Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Integrasi Google Analytics ke Website Wordpress yang Mudah

Aldanpost - Para calon blogger profesional perlu menguasai cara integrasi google analytics ke website. Terutama untuk pengguna Wordpress. Karena platform ini paling banyak peminatnya. Selain untuk menganalisis performa blog, fitur ini juga sangat membantu blogger untuk meningkatkan kinerja setiap konten agar menjangkau lebih banyak pengguna.

Untuk itu, ulasan singkat ini semoga membantu terutama para blogger pemula agar kualitas blog segera naik tanpa perlu banyak waktu. Karena jika dilakukan secara manual tanpa bantuian fitur analisis, akan sulit untuk mengetahui kekurangan konten dan blog. Dengan ftur ini, analisis dapat dilakukan sesuai rentang waktu yang ditentukan.

Cara Integrasi Google Analytics ke Website Wordpress

Tentang Google Analytics

Google analytics adalah salah satu fitur seo yang disediakan oleh perusahaan penyedia jasa pencarian terbesar di dunia. Selain disediakan oleh Google, fitur analisis website juga dapat dilakukan oleh banyak tool lain. Namun selama ini fitur dari Google digunakan oleh lebih banyak pengguna karena gratis. Apalagi untuk blogger pemula, tentu sayang membayar jika yang gratis saja ada.

Untuk memahami cara integrasi google analytics ke website, Anda perlu menyiapkan akun google. Akun ini nantinya terintegrasi dengan surel, dan dapat digunakan untuk memanfaatkan berbagai fitur produksi Google, seperti drive, maps, hangout, meet, dan sebagainya. Google memang banyak menerbitkan fitur baru yang bermanfaat bagi penggunanya.

Cara menggunakan Google Analytics mungkin tidak sama dengan cara penggunaan analysis tools lainnya. Namun sejauh ini para pengguna tidak mengeluhkan kesulitan sehingga rating fitur ini cukup baik karena berada di atas angka 4. Sebelum menggunakannya, siapkan akun dan blog yang akan diintegrasikan lalu ikuti panduan berikut.

Setelah masuk ke halaman Google Analytics, cara integrasi google analytics ke website adalah dengan mendaftarkan akun dan pilih opsi untuk menganalisis web. Kemudian lanjutkan ke menu pengisian informasi website. Daftarkan url blog atau website lalu klik create. Selesaikan proses pendaftaran. Sampai di sini, berarti Anda sudah memiliki akun Google Analytics. 

Akun Google Analytics setelah dikonfigurasi melalui kode atau plugin di website, dapat melakukan analisis performa. Baik berupa jumlah kunjungan, konten yang memiliki kualitas baik, link  yang rusak, dan berbagai analisis kekurangan dan kelebihan website. Pengguna dapat melakukan perbaikan dari hasil analisis yang dilakukan oleh perangkat lunak ini.

Cara Integrasi Google Analytics ke Website Wordpress

Wordpress merupakan salah satu platform pembuatan blog yang paling diminati. Kemudahannya menggunakan plugin membuat para blogger pemula merasa dimudahkan tanpa perlu belajar mengatur kode. Untuk itu cara integrasi google analytics ke website Wordpress direkomendasikan dalam ulasan ini. Berikut dua pilihan langkah yang bisa diikuti:

Menggunakan Plugin

Plugin merupakan rangkaian fitur yang dapat dipasang dan diatur sesuai keinginan pemilik website berbasis Wordpress. Pastikan sudah memiliki akun Google sebelum menggunakan fitur ini. Karena dalam proses registrasi membutuhkan akun Google. Akun email berbasis Google juga bisa digunakan untuk mendaftar.

Plugin banyak dipilih oleh pengguna karena jauh lebih praktis dibanding pengaturan manual. Lagipula, pengaturan tema jauh lebih rapi menggunakan plugin dibanding pengaturan manual. Apalagi jika menggunakan pengaturan manual rawan terjadi kerusakan kode. Maka cara integrasi google analytics ke website Wordpress ini paling aman dilakukan.

Untuk memasang Google Analytics melalui plugin, Anda hanya perlu menambahkan plugin melalui menu pengaturan plugin dan menambahkannya. Pilih plugin Google Analytics, atau Rank Math yang sudah termasuk fitur analisis dari Google. 

Dari pengaturan tersebut maka Google Analytics sudah terpasang di Wordpress Anda. Langkah selanjutnya adalah menyambungkan pengaturan akun Wordpress dengan akun Google Analytics melalui pengaturan. Ikuti saja langkah demi langkah yang disarankan sampai berhasil.

Tanpa Plugin

Yang kedua, cara pasang google analytics di wordpress tanpa plugin berarti menggunakan pengaturan manual. Cara ini membutuhkan pengaturan kode melalui akun Google analytics. Buka halaman akun Google Analytics lalu temukan Tracking Info. Kemudian masuk ke sub menu dan Tracking Code. Kode Tracking ID  dan Global Site Tag disimpan dulu.

Setelah mendapat kedua kode tersebut, kembali ke laman wordpress dan lakukan konfigurasi. Penambahan plugin baru secara manual dapat melalui editor tema atau header tema. Keduanya membutuhkan kode snippet yang dapat diperoleh dari tutorial pemasangan plugin manual Wordpress.

Demikian cara integrasi google analytics ke website yang dapat dilakukan secara mandiri oleh blogger Wordpress pemula. Cara paling praktis tentu menggunakan plugin. Namun jika tidak ingin repot, Anda bisa menggunakan jasa web developer untuk melakukan analisis dan perbaikan.

Posting Komentar untuk "Cara Integrasi Google Analytics ke Website Wordpress yang Mudah"

Berlangganan via Email