiriman tersebut.

11. Pastikan mendapatkan nota lengkap saat menerima HP dari belanja online

Yang terakhir pastikan kamu mendapatkan nota dan garansi lengkap. Ini berguna untuk nanti kamu melakukan klaim saat mengalami kerusakan di masa garansi. Lagi pula yang namanya nota dan garansi sangat penting kamu simpan, ketika suatu saat kamu jual harganya tidak akan jatuh parah.

Beberapa point diatas adalah hal-hal penting sebagai cara beli HP online agar tidak tertipu. Dengan melakukan beberapa tips diatas semoga bisa membantu kamu dalam mendapatkan HP sesuai yang kamu inginkan. Demikian yang dapat saya sampaikan dan Terima kasih.

Posting Komentar untuk "11 Cara Beli Hp Online Agar Tidak Tertipu (Panduan Lengkap)"

Berlangganan via Email