Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Integrasi Google Search Console Pada WordPress Lengkap

aldanpost - Google Search Console merupakan sebuah platform gratis yang disiapkan oleh Google bagi para pengguna blog atau webmaster. Google Search Console digunakan untuk memonitor kinerja web pada ranah organik Google. Cara integrasi Google Search Console dapat dengan mudah dilakukan pada website berbasis WordPress. 

Analisis halaman website yang memiliki traffic tertinggi dapat dilakukan melalui Google Search Console ini. Selain itu. Google Search Console juga memungkinkan pemilik domain untuk mengetahui domain yang memberikan link ke website pemilik domain. Performa website sangat penting untuk diketahui oleh para pemilik dan pengelola website sebagai barometer untuk meningkatkan popularitas dan traffic. 

Cara Integrasi Google Search Console Pada WordPress

Inilah Cara Integrasi Google Search Console Pada WordPress

Beragam manfaat yang bisa didapatkan dari Google Search Console menjadikan platform ini banyak digunakan oleh para pemilik website. Google Search Console dapat digunakan setelah ditambahkan pada website yang dimiliki. Langkah-langkah untuk memasang Google Search Console adalah sebagai berikut :

  • Masuk atau login ke akun Google yang akan digunakan
  • Buka menu Webmaster Tools
  • Klik menu Add Property
  • Pilih  menu “Website” dari menu drop down yang telah disediakan. 
  • Masukkan URL website yang dimaksud. Pastikan untuk menuliskan URL secara benar dan sama dengan yang tercantum dalam browser.
  • Klik “Continue”
  • Pilih cara verifikasi Google Search Console di WordPress. 
  • Google menyediakan beberapa alternatif cara untuk verifikasi website. Pengguna bisa memilih upload file HTML, HTML tag, penyedia nama domain, atau menggunakan kode tracking Google Anatytics. Pilihlah salah satu yang paling sesuai untuk digunakan.

Tambahkan Domain 

Penambahan domain dilakukan secara terpisah. Jika website sudah mendukung versi http:// dan https:// maka tambahkan keduanya secara terpisah. Cara integrasi Google Search Console cukup mengikuti langkah-langkah sederhana di atas. Proses integrasi ini memerlukan waktu beberapa hari hingga robot Google selesai melakukan crawl pada website yang dimaksud. 

Cara Integrasi Google Search Console dan Cara Verifikasi

Cara integrasi Google Search Console cukup mengikuti langkah-langkah sederhana di atas. Untuk dapat menggunakan fasilitas Google Search Console ini maka perlu dilakukan verifikasi terlebih dahulu. Berikut ini adalah cara untuk melakukan verifikasi Google Search Console.

Dapatkan Kode Verifikasi

Untuk mendapatkan kode verifikasi Google Search Console, maka Google Search Console login dengan menggunakan akun Google yang dimiliki. Jika sudah berhasil login, maka tekan tombol Add a Property dan tambahkan URL website pada kolom ADD.

Verifikasi kepemilikan website dengan klik tab Alternate Methods dan pilih HTML Tags. Salin meta yang muncul untuk ditempelkan pada tag website yang dimiliki. Pasang kode verifikasi (langkah 2) sebelum klik VERIFY.

Pasang Kode Verifikasi

Cara integrasi Google Search Console selanjutnya adalah dengan memasang kode verifikasi. Salah satu cara verifikasi dapat dilakukan dengan menambahkan meta tag pada header website. Cara untuk menambahkan meta tag pada header website adalah sebagai berikut :

  • Gunakan Plugin Insert Headers and Footers
  • Install dan aktifkan plugin Insert Headers and Footers untuk dapat menempelkan meta tag ke dalam website dengan mudah.
  • Salin Meta Tag 
  • Salin meta tag yang didapatkan pada tahap 1 setelah plugin terinstall dan aktif. 
  • Tempel Meta Tag Ke Dalam Header Website
  • Tempel meta tag ke dalam header website dengan cara masuk ke menu Setting dan pilih Insert Headers and Footers. Simpan perubahan yang telah dibuat.
  • Kembali Ke Halaman Google Webmaster Tools
  • Apabila perubahan sudah disimpan, maka langkah selanjutnya adalah kembali ke halaman Google Webmaster Tools.
  • Tekan Tombol Verify Site
  • Verifikasi Selesai Dilakukan
  • Pesan sukses akan muncul ketika proses verifikasi selesai dilakukan. 

Setelah website WordPress berhasil diintegrasikan dengan Google Search Console, maka perlu untuk menambahkan sitemap XML. Cara menggunakan Google Search Console ini sangat penting untuk diketahui karena manfaat yang bisa didapatkan sangatlah besar. Google Search Console ini sangat penting sebagai salah satu cara untuk optimasi website. 

Demikianlah tutorial cara integrasi Google Search Console untuk memaksimalkan optimasi website yang dimiliki. Google Search Console yang awalnya bernama Google Webmaster Tools ini memiliki peran penting bagi sebuah website dan disediakan secara cuma-cuma oleh Google. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Integrasi Google Search Console Pada WordPress Lengkap"

Berlangganan via Email